Ilustrasi TV streaming (Sumber gambar: Jonas Leupe/Unsplash)

Nielsen Akan Beri Rating Streaming Content, Jadi Pengukuran Lintas Media

08 December 2022   |   17:53 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Lembaga survei global Nielsen resmi meluncurkan pengukuran video lintas media untuk TV linear dan streaming seluler bernama Nielsen Streaming Content Ratings. Pengukuran ini akan memberikan wawasan tentang platform dan saluran yang ditayangkan melalui perangkat seluler dan disiarkan melalui rating TV linier.

Streaming Content Ratings akan mengidentifikasi perubahan perilaku pemirsa dalam mengkonsumsi konten dan memungkinkan memahami secara jelas tentang preferensi pemirsa streaming, termasuk jangkauan audiens, waktu yang dihabiskan, dan profil demografis yang mencakup 11 kota besar di Indonesia.

Pasalnya, dalam laporan Nielsen Consumer Media & View Q3 2022 di Indonesia, TV dan internet menjadi dua jenis media dengan jangkauan tertinggi. Televisi masih mendominasi dengan 81,1 persen, sedangkan internet mengalami pertumbuhan yang signifikan mencapai 76,7 persen.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa hingga kuartal tiga pada tahun ini, pengguna TV masih didominasi usia 40-49 tahun sebesar 18 persen dan usia 50 tahun ke atas sebesar 23 persen. Sedangkan pengguna digital masih didominasi usia 10-19 tahun sebanyak 22 persen dan usia 20-29 tahun sebanyak 26 persen.

"Dengan pertumbuhan internet yang tinggi, mengakses video online dan menonton streaming TV juga meningkat secara signifikan dalam tiga tahun terakhir di semua kelompok umur," ujar Direktur Eksekutif Nielsen Indonesia, Hellen Katherina, saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (8/12/2022).

 

Ilustrasi streaming video/Iqiyi

Ilustrasi streaming video/Iqiyi


Hellen mengatakan kondisi ini melahirkan kebutuhan industri untuk memiliki pengukuran streaming yang andal. Melalui Streaming Content Ratings, lanjut dia, pihaknya membantu industri dalam memahami pemirsa streaming dan bagaimana mereka terlibat dengan konten, memungkinkan pemasar dan penyiar memahami dengan lebih baik lanskap kompetisi untuk mendapatkan atensi audiens.

Lebih lanjut, dia menjelaskan pengukuran ini akan memberikan pemahaman yang mumpuni tentang lanskap streaming, terutama pandangan tentang konsumsi audiens yang memperhitungkan total penggunaan platform streaming yang sebanding dengan TV linier.

Selain itu, Streaming Content Ratings juga dapat memberikan pandangan komprehensif tentang konsumsi streaming dan demografi audiens yang terus meningkat. "Ini akan membantu setiap pemangku kepentingan di industri dalam membeli, menjual, atau berinvestasi di lintas media," imbuh Hellen.

Dia menuturkan saat ini audiens memiliki lebih banyak pilihan dalam mengakses dan menikmati konten yang sesuai dengan kebutuhannya, sehingga dengan adanya metode pengukuran yang terintegrasi akan memudahkan lembaga penyiaran dan pengiklan untuk menentukan strategi bisnisnya.

Baca juga: Simak 3 Tren Periklanan Global yang Sukses Versi Nielsen

Sebab, paparnya, Streaming Content Ratings akan melihat siapa, di mana, dan bagaimana pemirsa streaming saat ini, sehingga dapat memberikan pengukuran yang tepat untuk program yang dilihat melalui platform streaming teratas dengan menyatukan beberapa fragmen menjadi satu sumber.

Pengukuran ini juga dapat membantu penyiar membuat keputusan sebuah program dan distribusi konten yang tepat untuk menjangkau profil demografi utama, termasuk membuktikan profil audiens mereka terhadap kompetitor dan menjadi panduan untuk pengembangan konten serta strategi akuisisi konsumen di mana dapat dijual dengan proposisi nilai yang berbeda kepada pengiklan.

Sementara itu, bagi pengiklan, layanan ini dinilai dapat memberikan pemahaman tentang di mana dan kapan target audiens terlibat dengan video tersebut.

Laporan ini akan membantu pemasar mendapatkan efisiensi dalam pengeluaran media mereka dan meningkatkan jangkauan dengan mengoptimalkan keputusan investasi antara televisi dan digital yang beradaptasi dengan keberadaan audiens secara efektif.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Freeletics, Solusi Cepat Turunkan Berat Badan

BERIKUTNYA

Sensasi Ngebir Langsung dari Keran di Meatsmith, Intip Variannya Yuk

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: