Logo Instagram (Sumber foto: Unsplash/Souvik Banerjee)

Berhenti Beroperasi 24 Mei, Ini Perbedaan Fitur Flipside dan Close Friend Instagram

27 April 2024   |   08:40 WIB
Image
Amanda Syavira Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Rasanya hampir semua kalangan menggunakan Instagram sebagai media sosial utama. Khususnya bagi Gen Z, Instagram merupakan platform yang telah menjadi bagian penting dari kehidupan. Tak hanya sebagai media sosial, Instagram juga digunakan sebagai platform pemasaran, inspirasi, hingga membangun personal branding.

Sebagai salah satu platform yang paling populer, Instagram tentunya memiliki fitur-fitur yang menarik. Banyak dari fitur tersebut yang dapat memberikan dampak bagi penggunanya. Dari fitur-fitur seperti stories, reels, dan IGTV yang memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek, hingga fitur-fitur interaktif seperti polls, questions, dan live. 

Baca juga: Genhype, Begini Cara Menggunakan Fitur Flipside di Instagram

 

Feeds Instagram (Sumber foto: Unsplash/Georgia de Lotz)

Feeds Instagram (Sumber foto: Unsplash/Georgia de Lotz)


Selain itu, ada juga salah satu fitur Instagram yang berguna untuk membagikan konten secara lebih pribadi kepada orang-orang tertentu, yakni adalah fitur Close Friend dan Flipside. Sebenarnya, fitur Close Friend dan Flipside hampir mirip, namun dikemas dengan cara yang berbeda. 

Jika fitur Close Friend sudah ada sejak lama, fitur Flipside baru saja diluncurkan pada Januari 2024. Mungkin tak sedikit dari kalian yang bingung dengan perbedaan Close Friend dan Flipside karena keduanya bisa dikatakan hampir mirip. Bagi kalian yang bingung dengan kedua fitur tersebut, berikut adalah penjelasan tentang perbedaan fitur Close Friend dengan Flipside.  
 

Apa itu fitur Flipside?

Dilansir melalui laman TechCrunch, fitur Flipside merupakan sebuah fitur baru dari Instagram yang memungkinkan pengguna untuk memperlihatkan sisi diri mereka secara pribadi. Fitur ini mirip dengan konsep finstas, yaitu kata slang di mana pengguna bisa memposting foto-foto dan cerita yang lebih pribadi kepada sekelompok teman-teman yang terpilih tanpa harus khawatir terlihat oleh publik atau semua pengikut mereka. Seperti halnya dengan fitur Close Friend, Genhype dapat menambahkan teman-teman tertentu untuk melihat akun Flipside kalian. 
 

Perbedaan Flipside dengan Close Friend

Dilansir melalui laman IndiaTv, Flipside awalnya dikembangkan oleh Alessandro Paluzzi. Di Flipside, pengguna memiliki gambar profil, nama, dan bio yang terpisah dari akun utama mereka. Pengguna juga dapat memposting feeds dan story di Flipside hingga mengatur siapa yang dapat melihat konten Flipside mereka.

Bahkan ada opsi untuk memulai dari awal dengan menghapus semua orang dari list Flipside. Di samping itu, Flipside juga memiliki ruang yang terpisah dari akun utama. Untuk mengakses Flipside, pengguna perlu mengetuk tombol atau menggeser ke bawah pada profil utama mereka, sedangkan untuk mengakses fitur Close Friend, pengguna hanya perlu pergi ke menu Close Friend di akun utama. 

Berbeda dengan fitur Close Friend, pada fitur ini pengguna hanya bisa mengganti atau menambahkan siapa saja yang akan mereka list ke daftar teman dekat tanpa melibatkan pergantian profil. Selain itu, fitur Close Friend hanya bisa membagikan konten berupa stories Instagram. Sebenarnya Flipside mirip dengan konsep second account. Jika kalian memiliki second account, maka konsep Flipside mirip dengan itu namun dibuat lebih ekslusif. 
 

Cara mengakses Flipside

Cara mengakses akun Flipside terbilang cukup mudah. Pertama, pastikan kalian sudah masuk ke akun Instagram milik kalian. Kemudian pergi ke profil utama kalian. Di pojok kanan bawah, tekan ikon kunci berbentuk bulat. Klik ikon tersebut lalu otomatis kalian akan berpindah ke halaman Flipside. Selanjutnya, kalian bisa mengganti profil dan menambahkan list teman-teman dekat kalian. 
 

Flipside akan dihapus dari Instagram

 

Flipside akan dihapus dari Instagram (Sumber foto: Instagram)

Flipside akan dihapus dari Instagram (Sumber foto: Instagram)

Rupanya, kabar mengejutkan datang dari Instagram. Baru seumur jagung, Flipside akan di non aktifkan oleh Meta melalui laman Instagram pada 24 Mei 2024 mendatang. Namun Genhype tak perlu khawatir karena nantinya, foto-foto maupun video yang sudah di posting melalui Flipside, akan otomatis berpindah ke menu archive akun Instagram pribadi. Kalian juga diberi waktu untuk mengunduh data di Flipside hingga 25 Agustus 2024. 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

10 Cara Untuk Mendapatkan Undangan Met Gala

BERIKUTNYA

6 Fakta Ajang Let Loose Apple yang Digelar 7 Mei 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: