Ilustrasi wanita (Sumber gambar: Antonino Visalli/Unsplash)

Survei Ungkap Arti Cantik di Mata Wanita Indonesia Sepanjang 2022

12 December 2022   |   16:30 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Memiliki wajah yang cantik menjadi dambaan bagi setiap wanita. Meski banyak yang menyebut cantik berarti tampil apa adanya, nyatanya tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam untuk terlihat cantik. Setiap wanita bisa berdebat soal pandangan mengenai kata cantik. Seperti ungkapan populer, cantik itu relatif. 

Namun, sebuah survei merangkum arti cantik di mata wanita Indonesia sepanjang 2022. ZAP Beauty Index 2023 melakukan survei kecantikan yang melibatkan 9.000 responden wanita berusia 15-65 tahun untuk menemukan tren dan arti kata cantik di mata mereka. Tahun ini, wanita Indonesia cukup berfokus pada kondisi fisik untuk mendefinisikan kecantikan.

Hasilnya menunjukkan lebih dari 58 persen wanita Indonesia memilih wajah yang bersih dan mulus sebagai prioritas dari arti kata cantik. Mereka lebih memprioritaskan kondisi fisik wajah dan tubuh sebagai hal paling penting yang harus diperhatikan supaya terlihat lebih cantik.

Sedangkan sebanyak 55,8 persen mengartikan cantik ketika seorang wanita memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Di urutan ketiga, sebanyak 51,9 persen wanita kembali memilih kondisi fisik di mana kulit yang cerah menjadi tumpuan kecantikan. 

Baca jugaSejarah dan Fakta Tren Standar Kecantikan dari Masa ke Masa
 

Ilustrasi kecantikan (Sumber gambar: Polina Kovaleva/Pexels)

Ilustrasi kecantikan (Sumber gambar: Polina Kovaleva/Pexels)


Bagian yang Membuat Tidak Percaya Diri

Bicara soal cantik, wanita memiliki rasa ketidakpercayaan dirinya sendiri terhadap kondisi fisik tertentu. Ternyata, gigi menjadi salah satu bagian dari wajah yang paling membuat wanita merasa insecure. Sebanyak 27,8 persen wanita Indonesia merasa tidak percaya diri saat harus menunjukkan giginya ketika tersenyum.

Hal itu menyusul dengan kondisi kulit kusam dan berkomedo yang mendominasi masalah kulit. Lebih dari 50 persen responden mengaku situasi itu membuat mereka tidak bisa tampil percaya diri dan lebih insecure

Temuan itu juga sejalan dengan fakta bahwa fokus wanita Indonesia dalam masalah kulit bukanlah menghilangkan kulit berjerawat, melainkan memerangi kulit yang cenderung terlihat kusam. Wanita Indonesia memimpikan wajah yang cerah, bersih, dan mulus demi terlihat cantik.

Untuk itu, wanita Indonesia cukup aktif melakukan kegiatan yang berkaitan dengan kecantikan. Sebanyak 46,2 persen melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan, Sementara 19,6 persen responden lebih memilih berbelanja skincare dibanding membeli pakaian, sepatu, atau tas. Secara keseluruhan, lebih dari 50 persen wanita Indonesia lebih memprioritaskan kegiatan perawatan kulit ketimbang berbelanja.

Ketika memilih perawatan kecantikan, mereka juga cenderung memperhatikan keuntungan, fungsi, dan kandungan dalam sebuah produk atau perawatan yang sesuai dengan kulit mereka. Hal itu juga turut menyumbang 96,8 persen wanita Indonesia yang lebih memilih menggunakan produk skincare lokal dibanding produk luar negeri. 

Baca jugaBangga! Produk Skincare Lokal Sudah Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Profil Remy Sylado, Sastrawan Serba Bisa Pelopor Puisi Mbeling Indonesia

BERIKUTNYA

Tim Mobile Legend Bang Bang Indonesia Raih Juara IESF WEC 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: