Pemain Spanyol Alvaro Morata saat merayakan gol ke gawang Jepang (Sumber gambar: tangkapan layar laman FIFA)

Sejarah Pertemuan Maroko Vs Spanyol, Tim Matador 'di Atas Angin'

06 December 2022   |   09:20 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Babak 16 besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar akan mempertemukan tim nasional Maroko melawan Spanyol. La Furia Roja menjadi tim yang diunggulkan untuk melaju ke babak selanjutnya jika dibandingkan dengan the Atlas Lions.

Tim nasional Spanyol menjadi tim yang lebih diunggulkan melaju ke babak delapan besar dibandingkan dengan Maroko lantaran La Furia Roja berhasil mencatatkan kemenangan dua kali dari tiga kali pertemuan sebelumnya terkait ajang Piala Dunia.

Baca juga5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Pertemuan pertama kedua tim terkait dengan ajang empat tahunan ini terjadi di babak kualifikasi Piala Dunia pada 11 November 1961. Pada saat itu, Spanyol menang 1 – 0 atas Maroko melalui Luis Del Sol pada menit ke-80 di Stade d’Honneur, Maroko.

Pada pertandingan itu, starting line up Spanyol terdiri dari Jose Araquistan, Feliciano Rivilla, Manuel Mestre, Ignazio Zoco, Jose Santamaria, Manuel Ruiz Sosa, Luis Maria Aguirre, Luis Del Sol, Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas, dan Francisco Gento.

Sementara starting line up Maroko adalah Ahmed Laghrissi, Ben Belaid Larbi, Mohamed Ben Bouchaib, Mohamed Tibari, Mustapha Bettache, Mohamed Embarete, Abdallah Azhar, Hassan Akesbi, Zaar Brahim, Abderahiman Mahjoub, dan Mohamed Riahi Selam.

Pertemuan kedua antara Spanyol melawan Maroko terjadi pada 22 November 1961 di Stadion Santiago Barnabeu, Spanyol. Total gol yang dicetak oleh kedua tim di pertandingan yang dipimpin oleh wasit Cesare Jonni ini mencapai 5 gol dengan 3 gol di antaranya dicetak oleh Spanyol dan 2 gol oleh Maroko, dan membuat Spanyol menang 3 – 2 atas Maroko.

Gol Spanyol tercipta melalui Marcelino pada menit ke-11, Alfredo Di Stefano pada menit ke-44, dan Enrique Collar pada menit ke-60. Sementara itu, Mohamed Riahi Selam mencetak gol untuk Maroko pada menit ke-40 dan Mohamed Embarete pada menit ke-65.

Pertemuan ketiga kedua tim terjadi di babak kualifikasi grup Piala Dunia 2018 di Rusia. Pada saat itu, kedua tim mencatatkan hasil imbang 2 – 2.

Di pertandingan yang berlangsung di Kaliningrad Stadium itu berjalan cukup ketat. Kedua tim bahkan saling kejar mengejar gol. Maroko tercatat menjadi pencetak gol pertama di pertandingan itu melalui Khalid Boutaib pada menit ke-14.

Lima menit berselang giliran Spanyol yang mencetak gol melalui Isco pada menit ke-19, dan membuat hasil imbang 1 – 1 sampai turun minum babak pertama. Di babak kedua, Youssef En Nesyri berhasil mencetak gol pada menit ke-81, dan membuat kedudukan sementara 2 – 1 untuk Maroko.

Maroko gagal mempertahankan keunggulan lantaran Spanyol berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-91. Iago Aspas adalah pemain yang berhasil menyarangkan gol ke gawang Maroko pada saat itu.

Di pertemuan terakhir itu, starting line up Spanyol adalah David De Gea, Dani Carvajal, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jodi Alba, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Thiago, David Silva, Isco, dan Diego Costa.

Sementara itu, starting line up Maroko adalah Monir El Kajoui, Achraf Hakimi, Manuel Da Costa, Romain Saiss, Nabil Dirar, Hakim Ziyech, Karim El Ahmadi, Younes Belhanda, Mbark Boussoufa, Noureddine Amrabat, Khalid Boutaib.

Pada babak 16 besar Piala Dunia 2022, kedua tim akan bertemu di Stadion Education City. Spanyol melaju ke babak ini setelah berada di peringkat kedua Grup E dengan poin 4. Sepanjang babak kualifikasi grup, Spanyol mencatatkan kemenangan satu kali, kalah satu kali, dan seri satu kali.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah di Qatar, Ada Souq Waqif & Situs Arkeologi Murwab

Sementara Maroko masuk ke babak 16 besar dengan status juara Grup F. Maroko tercatat tidak pernah kalah dari tiga pertandingan di babak kualifikasi grup dan memiliki total tujuh poin. Maroko mampu menang dua kali dan imbang satu kali.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Fenomena Astronomi Langka pada Desember 2022, Ada Hujan Meteor dan Penampakan Mars

BERIKUTNYA

Sejarah Portugal vs Swiss Menunjukkan Pertandingan Keduanya Akan Berlangsung Ketat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: