Lumba-lumba menjadi salah satu binatang yang dapat dilihat ketika berkunjung ke Teluk Kiluan di Lampung (Sumber gambar ilustrasi: Unsplash/ Rudney Uezu)

4 Destinasi Wisata di Lampung yang Menarik Untuk Dieksplorasi

07 December 2022   |   13:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, Provinsi Lampung memiliki beragam destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para pelancong. Keindahan alam yang eksotis dan masih asri akan memberikan pengalaman wisata yang tidak akan terlupakan ketika mengeksplorasinya.

Provinsi Lampung terletak paling selatan Pulau Sumatra dan berbatasan laut dengan Pulau Jawa. Letaknya yang tidak jauh dari Pulau Jawa membuat para pelancong dapat dengan mudah mengjangkau daerah ini dengan menggunakan jalur darat, dan kemudian memanfaatkan layanan penyeberangan di Pelabuhan Merak, Banten menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Baca juga: Lagi Tren, Yuk Cobain Sensasi Wisata Budaya saat Liburan

Sementara itu, pelancong yang berasal dari daerah lainnya pun dapat dengan mudah mencapai tempat ini dengan menggunakan moda transportasi pesawat untuk kemudian menikmati beragam tempat wisata yang tersedia.

Berikut tempat-tempat wisata yang ada di Provinsi Lampung yang dapat menjadi tempat bagi kalian untuk menghabiskan liburan dilansir dari berbagai sumber.


1. Teluk Kiluan

Jika kalian ingin menikmati keindahan pantai dengan pasir putih, birunya laut, lumba-lumba yang hidup di laut, penyu hijau, dan penyu sisik, Teluk Kiluan bisa menjadi pilihan.

Di tempat ini, kalian dapat menjumpai lumba-lumba yang berenang bebas secara berkelompok di antara ombak. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut di teluk ini dengan berenang atau snorkeling di lepas pantai.

Para pelancong bahkan bisa menikmati dan mengamati penyu yang hendak bertelur pada malam hari jika beruntung atau menyaksikan tukik melakukan perjalanan ke laut. Teluk Kiluan berada di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Tempat ini memiliki jarak tempuh sekitar 80 kilometer dari Kota Bandar Lampung.


2. Pulau Pahawang

Tempat lainnya yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Lampung adalah Pulau Pahawang. Pulau ini sangat terkenal di kalangan para pelancong, baik di dalam maupun luar negeri karena keindahan alam bawah lautnya.

Selain Teluk Kiluan, Pulau Pahawang juga bisa menjadi tujuan bagi kalian yang ingin melakukan aktivitas menyelam atau snorkeling. Selain beragam ikan yang cantik, pelancong juga dapat menikmati keindahan terumbu karang di pulau ini.


3. Pantai Gigi Hiu

Destinasi wisata lainnya yang dapat dikunjungi oleh para pelancong di Provinsi Lampung adalah Pantai Gigi Hiu. Pantai yang terletak di Desa Pegadungan, Kabupaten Tanggamus, ini memiliki hamparan batu-batuan runcing menjulang ke atas layaknya gigi hiu.

Selain Pantai Gigi Hiu, pantai ini juga disebut dengan Pantai Pegadungan, Batu Layar, atau Karang Pegadungan. Pantai ini menyajikan pemandangan menawan dari susunan batu-batu berpadu dengan deburan air laut. Tidak hanya itu, sinar matahari yang akan tenggelam juga membentuk panorama yang tidak boleh dilewatkan saat melewati batu-batuan itu.


4. Air Terjun Ciupang

Tempat wisata lainnya yang wajib masuk dalam daftar saat berkunjung ke Provinsi Lampung adalah Air Terjun Ciupang. Di tempat ini, kalian dapat menikmati sajian air terjun yang mengalir dari atas melalui susunan bebatuan didinding tebingnya.

Baca juga: Western Australia Tawarkan Wisata Unik untuk Para Traveler Indonesia

Pemandangan air yang terjun dari atas ke bawah ini dengan melewati bebatuan itu memberikan sensasi dan keindahan yang berbeda dengan air terjun pada umumnya yang langsung turun tanpa melewati bebatuan. Air terjun ini terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Setelah Gelombang PHK, Posisi Ini Paling Dicari Perusahaan

BERIKUTNYA

JobStreet Gelar Virtual Career Fair, Catat Tanggal & Cara Ikutnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: