Landskap alun-alun tersibuk di Maroko (Sumber gambar : Instagram Kementerian Pariwisata Maroko)

11 Fakta Menarik Maroko, Negara Islam Pertama yang Berjaya di Piala Dunia

12 December 2022   |   17:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Aksi tim nasional sepakbola Maroko cukup mengejutkan selama Piala Dunia 2022 di Qatar. Mereka mengukir sejarah baru bagi benua Afrika dan negara-negara Islam pertama lantaran berhasil lolos ke babak semifinal. Timnas Maroko mampu merontokkan ambisi raksasa Eropa seperti Spanyol dan Portugal dalam acara olahraga bergengsi empat tahunan itu. 

Di babak semifinal, tim Singa Atlas itu akan bertemu dengan Prancis di Stadion Al Bayt pada Kamis (15/12/2022). Saat ini, para pemain asuhan Wahid Regragui menjadi sorotan dan tidak lagi dipandang sebelah mata. 

Lepas dari gelaran Piala Dunia, Maroko merupakan negara yang cukup menarik. Pemerintahannya berbentuk kerajaan dan penduduknya mayoritas beragama Islam. Maroko merupakan salah satu dari tiga kerajaan yang tersisa di benua Afrika, selain Lesotho dan Swaziland yang kini menjadi negara-negara kecil Afrika selatan.

Di sebelah utara, Maroko berbatasan dengan Spanyol dan daratan Eropa yang dipisahkan Selat Gibraltar. Di sebelah timur dan selatan, negara ini berbatasan dengan Aljazair. Di sebelah barat, Maroko menghadap Samudra Atlantik. Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak informasi menarik seputar negara Maroko berikut ini. 

Baca jugaMaroko & Fenomena Tim Penguasaan Bola Rendah di Piala Dunia 2022


1. Salah Satu Rumah dari Gurun Sahara 

Gurun Sahara menjadi padang pasir terluas di Dunia. Gurun ini membentang di 10 negara di antaranya Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Mali, Mauritnia, Nigeria, Sudan, Tunisia, dan Maroko. Gurun Sahara merupakan destinasi wisata yang paling dikenal di negara tersebut. 

Mengutip Panduan Wisata Gurun Sahara, Merzouga adalah kota yang paling dekat dengan Sahara di Maroko, berada di bagian utara dan cukup jauh dari kota-kota besar seperti Rabat, Casablanca, Fez, dan Tager. Di antara kota itu, yang paling dekat dengan Merzouga adalah Marakesh. Oleh karenanya, banyak agen wisata di Marakesh yang menawarkan paket wisata ke Sahara. 


2. Puncak Tertinggi Pegunungan Atlas

Atlas merupakan pegunungan tertinggi di Afrika Utara dan menjadi surganya para pendaki. Pegunungan ini membentang dari Maroko ke Tunisia, dan melewati Aljazair sepanjang hampir 1.000 kilometer. Namun, puncak tertingginya ada di Maroko yang disebut High Atlas dengan ketinggian 14.672 kaki atau sekitar 4.472 meter di atas permukaan laut. 

Dengan ketinggian tersebut, puncaknya tertutup salju. Selain itu, tempat ini juga menyuguhkan panorama menakjubkan dari danau dan ragam satwa liar, membuat High Atlas menjadi buruan wisatawan. Bahkan Pegunungan Atlas yang menjadi bagian Maroko memiliki resor ski tertingi di benua tersebut. 

Terletak sekitar 80 km dari Marrakesh di Maroko, Oukaïmeden adalah resor ski, yang tertinggi di Afrika. Letaknya di Pegunungan Atlas pada ketinggian antara 8.500 kaki dan 10.500 kaki. Resor ski ini memiliki enam lift ski dan fasilitas lain untuk membantu pemain ski menikmati pengalaman bermain ski. 


3. Universitas Tertua di Dunia yang Masih Beroperasi 

Mengutip World Atlas, Universitas Al Quaraouiyine atau Al Karaooine yang terletak di kota Fez, Maroko menjadi universitas tertua di dunia yang masih beroperasi. Universitas ini didirikan pada 859 SM oleh Fatima al-Fihri, putri terpelajar dari seorang pedagang kaya. 

Untuk jangka waktu yang lama, universitas tersebut berfungsi sebagai pusat pendidikan dan spiritual terkemuka di Arab. Banyak cendekiawan Arab ternama yang mengajar di universitas ini. Saat ini, Universitas Al Quaraouiyine berstatus negeri, kajian hukum dan agama Islam menjadi fokus utama pembelajarannya.


4. Didirikan Kerabat Nabi Muhammad

Dari catatan sejarah yang terhimpun, Idris I mendirikan dinasti Idrisid yang menyiapkan basis berdirinya Maroko sebagai negara merdeka di masa depan. Idris I adalah cicit dari Nabi Muhammad. Pada 786, Idris I berlindung di Maroko setelah melarikan diri dari medan perang Pertempuran Fakhkh. 

Baca jugaYuk Intip Perjalanan 4 Tim yang Lolos ke Semifinal Piala Dunia 2022
1
2


SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Museum Estetik di Jakarta, Cocok Buat Ide Kencan

BERIKUTNYA

Sejarah & Cerita di Balik Keindahan Danau Kelimutu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: