Tim nasional Maroko memimpin klasemen Grup F (Sumber gambar: FIFA)

Lolos ke Babak 16 Besar, Maroko Ulangi Kesuksesan Piala Dunia 1986

02 December 2022   |   12:59 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar menjadi sejarah bagi beberapa tim nasional yang berlaga. Setelah Polandia, kini giliaran tim nasional Maroko yang berhasil masuk ke babak 16 besar untuk kedua kalinya. Tim ini pertama kali lolos kualifikasi fase grup pada 1986. 

Timnas Maroko lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup F setelah di partai terkahir dalam kualifikasi grup berhasil mengalahkan timnas Kanada dengan skor 2-1. Kemenangan ini membuat tim nasional Maroko memiliki nilai 7. Dalam tiga kali pertandingan, Maroko tercatat dua kali menang dan satu kali seri.

Skuad itu juga berhasil memasukkan bola sebanyak empat kali ke gawang lawan dan satu kali kebobolan sehingga memiliki selisih gol tiga. Gol Maroko ke gawang Kanada yang dijaga oleh Milan Borjan terjadi pada menit ke 3. Pencetak gol pertama Maroko adalah Hakim Ziyech. Sementara gol kedua tercipta pada menit ke-23 melalui Youssef En-Nesyri. 

Baca jugaKlasemen Akhir Piala Dunia 2022, Grup G & H Siap Susul 16 Besar
 
 

Maroko di Piala Dunia

Tim nasional Maroko tercatat telah mengikuti ajang Piala Dunia sebanyak enam kali dalam sejarah ajang empat tahunan ini. Tim ini pertama kali mengikuti ajang Piala Dunia pada 1970. Pada saat itu, tim nasional Maroko berada di posisi keempat Grup D dengan 1 Poin.

Keikutsertaan kedua tim nasional Maroko di ajang Piala Dunia adalah pada 1986. Tim nasional Maroko berhasil memuncaki klasemen grup F dengan poin 4. Tim nasional Maroko baru mengikuti ajang Piala Dunia pada 1994 atau atau alpha di dua ajang tersebut.

Di Piala Dunia 1994, tim nasional Maroko menjadi juru kunci Grup F dengan mengantongi poin 0. Tim ini kemudian menempati posisi ketiga Grup A di ajang Piala Dunia 1998 dengan nilai 4, dan masih belum mampu tembus ke babak 16 besar. Tim nasional Maroko tidak hadir cukup lama dari ajang Piala Dunia, dan baru kembali masuk dalam babak kualifikasi grup pada 2018. Namun, tim ini hanya mampu berada di posisi paling buncit Grup B dengan satu poin.

Pada tahun ini, satu grup dengan Belgia, Kroasia, dan Kanada, tim nasional Maroko berada di Grup F babak kualifikasi Piala Dunia yang terselenggara di Qatar. Maroko berhasil masuk ke babak 16 besar dengan menjadi pemimpin klasemen.

Para pemain tim nasional Maroko yang ikut dalam ajang Piala Dunia 2022 adalah Y. Bounou, N Mazraoui, R. Saiss, N. Aguerd, A. Hakimi, A. Sabiri, S. Amrabat, A. Ounahi, H. Ziyech, Y. En-Neysri, S. Boufal, A. Hamdallah, A. Zaroury. Kemudian, M. Mohand Mohamedi, I. Chair, Z. Aboukhlal, S. Amallah, A. Ezzalzouli, J. El Yamiq, A. Dari, W. Cheddira, A. Reda Tagnouti, B. El Khannouss, B. Benoun, Y. Attiyat Allah, dan Y. Jabrane

Sementara itu, manajer tim nasional Maroko adalah Walid Regragui. Saat melawan tim nasional Kanada, sang manajer menggunakan formasi 4-3-3. Sementara itu, Kanada yang berada di bawah manajer John Herdman memakai formasi 4-4-1-1.

Baca juga5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Klasemen Akhir Piala Dunia 2022, Grup G & H Siap Susul 16 Besar

BERIKUTNYA

Jadwal Pertandingan 16 Besar Piala Dunia 2022, Dibuka dengan Laga Belanda vs Amerika Serikat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: