Ilustrasi Facebook dan Instagram. (Sumber gambar: Unsplash)

Meta Kenalkan Fitur Baru Facebook & Instagram, Apa Saja?

01 November 2022   |   20:05 WIB

Pengembang media sosial asal Amerika Serikat, Meta, resmi mengumumkan sejumlah pembaruan bagi media sosial Facebook dan Instagram dalam acara Creator Week 2022 yang berlangsung pada pekan ini. Pembaruan ini bertujuan untuk membantu kreator dan membangun bisnis dalam kedua platform tersebut.

Pembaruan ini berfokus pada beberapa fitur yang kini semakin banyak digunakan, terutama pada Reels yang merupakan platform berbagi video berdurasi pendek di Instagram dan Facebook serta beberapa pengembangan keamanan pada kedua media sosial tersebut.

Baca juga: Pengguna Instagram Alami Force Close Aplikasi Tiap 30 Detik, Simak Cara Mengatasinya

Yuk intip beberapa pembaruan terbarunya:
 

1. Berbagi Video dari Platform Lain

 

Tampilan berbagi video ke Instagram Reels. (Sumber gambar: Meta)

Tampilan berbagi video ke Instagram Reels. (Sumber gambar: Meta)

Jika sebelumnya Instagram Reels hanya bisa menjadi tempat untuk membuat konten, kini platform ini juga bisa membagikan video-video milik pengguna dari aplikasi lain seperti Videoleap, Smule, VivaVideo, dan lainnya. Tidak hanya ke Instagram, video-video ini juga bisa dibagikan ke Facebook, sehingga pembagian konten bisa lebih mudah disebarluaskan.
 

2. Fitur Tambahan untuk Facebook Reels

 

Tampilan Facebook Reels Collabs dan Explore. (Sumber gambar: Meta)

Tampilan Facebook Reels Collabs dan Explore. (Sumber gambar: Meta)

 

Selain Reels di Instagram, Reels di Facebook turut mendapatkan beberapa pembaruan untuk membantu kreator konten dalam memperbanyak audiens dan memudahkan interaksi dengan pengguna lain atau penggemar mereka. 

Pembaruan ini terdiri dari tiga hal: Collabs yang membantu kolaborasi dengan kreator lain untuk menciptakan konten Reels yang lebih luas ke berbagai pengguna; Explore yang bertujuan untuk melihat konten yang sedang tren, di mana fitur ini serupa dengan Explore pada Instagram; dan Reactions untuk memberikan reaksi atas konten yang diunggah.
 

3. Pengembangan Kreasi Konten untuk Bisnis

Meta meluncurkan dua fitur yang berkaitan dengan bisnis, yaitu mengembangkan Creator Studio dan Meta Business Suite melalui penambahan musik, penggabungan beberapa potongan video, dan peningkatan kualitas audio. Selain itu, ada juga penambahan kategori konten bernama Branded Content untuk membuat konten yang bertujuan sebagai konten promosi untuk meningkatkan bisnis kerja sama melalui iklan promosi.
 

4. Fitur Anti-Bullying

Perundungan merupakan isu yang banyak dijumpai di media sosial, termasuk Instagram. Meski ada beragam mekanisme dan tindakan yang sudah diterapkan sebelumnya (mis. opsi pembatasan kolom komentar), Meta kini merilis beberapa fitur terkait perundungan sebagai cara melindungi para kreator dan figur publik dari interaksi yang tidak diinginkan.

Setidaknya ada lima hal yang dikembangkan untuk fitur ini: Pembaruan pada Multi-Blokir untuk memblokir akun-akun yang akan dibuat pihak terblokir di masa yang akan datang serta Pengingat Kebaikan sebagai notifikasi untuk mengingatkan dan mendorong pengguna dalam menyampaikan pesan yang baik.

Ada juga Pengingat untuk membalas komentar yang hadir ketika ingin membalas komentar yang berpotensi menyinggung, Pembaruan pada Hidden Words untuk proteksi pesan ofensif dan keamanan komunitas, dan Pengaturan Default untuk akun kreator untuk Hidden Words pada kolom komentar dan DM milik kreator.
 

5. Mode Profesional pada Profil Facebook

 

Tampilan mode profesional di Facebook. (Sumber gambar: Meta)

Tampilan mode profesional di Facebook. (Sumber gambar: Meta)


Serupa dengan mode profesional yang ada pada Instagram, Meta kini memperluas pengaplikasian fitur ini pada Facebook dengan berbagai alat dan fitur yang dirancang untuk konten kreator dan membangun basis penggemar. Untuk Facebook, mode ini bisa berpotensi menghasilkan uang dari ekspansi berbagai iklan hingga konten.

Tak hanya itu, ada juga fitur analitik yang mirip dengan yang ada di Instagram seperti jumlah pengunjung, capaian unggahan post, hingga rincian dan performa pada akun Facebook, fitur materi edukasi, dan lain-lain.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Tembus 575.992 Penonton dalam 5 Hari, Rating Qodrat Capai 7,8

BERIKUTNYA

Wota Merapat, JKT48 Umumkan 14 Member Baru Gen 11

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: