Dunia yang makin digital mengubah pola kerja dan pekerjaan masyarakat (Sumber gambar: Unsplash/Jason Goodman)

Cek Nih, 5 Pekerjaan dengan Prospek Masa Depan Cerah 

04 April 2022   |   09:01 WIB

Selama dua tahun terakhir, pandemi Covid-19 telah mengubah pola kerja dan pekerjaan masyarakat secara luas. Digitalisasi mengambil peranan penting dalam proses normalisasi baru berbagai aktivitas, yang juga memunculkan peluang-peluang anyar. 

CEO & Co-founder Cakap, Tomy Yunus, mengatakan bahwa integrasi berbagai aktivitas, khususnya bisnis dan perusahaan dengan teknologi, telah menciptakan kebutuhan tenaga kerja dengan kapasitas digital yang andal. 

“Sumber daya manusia Indonesia perlu memperkaya diri dengan kompetensi dan keterampilan yang relevan dengan zaman,” katanya. 

Mengutip laporan bertajuk Future of Jobs dari World Economic Forum (WEF), dia mengatakan bahwa ada beberapa pekerjaan dan keterampilan yang paling banyak dibutuhkan dalam beberapa tahun mendatang. 

Ini umumnya berkaitan dengan sistem komputer dan digitalisasi. Lantas apakah ini hanya menjadi peluang bagi lulusan jurusan terkait? Jawabannya adalah tidak, karena setiap orang bisa melakukan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan (upskilling) dan melebarkannya (reskilling). 

Berikut ini adalah lima pekerjaan yang dinilai memiliki prospek menjanjikan dan paling dicari perusahaan untuk beberapa tahun mendatang : 


1. Data Analyst/Data Scientist 


Pekerjaan ini memiliki peran sebagai peneliti informasi menggunakan alat analisis data. Hasil dari analisis tersebut menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk menentukan keputusan dan strategi bisnis. Mereka biasanya mengolah data menggunakan Microsoft Excel, Tableau, SQL, dan lain-lain. 


2. Artificial Intelligence & Machine Learning Specialist 


Teknologi termutakhir yakni kecerdasan buatan (AI) dan mesin pembelajaran (ML) semakin banyak dimanfaatkan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan yang rumit. AI dan ML telah membantu banyak industri melakukan efisiensi bisnis dan memberikan pelayanan lebih kepada konsumen. 


3. Big Data Specialist 


Era serba digital seperti sekarang sangat bergantung pada penggunaan data dalam jumlah besar, yang dikenal sebagai big data. Bidang pekerjaan ini berperan dalam mengambil dan mengolah data besar menjadi informasi yang berguna bagi proses bisnis perusahaan atau organisasi. 


4. Digital Marketing & Specialist 


Bagaimanapun, aktivitas promosi merupakan hal penting bagi perusahaan. Pada zaman seperti sekarang, keterampilan untuk melakukan pemasaran digital merupakan jasa yang dibutuhkan untuk perusahaan dapat menjangkau konsumen di dunia maya dengan memaksimalkan berbagai tools yang tersedia. 


5. Business Development Specialist 


Pekerjaan ini menuntut mereka untuk menumbuhkembangkan bisnis melaui berbagai macam strategi. Seringkali peran business development juga berdekatan dengan peran sales executive yang memiliki tujuan untuk mendapatkan pemasukan dan meningkatkan skala pendapatan bagi perusahaan. 

Editor : Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Cocok Buat Buka Puasa! Cicipi 3 Resep Kreasi Camilan Kue dari Sagu & Edamame

BERIKUTNYA

Mundur dari AMPAS, Simak Perjalanan Karier Will Smith dengan Academy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: