Adam Sandler (sumber Instagram Adam Sandler)

Lebih dari 3 Dekade Hibur Warga AS, Komedian Adam Sandler Raih Mark Twain Prize For American Humor

15 December 2022   |   11:37 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Salah satu penghargaan tertinggi skena komedi Amerika Serikat berhasil diraih oleh Adam Sandler. Aktor itu terpilih untuk mendapatkan Mark Twain Prize for American Humor lewat berbagai observasinya sebagai komedian yang mumpuni di  Negeri Paman Sam.  

Penghargaan itu akan diterima Sandler dalam upacara gala di John F Kennedy Center for the Performing Arts, Washington DC, AS pada 19 Maret 2023. Mark Twain Prize dimulai sejak 1998, dan sempat berhenti selama dua tahun (2020-2021) akibat pandemi.

Baca juga: Komedian Moon Se-yoon Sebut Kim Seon-ho saat Terima Daesang dalam KBS Entertainment Awards 2021

Mark Twain Prize merupakan penghargaan yang diberikan kepada individu yang memiliki pengaruh terhadap masyarakat Amerika. Salah satunya dengan cara yang mirip dengan novelis dan penulis esai abad ke-19 Samuel Clemens atau yang lebih dikenal sebagai Mark Twain.

Presiden Kennedy Center, Deborah F. Rutter mengatakan, Sandler telah menghibur penonton  Amerika selama lebih dari tiga dekade melalui musik dan film. Salah satu yang paling populer adalah saat dia menjadi anggota pemeran SNL (Saturday Night Live) yang difavoritkan penggemar.

"Adam telah menciptakan karakter yang membuat kita tertawa, menangis, dan menangis karena tertawa. Saya menantikan malam yang penuh tawa seperti yang lain saat kami merayakan karirnya nanti," kata Deborah F. Rutter dikutip dari Kennedy Center.  

Dari layar film, Sandler telah meraup lebih dari 3 miliar dolar Amerika di seluruh dunia. Termasuk The Waterboy (1998), Big Daddy (1999), The Longest Yard (2005), dan Grown Ups (2010). 

Perannya sebagai Howard Ratner dalam film Uncut Gems (2019) karya Safdie Bros juga mendapat pujian kritis serta memperoleh beberapa nominasi penghargaan, termasuk memenangkan National Board of Review dan Independent Spirit Award.

Terbaru, film Netflix Sandler yang berjudul Hustle (2022) juga menerima banyak penghargaan. Lewat film drama olahraga karya  Jeremiah Zagar itu lelaki berusia 56 tahun itu dianugerahi Penghargaan Gotham lewat perannya sebagai Stanley Sugerman.

Adapun, dalam penghargaan nanti Sandler akan menerima salinan patung potret perunggu Twain pada 1884 yang dipahat oleh Karl Gerhardt. Beberapa penerima sebelumnya termasuk Richard Pryor, Carl Reiner, Eddie Murphy, Bill Murray, Julia Louis-Dreyfus, Dave Chappelle, dan Jon Stewart.

Penghargaan Mark Twain pertama kali diberikan kepada Richard Pryor selama Perayaan Kennedy Center yang debutnya dimulai  di Amerika pada 20 Oktober 1998. Acara Mark Twain Prize sendiri diciptakan oleh Pusat Seni Pertunjukan John F. Kennedy, Bob Kaminsky, Peter Kaminsky, Mark Krantz , dan John Schreiber dan disiarkan setiap tahun.

Sementara itu, Mark Twain adalah penulis yang banyak menciptakan karya dari fenomena sosial dengan balutan komedi. Beberapa karyanya yang terkenal adalah The Adventures of Tom Sawyer (1876) dan sekuelnya, Adventures of Huckleberry Finn (1885) yang sering disebut-sebut sebagai novel 'terbesar' dalam sejarah Amerika.

Baca juga: Komedian Kawakan Hollywood Norm Macdonald Tutup Usia

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Jadi Citra Indonesia, Andien Dukung Kebaya Nusantara Diakui UNESCO

BERIKUTNYA

Masuk ke Dunia Pandora, Yuk Nikmati 3 Kolaborasi Keren Film Avatar 2 dengan Seniman Lokal di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: