Fashion Show oleh Batik Danar Hadi (Sumber gambar: Instagram/batikdanarhadi_id)

Batik Danar Hadi Siap Gelar Rangkaian Fashion Show dengan Tema Cita Loka, Catat Jadwal & Lokasinya

06 December 2022   |   16:42 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah vakum selama beberapa waktu akibat pandemi Covid-19 yang terjadi di dalam negeri, PT Batik Danar Hadi akan kembali menggelar pertunjukan fesyen (fashion show). Acara tersebut mengusung tema Cita Loka dan akan diselenggarakan pada 7 sampai 16 Desember 2022. 

Managing Director PT Batik Danar Hadi, Diana Santosa, mengatakan bahwa Cita Loka menjad tema dalam ajang fashion show lantaran punya arti keanekaragaman motif batik dan wastra yang dimiliki perusahaan. Pada gelaran itu nantinya, koleksi Cita Loka akan menampilkan ragam motif mulai dari sekar jagad, pamiluto, tambal seribu, dan lain0lain. 

Motif-motif tersebut juga memiliki beragam pilihan warna seperti sogan, terracotta, merah bata, dan sebagainya. “Rangkaian acara fashion show kali ini merupakan momen kembalinya batik Danar Hadi setelah vakum selama periode pandemi lalu,” katanya.

Baca jugaIndonesia Fashion Chamber Bakal Gelar Acara Spotlight, Dukung Wastra Jadi Tren Fesyen Dunia

Dia menambahkan rangkaian fashion show Cita Loka akan diadakan di Solo, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. Rinciannya di Solo akan digelar pada 7 Desember di Rumah Batik Danar Hadi Radjiman, di Rumah Batik Danar Hadi Surabaya pada 8 Desember, di Rumah Batik Danar Hadi Bandung pada 13 Desember. 

Selain itu, pada 16 Desember 2022 Danar Hadi juga akan menyelenggarakan fashion show di Rumah Batik Danar Hadi Semarang dan Rumah Batik Danar Hadi Malioboro. Diana menuturkan bahwa mereka terus berupaya melestarikan motif tradisional Solo sebagai motif batik asli, dengan melakukan modifikasi dan pengembangan motif. 

Tidak hanya itu, perusahaan juga memiliki resep racikan tersendiri dalam proses dasar pembuatan malam, pewarnaan soga, serta detail motif. “Sebagai keunggulan batik Danar Hadi yang bisa menciptakan motif batik  bernilai seni tinggi,” katanya. 
 

Saat ini, perusahaan memiliki toko luring di beberapa kota besar. Ada juga toko daring yang bisa menjadi tempat bagi konsumen untuk membeli batik dari Danar Hadi secara online. Dalam proses pemasaran, perusahaan juga telah memanfaatkan beberapa platform media sosial. Selain itu, perluasan pemasaran dilakukan dengan hadir di sejumlah department store

Untuk diketahui, Batik Danar Hadi berdiri sejak 1967. Perusahaan ini memiliki tiga lini produk, yakni Danar by DanarHadi, koleksi eksklusif, dan koleksi basic untuk pria, wanita dan anak-anak.  Tidak hanya menawarkan koleksi busana dan kain batik, Batik Danar Hadi juga memperluas portfolio bisnis dengan menjual beragam koleksi furniture dan piranti griya berbahan dasar batik serta beragam properti.

Properti itu seperti House of Danar Hadi yang merupakan kawasan wisata terpadu yang terdiri dari Museum Batik Danar Hadi, Ndalem Woeryoningratan, serta Restoran Soga yang terletak di Solo. Kemudian, perusahaan juga mengembangkan dua hotel di Jakarta dengan nama Sampit Residence dan POP Hotels Tebet.

Baca jugaKarya ISWI Fashion Academy Bakal Mejeng di Thailand Fashion Week Spring-Summer 2023 

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rahasia Si Kaya yang Makin Kaya

BERIKUTNYA

5 Persiapan Penting Sebelum Mencoba Lari Trail

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: