Konsep green architecture menjadi salah satu tren desain arsitektur yang diminati masyarakat pada 2022 (sumber gambar Unsplash/Danist Soh)

Tren Arsitektur & Desain Interior 2022, Gaya Berkelanjutan Jadi Idaman

09 December 2022   |   15:47 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Tahun 2022 adalah masa penuh tantangan di era kenormalan baru bagi seluruh sektor di dalam negeri termasuk seni merancang bangunan. Keadaan tersebut turut berpengaruh terhadap tren desain arsitektur dan interior sebagai langgam hunian yang diminati publik.

Konsep green architecture menjadi salah satu tren desain arsitektur yang diminati masyarakat  pada 2022. Hal itu tercermin dari banyaknya bangunan bergaya minimalis, dan memiliki ruang terbuka yang sering dipacak di layar visual medsos desainer dan arsitek.

Keberlanjutan, penggunaan bahan yang bertanggung jawab, dan munculnya tren desain biofilik juga menjadi salah satu tren desain yang banyak diminati publik. Gaya tersebut menarik perhatian para desainer seiring meningkatnya kesadaran lingkungan dalam membangun konstruksi rumah.

Baca jugaRetro Tetapi Modern, Interior Mid-century Bisa Jadi Pilihan Mendesain Rumah

Dirangkum dari Indonesiadesign, pada dasarnya desain tren aksitektur 2022 tidak terlalu berubah secara signifikan. Pengulangaan tema juga dilakukan dengan pendekatan-pendektan baru untuk membuat penghuni jadi lebih sehat di tengah pandemi.

Hal itu terlihat dari objek desain interior maupun untuk ruang yang dapat diadaptasi untuk mengakomodasi isolasi, dan bekerja dari rumah (WFH). Ada juga keinginan membawa unsur-unsur alam ke dalam kehidupan sehari-hari lewat tanaman atap atau house plant yang kian populer dan diminati khalalayak.

Dalam kancah global, Indonesia juga turut berbangga hati. Pasalnya Bandar Udara Internasional Banyuwangi  karya arsitek Andra Matin berhasil meraih penghargaan paling bergengsi di bidang arsitekur, yaitu ajang Aga Khan Award for Architecture (AKAA) 2022. 

Menurut para juri, bandara yang terletak di desa Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur itu dinilai memiliki pendekatan desain yang sadar konsep berkelanjutan, karena menjadi bandara hijau pertama  di dunia yang dibangun di tengah sawah.

Tak hanya itu, selain peneraapan standar baru dalam segi desain, karya Andra Matin juga memperluas perspektif bahasa lanskap modern. Yakni prinsip penggabungan arsitektur, fungsionalitas, dan pengaturan disposisi sehingga nyaman untuk dilihat dan digunakan.

Dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber, berikut adalah sederet tren arsitektur dan desain interior yang diminati masyarakat sepanjang 2022.
 

1. Ruang Terbuka 

Pengintegrasian berbagai area rumah atau kantor untuk menciptakan ruang yang fleksibel dan serbaguna menjadi salah satu tren arsitektur di era kenormalan baru. Sebab desain tersebut memungkinkan para penghuni untuk menikmati sirkulasi udara yang lebih baik agar tetap sehat di tengah pandemi covid-19.
 

2. Otomatisasi Rumah Pintar

Seiring meningkatnya kesadaran lingkungan, konsep desain arsitektur rumah pintar juga menjadi pilihan para develop agar bumi jadi lebih baik. Mereka banyak mengurangi konsumsi energi lewat sensor otomatis termasuk penyalaan lampu hingga pendingin ruangan.
 

3. Desain Minimalis

Tren desain minimalis dalam arsitektur juga terus digalakkan lewat komitmen pada bentuk-bentuk sederhana menggunakan material modern dan mutakhir untuk memastikan insulasi termal dan akustik yang menghasilkan penghematan biaya dan manfaat bagi lingkungan.
 

4. Pencahayaan Alami 

Penggunaan cahaya alam pada interior dengan memanfaatkan sinar matahari atau bulan untuk desain rumah juga menjadi tren arsitektur pada 2022. Desain tersebut biasanya digunakan pada ruang kerja, dapur, dan kamar dengan membuat ventilasi dan jendela besar, agar sirkukasi udara dan cahaya leluasa masuk ke dalam ruangan.


5. Reuse & Recycle

Penggunaan material berkelanjutan, seperti beton plastik recycle,  hingga bahan-bahan berbasis kayu atau besi daur ulang juga terus diaplikasikan dalam konsep desain arsitektur sepanjang 2022. Selain ekonomis, meterial reuse dan recycle juga memiliki kekhasan tersendiri sehingga kian banyak diminati publik.


6. Ruang Multifungsi

Penggunaan ruang multifungsi dalam desain interor juga terus digalakkan para arsitek lewat gagasan baru mereka dengan menjadikan sebuah ruangan memiliki fungsi beragam. Hal ini bisa dilihat di mana dapur bisa menjadi tempat diskusi, ruang tamu sebagai tempat kerja dalam mendukung fleksibilitas waktu saat bekerja dari rumah.


7. Teknologi Virtual

Munculnya teknologi virtual reality (VR) juga memberikan peluang baru dan potensi  khusus dalam pengelolaan informasi desain dan konstruksi bangunan. Tahun 2022 tren tersebut juga semakin digandrungi para arsitek dan klien karena mereka bisa melihat cetak biru bangunan yang didesain dalam bentuk imersif.


8. Prefabrifikasi Rumah Massal

Krisis perumahan terus berlanjut di abad ke-21 dan menjadi dilema di tengah urbanisasi masyarakat ke kota dan berdapak pada harga properti. Para arsitek akhirnya berinovasi dengan modular khusus dengan membuat material ramah lingkungan, hemat biaya, dan waktu yang jga banyak dilirik masyarakat.


9. Penggunaan Energi Terbarukan 

Seiring meningkatnya kesadaran terhadap lingkungan, desain arsitektur juga mengakomodasi penggunaan energi terbarukan. Salah satunya lewat panel tenaga surya untuk memberi daya berbagai fasilitas di dalam rumah, termasuk lampu, pendingin ruangan, hingga penggunaan kembali air hujan untuk kebutuhan tamu.


10. Desain Skandinavia

Desain Skandinavia juga masih memiliki tempat tersendiri di kalangan masyarakat dengan konsepnya yang minimalis dan sederhana. Penggunaan kayu gelap untuk memberi kesan klasik, dan bahan ramah lingkungan juga membuat desain ini masih menjadi salah satu yang populer pada 2022.

Baca juga5 Tips Desain Etnik untuk Interior, Bikin Rumah Makin Klasik

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Celine Dion Mengidap Penyakit Saraf Langka Stiff Person Syndrome, Ini Gejala Hingga Risikonya

BERIKUTNYA

Gabung Steve Aoki, TOP BigBang Ikut Proyek Elon Musk Terbang ke Bulan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: