Landskap alun-alun tersibuk di Maroko (Sumber gambar : Instagram Kementerian Pariwisata Maroko)

11 Fakta Menarik Maroko, Negara Islam Pertama yang Berjaya di Piala Dunia

12 December 2022   |   17:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

5. Asal Cendekiawan Islam Terkemuka

Cendekiawan dan penjelajah Islam terkenal, Ibnu Battuta, berasal dari Maroko. Dia hidup pada abad ke-14 dan melakukan perjalanan ke banyak bagian dunia termasuk Afrika Utara, Tanduk Afrika, Asia Selatan, Tengah dan Tenggara, Timur Tengah. Dia mencatat semua perjalanannya dan mengungkapkan banyak hal tentang peradaban abad pertengahan. 


6. Ada Patung Manusia Tertua di Dunia

Venus of Tan-Tan adalah batu kuarsit berbentuk manusia sepanjang 6 sentimeter yang ditemukan pada 1999 di tepi utara Sungai Draa, Maroko selama ekspedisi arkeologi. Studi telah mengungkapkan bahwa artefak tersebut berasal dari periode Acheulean Tengah, yaitu sekitar 300.000 hingga 500.000 tahun yang lalu. Kendati demikian, menurut salah satu arkeolog, bongkahan batu tersebut telah mencapai bentuk manusia sebagai akibat dari pelapukan dan erosi alami.


7. Ragam Etnis

Salah satu fakta menarik tentang Maroko yakni memiliki etnis yang beragam. Dua etnis utama di negara ini adalah Berber (penduduk asli Afrika barat laut) dan Arab (yang menaklukkan Maroko pada 705 dan menyebarkan Islam). Namun demikian, penduduk Maroko juga ada yang keturunan Spanyol, Romawi, Prancis, dan Yahudi dari peristiwa penjajahan masa lalu. Oleh karena itu, budaya orang-orangnya, bahasa, makanan, seni, arsitektur, dan pakaian mereka pun beragam. 


8. Alun-Alun kota Tersibuk di Afrika

Terletak di kawasan medina, Marrakesh, Jemaa el-Fnaa adalah alun-alun tersibuk di Afrika. Penduduk lokal maupun turis sering mengunjungi alun-alun ini.  Jemaa el-Fnaa menawarkan pandangan sekilas ke dalam kehidupan budaya orang Maroko. Penari Chleuh, pendongeng, pesulap, penjual obat tradisional, dan pawang ular menjadi hiburan di alun-alun tersebut. 

Kios-kios yang menjual makanan lokal didirikan di alun-alun menjelang malam. Di sana juga ada Souk Marrakesh, pasar tradisional yang menjual benda-benda untuk kebutuhan penduduk lokal dan turis. Alun-alun ini dilengkapi taman, kafe, dan hotel terletak di sekitarnya.


9. Ada 9 Situs Warisan Dunia UNESCO & Arsitektur Tua

Maroko merupakan salah satu pusat pariwisata terbesar di Afrika Utara. Negara ini memiliki sembilan Situs Warisan Dunia UNESCO. Kesembilan situs tersebut diantaranya Medina of Marrakech, Historic City of Meknes, Medina of Tetouan, El Jadida, Medina of Essaoura, The Capital Rabat, Ksar of Ait-Ben-Haddou, dan Archaeological Site of Volubulis. Masing-masing situs ini memiliki nilai sejarah, budaya, dan arsitektur yang luar biasa serta membuatnya layak untuk dikunjungi.


10. Kota Merah yang Memesona

Marrakesh menjadi kota terbesar keempat Maroko. Kota ini punya nilai sejarah, arsitektur, dan budaya yang kata. Marrakesh juga merupakan salah satu kota kekaisaran terpenting di negara itu.  Ali ibn Yusuf, seorang raja dari dinasti Almoravid membangun tembok merah untuk menjaga kota. Banyak bangunan merah juga dibangun di dalam kota ini. Warna tersebut membuat Marrakesh mendapat julukan sebagai "Kota Merah" atau "Kota Ochre".


11. Diberkati Pantai yang Indah

Maroko tidak hanya tentang kekayaan sejarah dan budaya tetapi juga memiliki banyak keajaiban alam. Lanskap negara ini sangat bervariasi. Selain Pegunungan Atlas dan Gurun Sahara, Maroko berhadapan langsung dengan Samudra Atlantik dan Laut Mediterania. 

Garis pantai Maroko sepanjang 1930 kilometer dibumbui dengan beberapa pantai terbaik dunia. Salah satu yang bisa kamu kunjungi yakni kota resor Essaouira yang indah. Di sana kamu bisa menemukan pantai untuk berselancar, berjemur, atau menghabiskan sore hari melihat matahari terbenam. 

Baca juga5 Destinasi Wisata Sejarah di Qatar, Ada Souq Waqif & Situs Arkeologi Murwab

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
1
2


SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Museum Estetik di Jakarta, Cocok Buat Ide Kencan

BERIKUTNYA

Sejarah & Cerita di Balik Keindahan Danau Kelimutu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: