Messi & Pemain Argentina (Sumber gambar: Instagram.com/afaseleccion)

Jelang Laga Semifinal, Messi Dihantui Kenangan Buruk Laga Kroasia vs Argentina

13 December 2022   |   13:50 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Laga semifinal pertama Piala Dunia 2022 akan menyajikan duel sengit antara Kroasia vs Argentina. Pemenang dari pertandingan yang akan digelar di Lusail Iconic Stadium, Qatar, Rabu (14/12/2022), pukul 02.00 WIB ini otomatis melangkah ke final dan lebih dekat mendapatkan gelar juara dunia.

Namun, bagi yang kalah, mereka masih punya kesempatan untuk memperebutkan juara ketiga. Di dalam pertandingan ini, Argentina sekilas lebih diunggulkan. Mereka punya materi pemain yang lebih baik. Saat ini, Argentina juga berada di ranking 3 FIFA dengan total 1773,88 poin.

Sementara itu, Kroasia datang ke babak semifinal sebagai tim underdog. Secara peringkat FIFA, Kroasia juga tertinggal jauh. Saat ini Kroasia berada di ranking 12 FIFA dengan perolehan 1645,64 poin.

Meski di atas kertas Argentina unggul, Kroasia bukanlah tim yang bisa dianggap remeh. Messi dan kawan-kawan masih dibayangi kenangan buruk saat melawan Kroasia pada Piala Dunia 2018.

Baca juga: 4 Skenario Menarik Juara Piala Dunia 2022, Momen Serba Pertama untuk Tiap Negara

Saat itu, Kroasia dan Argentina sama-sama berada di Grup D. Pertemuan yang terjadi di babak fase group itu memiliki hasil di luar dugaan. Siapa yang menyangka, Kroasia justru mampu membantai Argentina dengan skor telak 3-0.
 
 

Misi Kemenangan Kroasia Dimulai

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan mengatakan Kroasia tentu ingin momen tersebut kembali terulang. Setidaknya, ada 2 misi besar yang dibawa Kroasia pada pertandingan semifinal dini hari nanti.

Pertama, Kroasia ingin kembali mengalahkan Argentina dan mengandaskan mimpi Messi juara Piala Dunia 2022. Kedua, mereka ingin melangkah kembali ke final dan menjadi juara di Piala Dunia 2022.

Pria yang akrab disapa Bung Ropan itu mengatakan Piala Dunia 2022 ini punya hal unik. Saat ini, ada kemungkinan laga final Piala Dunia 2018 akan terulang kembali. Sebab, Kroasia dan Prancis sama-sama berada di semifinal.

Jika Prancis dan Kroasia bisa memenangkan pertandingan, keduanya akan kembali bertemu di babak final. Jika skenario itu terjadi, tentu mereka tak akan menyia-nyiakan laga tersebut selain dengan kemenangan.

“Kroasia pasti akan  bermain habis-habisan melawan Argentina. Mereka juga sedang membidik gelar juara baru. Akan tetapi, tantangan terdekatnya ialah melewati Lionel Messi dan kawan-kawan terlebih dahulu,” ujar Bung Ropan.

Performa Kroasia terbilang cukup moncer selama gelaran Piala Dunia 2022. Sepanjang turnamen ini, mereka tercatat sebagai negara yang belum pernah mengalami kekalahan.

Dalam 5 pertandingan terakhir, mereka meraih 3 kemenangan dan 2 hasil imbang. Di babak fase grup, mereka bermain imbang dengan Belgia, dan Maroko. Lalu, mereka berhasil meraih kemenangan setelah mengalahkan Kanada dengan skro 4-1.

Saat melaju ke babak 16 besar, Kroasia cukup kesulitan saat melawan Jepang. Laga yang berlangsung ketat itu pun berakhir dengan hasil imbang. Terpaksa, kemenangan harus ditentukan melalui adu pinalti.

Beruntungnya, Dewi Fortuna masih berpihak ke Kroasia. Mereka berhasil mengalahkan Jepang lewat adu pinalti. Kroasia mampu melesatkan 3 gol, sedangkan Jepang hanya mampu 1 gol.

Pada babak perempat final, Kroasia kembali menghadapi lawan berat, yakni Brazil. Namun, mereka bisa mengimbangi Brazil dengan skor 1-1 hingga akhir laga. Keberuntungan lagi-lagi berpihak ke Kroasia. Mereka bisa menang melawan Brazil lewat babak adu pinalti dengan skor 4-2.

Baca juga: Persaingan Top Skor Piala Dunia 2022, Siapa Paling Berpeluang Bawa Sepatu Emas?
 
 

Argentina Memburu Gelar Ketiga

Menurut Bung Ropan, Argentina kini punya kekuatan yang lebih stabil. Argentina kini sedang mengejar gelar juara dunia ketiga kalinya setelah 1978 dan 1986.

Mereka mungkin kalah dari Arab pada laga-laga awal. Namun, kini Messi dan kawan-kawan telah belajar banyak dan makin solid.

Sepanjang gelaran Piala Dunia 2022, tercatat Argentina hanya menelan 1 kali kekalahan dan 4 di antaranya selalu menang. Usai kalah dari Arab, Argentina menyapu bersih semua laga tersisa di Grup C.

Messi dan kawan-kawan menghajar habis Polandia dengan skor 2-0. Kemenangan mereka berlanjut saat melawan Meksiko dengan skor serupa, 2-0.

Di babak 16 besar, Argentina juga tampil begitu garang saat melawan Australia. Mereka berhasil menyelesaikan pertandingan di babak normal dengan skor 2-1.

Berlanjut ke babak perempat final, laga klasik Argentina dan Belanda berjalan sengit. Keduanya saling jual beli serangan. Namun, hasil akhir pertandingan panas ini mesti diselesaikan dengan adu pinalti setelah di waktu normal skor 2-2 tetap bertahan hingga akhir laga.

Saat adu pinalti, kematangan para pemain Argentina terlihat. Dengan tenang, Argentina bisa melesatkan 4 gol, sedangkan Belanda hanya mampu membuat 3 gol. Argentina pun berhak melaju ke babak semifinal. Kini misi selanjutnya ialah melaju ke babak final dan meraih gelar juara ketiganya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Tiba di Jepang, Lyodra Bakal Tampil Sepanggung Dengan Stray Kids Hingga SEVENTEEN di Asia Artist Awards

BERIKUTNYA

Teknologi Canggih Al Hilm, Bola Khusus Semifinal & Final Piala Dunia 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: