Tampilan fitur Notes di Instagram. (Sumber gambar: Meta)

Instagram Notes, Fitur Catatan Singkat Serupa Status Media Sosial

15 December 2022   |   15:36 WIB

Mulai pekan ini, Meta merilis beberapa fitur baru dalam media sosial Instagram yang membantu memberikan pengalaman keterhubungan antara keluarga, teman, dan rekan lainnya yang memiliki ketertarikan yang sama. Salah satunya adalah Notes yang terlihat dalam fitur pesan pribadi atau Messenger. 

Melansir blog resmi Meta, fitur ini digunakan sebagai cara ekspresi diri dalam pesan singkat. Unggahan yang bisa dibagikan meliputi teks dan emoji dengan maksimal 60 karakter serta bisa tampak pada pengikut akun secara umum atau pengikut yang masuk ke dalam daftar Close Friend.

"Selama pengujian, kami menemukan bahwa banyak orang yang suka membagikan isi pikiran mereka dengan cara yang ringan dan mudah lalu mulai percakapan. Berdasarkan pertanyaan rekomendasi untuk cara berbagi hal yang sedang dilakukan, Notes memberikan cara yang spontan dan santai untuk saling terhubung satu sama lain," tulis perwakilan Meta.

Baca juga: Meta Kenalkan Fitur Baru Facebook & Instagram, Apa Saja?

Untuk menggunakan fitur ini, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.
  1. Buka akun Instagram dan tekan tombol pesan pribadi atau Messenger.
  2. Saat membuka halaman pesan pribadi, perhatikan profil di antara menu pesan dan bar pencarian.
  3. Setelah menemukan foto profil milik pribadi, perhatikan tanda plus atau (+) yang ada pada ujung kanan atas.
  4. Halaman Leave a Note akan muncul dengan bar status sepanjang 60 karakter. Ketik pesan yang diinginkan.
  5. Setelah itu, pilih tujuan pembagian pesan pada bagian Share with. Opsi ini bisa memilih dari pengguna yang diikuti kembali oleh individu atau pengguna yang masuk ke dalam Close Friends.
  6. Saat Note selesai dibuat, klik Share dan pesan akan tersemat pada bagian atas profil. Pesan akan tersimpan selama 24 jam.
  7. Untuk mengubah pesan, klik balon dialog Note. Lalu pilih satu dari dua opsi pesan, yaitu Leave a new note untuk mengganti pesan ke teks baru atau Delete note untuk menghapus catatan.
  8. Sementara itu, respons Note milik pengguna lain bisa dilakukan dengan menekan tombol balon Note dan sampaikan pesan selayaknya merespons Instagram Story.
  9. Jika fitur ini tidak hadir, coba lakukan pembaruan aplikasi secara manual melalui halaman app store dalam ponsel pribadi.

Fitur ini merupakan satu dari tiga fitur baru yang diluncurkan pada bulan ini. Bersamaan dengan Notes, Instagram juga merilis fitur Stories untuk komunitas: pengembangan Add Yours dengan meluncurkan tombol Pass It On untuk membagikan sebuah story ke pengikut lain dan Candid untuk menangkap momen Stories yang dibagikan secara spontan.

Fitur lain yang juga tengah dikembangkan adalah ekspansi dari chat grup dengan Group Profiles yang didesain dengan untuk berbagi konten ke dalam anggota grup tertentu dan Collaborative Collections untuk mempermudah konektivitas melalui unggahan post yang disimpan bersama.

Sementara itu, Notes dianggap menjadi fitur pesaing dari media sosial Twitter yang dibuat dengan tampilan yang jauh berbeda dan sifat real-time yang disajikan. Kendati berbeda dalam beberapa hal, use case atau kegunaan Notes dianggap memiliki kesamaan dengan Twitter karena fungsinya sebagai cara untuk memberikan kabar terbaru kepada pengikut akun.

Fitur Notes telah beredar sejak Juni 2022 dengan laporan TechCrunch yang menyebutkan bahwa fitur ini tengah diuji coba kepada beberapa pengguna. XDA Developers memberikan bocoran awal bahwa fitur ini akan berkembang pada beberapa gawai, kemudian bocoran lebih rinci seperti fungsi dan desain interface Notes beredar mulai September 2022.

Kehadiran fitur ini diketahui menjadi titik terang dengan Instagram yang mulai gencar melakukan beberapa uji coba pada fitur yang sedang dikembangkan. Beberapa di antaranya adalah uji coba menghilangkan tab Shopping dari laman home serta fitur yang didesain untuk mendeteksi foto-foto vulgar.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

7 Fakta Menarik di Balik Layar Film The Big 4

BERIKUTNYA

Asyik, Usai Konser di Jakarta, Westlife Langsung Tancap Gas Tampil di Bandung

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: