Berbagai genre film kembali menghiasi sinema tanah air, tapi genre horor paling banyak mendominasi. Ilustrasi poster film KKN di Desa Penari versi extended (Sumber gambar: Twitter/@KKNMovie)

Daftar 10 Film Terlaris Indonesia 2022, KKN Desa Penari hingga Qodrat 

15 December 2022   |   13:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

6. Sayap-Sayap Patah

 

Film Sayap-Sayap Patah (Sumber gambar: Instagram.com/Sayapsayappatahfilm

Film Sayap-Sayap Patah (Sumber gambar: Instagram.com/Sayapsayappatahfilm


Rilis pada 18 Agustus 2022, Film karya Rudi Soejarwo ini juga berhasil disaksikan sebanyak 2,4 juta penonton selama diputar di bioskop. Mengambil tema patriotisme film ini diangkat dari kisah nyata kerusuhan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok pada 2018.

Film Sayap-Sayap Patah mengisahkan kehidupan pasangan suami istri bernama Aji (diperankan Nicholan Saputra) dan Nani (diperankan Ariel Tatum). Aji yang berprofesi sebagai anggota Densus 88 harus menghadapi situasi kerusuhan hingga perjuangan hidup bersama sang istri.
 

7. Mencuri Raden Saleh

 

Adegan film  Mencuri Raden Saleh (Sumber gambar: twitter.com/mrs_film)

Adegan film Mencuri Raden Saleh (Sumber gambar: twitter.com/mrs_film)


Film garapan Angga Dwimas Sasongko yang tayang perdana pada 25 Agustus 2022 itu telah disaksikan sebanyak 2,3 juta penonton. Mengambil genre heist, Mencuri Raden Saleh juga berhasil masuk dalam jajaran 10 besar film lokal terlaris Indonesia tahun ini.

Mencuri Raden Saleh ditaksir setidaknya  memperoleh perkiraan pendapatan kotor sebesar Rp70 miliar hingga Rp300 miliar dengan asumsi tarif bioskop berada pada kisaran Rp35.000 – Rp150.000 per tiket. Di laman IMDb film ini berhasil mendapat rating 8,1/10 dari seribu orang lebih yang telah mereviewnya.


8. Kukira Kau Rumah

 

Film Kukira Kau Rumah (Dok. MD Pictures)

Film Kukira Kau Rumah (Dok. MD Pictures)


Diadaptasi dari lagu berjudul sama milik Amigdala, film besutan Umay Shahab ini telah ditonton sebanyak 2,2 juta lebih penonton setelah debut pada 3 Februari 2022 di bioaskop Tanah Air. Kukira Kau Rumah dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Jourdy Pranata, Shenina Chinnamon, dan lainnya.

Kukira Kau Rumah berkisah tentang Pram (Jourdy Pranata) anak muda kesepian yang mengisi hidupnya dengan bermain musik. Suatu hari dia bekerja di sebuah kafe dan berkenalan dengan Niskalla (Prilly Latuconsina), seeorang pengidap bipolar. Dari sinilah kisah cinta dan konflik berkembang di film tersebut. 


9. The Doll 3

 

Poster film The Doll 3 (Sumber gambar: Hitmaker Studios)

Poster film The Doll 3 (Sumber gambar: Hitmaker Studios)


Film garapan Hitmaker Studio ini telah disaksikan lebih dari 1,7 juta penonton setelah rilis di bioskop pada 26 Mei 2022. The Doll 3 sendiri merupakan film dari The Doll Series, salah satu ikon film horor  dengan media boneka yang populer di Tanah Air.

The Doll 3 berkisah tentang Tara (diperankan Jessica Milla, yang tidak terima dengan kepergian adiknya Gian (Zizie Zidane) yang meninggal karena bunuh diri. Merasa sedih dan kehilangan, Tara pun memanggil arwah Gian yang hidup di dalam sebuah boneka bernama Bobby.


10. Qodrat 

 

Vino G. Bastian (Sumber gambar: Magma Entertainment)

Vino G. Bastian (Sumber gambar: Magma Entertainment)


Film Horor Qodrat telah ditonton sebanyak 1,7 juta penonton sejak rilis pada 27 Oktober 2022. Dibintangi oleh Vino G. Bastian dan Marsha Timothy, Qodrat adalah film ketujuh karya penulis dan sutradara Charles Gozali yang diproduseri oleh Linda Gozali Arya.

Charles Ghozali dinilai telah menyajikan film yang sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia, Oleh karena itu, film Qodrat juga menjadi salah satu film yang ramai diperbincangkan di sosial media selama 2022.


Editor: Indyah Sutriningrum
 
1
2


SEBELUMNYA

Masuk ke Dunia Pandora, Yuk Nikmati 3 Kolaborasi Keren Film Avatar 2 dengan Seniman Lokal di Jakarta

BERIKUTNYA

Dua Tahun Pandemi, Industri Konser Musik Bangkit Lagi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: