Pemandangan alam dengan latar Candi Borobudur menjadi salah satu kegiatan yang dapat dinikmati di desa wisata Karanganyar (Sumber gambar: unsplash/ Elisabeth Morin)

5 Kegiatan Seru di Desa Wisata Karanganyar, Cocok Buat Liburan Tahun Baru

13 December 2022   |   16:09 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki destinasi wisata yang sangat beragam dan unik berkat sentuhan budaya, keindahan alam, maupun nilai sejarah, dan sebagainya. Keunikan destinasi wisata itu salah satunya bisa ditemukan di desa wisata Karanganyar yang dapat menjadi pilihan bagi para pelancong untuk menghabiskan liburan akhir tahun ini.

Terletak sekitar 3 kilometer barat daya dari Candi Borobudur, desa wisata Karanganyar adalah satu dari banyak destinasi wisata yang tidak boleh terlewatkan oleh para pelancong. Desa wisata yang satu ini dikelilingi oleh panorama alam yang akan membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama.

Baca juga: Yuk Jelajahi Pesona Desa Wisata Ugar Fakfak

Berikut sejumlah wisata yang dapat dinikmati ketika berkunjung ke desa wisata Karanganyar, berdasarkan laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan sumber lainnya.  


1. Membuat Kerajinan

Saat kalian berada di desa wisata Karanganyar, salah satu kegiatan menarik yang tidak boleh terlewatkan adalah membuat kerajinan. Kalian dapat merasakan sensasi langsung membuat gerabah dengan mendapatkan pendampingan dari masyarakat setempat.

Kerajinan yang kalian buat juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau suvenir yang menarik dari tempat ini. Dalam membuat kerajinan, genhype akan mendapatkan pengalaman tentang teknik putar, moulding atau cetak, dan mewarnai gabah.

Selain itu, kalian juga bisa melihat bagaimana para penduduk lokal membuat kerajinan ukir bambu dan anyaman di desa ini. Kemudian, para pelancong juga dapat ikut dalam pembuatan wayang suket ketika berada di tempat ini.


2. Seni Tari Tradisional

Para pelancong yang mengunjungi desa wisata Karanganyar juga dapat menikmati seni tari tradisional Kubro dan Brodur Ponco Siswo. Tarian ini menggambarkan semangat kebersamaan dan gotong royong masyarakat yang sampai sekarang tetap ada.

Kalian dapat menikmati syair lagu di seni ini yang berisi nasehat tentang tuntunan hidup dan mengabdi kepada yang Maha Kuasa dan rasa cinta terhadap tanah air. Selain itu, kalian juga dapat menikmati seni tari tradisional Dayak Aki Sutopo.

Tarian ini juga menjadi salah satu ciri khas desa Karanganyar. Para penari di tari ini menggunakan pakaian seperti pakaian dayak.


3. Panorama Alam

Saat berkunjung ke desa wisata Karanganyar, wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbit dengan latar Candi Borobudur, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu.

Matahari terbit dengan latar belakang itu akan menyajikan lukisan alam yang tiada taranya dan akan memanjakan mata kita pada pagi hari dengan suasana pagi yang masih sangat asri dan udara yang sangat segar.


4. Agrowisata

Kegiatan lain yang dapat dinikmati oleh para pelancong ketika berkunjung ke desa wisata Karanganyar adalah wisata agrowisata. Saat musim hujan, desa ini memroduksi pertanian berupa tanaman padi, cabe, dan palawija.

Baca juga: Berencana Liburan Akhir Tahun? Ke Desa Wisata Tondok Bakaru Yuk!

Sementara itu, pada saat memasuki musim kemarau, desa wisata akan memroduksi produk pertanian berupa tanaman tembakau.


5. Kopi Ndugal

Bagi kalian pencinta kopi, jangan lupa untuk menikmati sajian kopi Ndugal yang menjadi ciri khas desa wisata Karanganyar. Saat mencicipi kenikmatan kopi ini, kalian juga akan merasakan sensasi berbagai macam aroma rempah yang dihasilkan dari kekayaan alam lokal.

(Ikuti terus laporan Hypeabis.id di Google News)

Editor: Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Siap-Siap, EKI Dance Company akan Gelar Musikal Ken Dedes di Ciputra Artpreneur

BERIKUTNYA

ATEEZ Bikin Kejutan Comeback Akhir Tahun, Intip Teasernya Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: