Ilustrasi (Dok. Noah Buscher/Unsplash)

Skinimalism, Tren Kecantikan yang Tampilkan Kulit Wajah Alami

10 November 2021   |   18:03 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype termasuk yang lebih menyukai tampil sehat dan cantik alami? Jika ya, Genhype tidak sendirian. Menurut laporan Pinterest, penelusuran tentang cara mendapatkan kulit kulit bercahaya secara alami meningkat 180 persen satu tahun terakhir. Tren kecantikan ini disebut skinimalism.

Berdasarkan data yang dirilis, terjadi empat kali peningkatan pencarian untuk kulit bercahaya secara alami dan latihan yoga wajah, peningkatan 110 persen untuk penelusuran perawatan kulit buatan sendiri, 115 persen peningkatan penelusuran masker wajah aloe vera atau lidah buaya, dan 180 persen peningkatan pencarian riasan alami sehari-hari.

Dokter Kulit Bersertifikat di New York, Sejal Shah, mengatakan skinimalism adalah cara untuk merawat kulit asli dengan lebih sedikit riasan dan produk kecantikan.

Dengan kata lain, membiarkan cahaya alami dari kulit terpancar ketimbang mempertebal riasan yang sering mencerminkan standar kecantikan yang tidak realistis yang biasa terlihat di media sosial.

(Baca juga: Ramengvrl Lawan Standar Kecantikan dengan Lagu I'm Ugly)

Ilustrasi (Dok. Ivan Samkov/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Ivan Samkov/Pexels)

Inti dari skinimalisme adalah penolakan terhadap konsep untuk ‘menutupi’ atau ‘memperbaiki kekurangan’ pada kulit seseorang untuk tampil cantik apa adanya.

Secara tidak langsung, konsep skinimalism akan menghemat waktu, uang, dan hal-hal lain yang tidak perlu. Konsep ini juga disebut ramah lingkungan dengan lebih sedikit produk yang digunakan, lebih sedikit kemasan yang dibuang, hingga lebih sedikit limbah yang dihasilkan.

“Faktanya, berlebihan dengan riasan berlapis atau melapisi terlalu banyak produk perawatan kulit dapat memperburuk masalah kulit yang ada atau menciptakan masalah baru,” kata Dokter Kulit Bersertifikat & Pendiri Entiere Dermatology, Melissa Kanchanapoomi Levin, seperti dikutip dari Shape, Rabu (10/11).
 

Cara mempraktikkan skinimalism

Dokter Shah mengatakan skinimalism berfokus pada produk yang dapat bermanfaat bagi kulit dan tidak harus menyembunyikan setiap ketidaksempurnaan. Untuk memulainya, kamu perlu berfokus pada tiga produk dasar yaitu:

1. Pembersih
Untuk membersihkan kulit dari kotoran, debu, dan keringat.

2. Pelembab
Untuk memastikan perlindungan kulit yang sehat.

3. Tabir surya 
Untuk melindungi kulit dari penuaan dini dan kanker kulit akibat radiasi UV.

“Praktik dibalik konsep skinimalism adalah menggunakan produk sesedikit mungkin untuk menjaga kulit tetap bercahaya dan sehat,” katanya.

Jika perlu, Dokter Shah juga merekomendasikan penggunaan serum antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit. Tetapi, kamu perlu benar-benar mempertimbangkannya dan memahami betul apa yang benar-benar dibutuhkan oleh kulit.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Asyik, Sutradara Hwang Dong-hyuk Sebut Musim Kedua Squid Game Akan Hadir

BERIKUTNYA

Indeks Kecantikan 2021 Ini Tinjau Ulang Kecantikan Perempuan di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: