Ilustrasi uji coba penggabungan video dalam kanal Reels. (Dok. Instagram)

Instagram Bakal Gabungkan Video Singkat dalam Reels

17 November 2021   |   19:04 WIB

Video pendek yang berdurasi mulai dari belasan detik hingga beberapa menit kini digemari oleh masyarakat seiring dengan peningkatan penggunaan media sosial terutama Instagram yang memiliki konten berbasis foto dan video yang kini digunakan oleh masyarakat umum, kreator konten, dan pelaku bisnis.

Tingginya peminat ini membuat Instagram berencana untuk menggabungkan semua video dalam feeds dan video singkat lain berdurasi di bawah 15 menit ke dalam satu kanal, yaitu Reels. Reels sendiri awalnya diperkenalkan ke publik pada Juni 2021 sebagai konten video pendek yang lebih santai.

Menurut pihak Instagram, kanal ini merupakan perwujudan dari kebutuhan penggunanya yang ingin mengakses berbagai video menghibur dalam satu tempat yang bisa ditemukan di dalam halaman Feed mereka. Tidak hanya itu, penggabungan ini juga meliputi penambahan tab khusus untuk video di bagian profil.

Menurut Country Director Meta di Indonesia, Pieter Lydian, hal ini dilatarbelakangi dengan tingginya minat pengguna fitur video singkat untuk berbagai fungsi, baik untuk hiburan personal, bisnis, maupun pekerjaan dari kreator konten sehingga pihak Instagram berencana untuk melakukan uji coba terhadap fitur kanal Reels sebagai gabungan dari video-video pendek dalam Feed atau dalam Reels.

"Uji coba ini dirancang untuk membuat pengalaman menonton video di Instagram lebih immersive, layar penuh, dan lebih menyenangkan," ujar Pieter dalam konferensi pers, Rabu (17/11).

Dia menutup bahwa uji coba ini akan berlangsung hanya di Indonesia dan Jepang sebagai dua negara yang dianggap memiliki perkembangan fitur Reels yang pesat di kawasan Asia dan secara global. Sistem uji coba ini akan dilakukan selama beberapa bulan dan nantinya ada evaluasi ulang dari uji coba tersebut.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

6 Cara Ampuh Buat Detoks Media Sosial

BERIKUTNYA

Wah, Etude House Kembali Lagi ke Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: