Timnas Brasil (Sumber gambar: instagram.com/cbf_futebol/lucasfigfoto)

Sejarah dan Fakta Pertemuan Brasil vs Kamerun

02 December 2022   |   20:27 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Like
Timnas Brasil akan berhadapan dengan Timnas Kamerun dalam putaran terakhir Grup G Piala Dunia 2022. Kedua tim akan bertanding di Lusail Iconis Stadium, Qatar, pada Sabtu (1/12/2022), pukul 02.00 WIB. Pertandingan diprediksi berjalan seru karena kedua tim sama-sama memiliki ambisi kuat.

Di atas kertas, Brasil sangat diunggulkan dalam pertandingan ini. Tim berjuluk Selecao itu kini jadi negara dengan tim sepak bola paling kuat di dunia. Dilihat dari ranking FIFA, Brasil memiliki 1841.3 poin yang membuat mereka berada di posisi pertama dunia.

Hal itu berbanding terbalik dengan Timnas Kamerun. Tim dari benua Afrika itu hanya mengoleksi 1471.44 poin. Berdasarkan ranking FIFA, Kamerun kini ada di peringkat 43.

Meski bak bumi dan langit, kedua tim diprediksi akan bermain total dalam laga terakhir babak fase grup. Di pertandingan ini, kemenangan sangat berarti bagi kedua tim.

Baca jugaDaftar Lengkap Juara Piala Dunia dalam Sejarah, Brasil Paling Banyak Angkat Trofi

Timnas Kamerun tidak punya pilihan lain selain harus menang melawan Brasil pada pertandingan nanti malam. Sebab, dengan kemenangan, peluang Kamerun untuk lolos babak 16 besar jadi terbuka.

Meskipun demikian, Kamerun masih harus menunggu hasil pertandingan lain antara Serbia vs Swiss. Pada pertandingan tersebut, Serbia harus mampu mengalahkan Swiss atau setidaknya laga berakhir imbang. Sebab, jika Swiss menang, Kamerun dipastikan tidak lolos ke babak 16 besar.

Di sisi lain, Brasil yang kini berada di puncak klasemen juga tak ingin main-main pada pertandingan ini. Mereka tetap mengincar kemenangan demi mengakhiri laga sebagai jawara grup.


 

Kemenangan Brasil juga akan memperpanjang rekor tak terkalahkan Brasil yang bombastis. Melansir dari laman FIFA, Brasil tercatat belum pernah terkalahkan dalam 17 pertandingan yang mereka lakoni di babak fase grup.

Kekalahan terakhir Selecao pada babak fase grup terjadi pada Piala Dunia 1998. Rekor panjang itu tentu ingin dilanggengkan Brasil pada pertandingan pamungkasnya di Grup G ini.


Ujian Berat Kamerun

Timnas Brasil diprediksi tampil tanpa Neymar yang masih dalam proses pemulihan. Namun, Brasil adalah tim kuat. Tanpa Neymar, mereka tetap jadi tim tangguh yang sulit dikalahkan.

Bagi Kamerun, menghadapi Brasil adalah ujian berat. Mereka harus mengalahkan ranking 1 dunia agar lolos ke babak 16 besar. Ujian yang begitu sulit, tetapi bukan hal yang mustahil. Sebab, kejutan-kejutan yang menghebohkan kerap terjadi dalam laga-laga krusial seperti ini.

Namun, jika berbicara rekor pertemuan, Kamerun perlu berjuang ekstra keras agar bisa menang melawan Brasil. Kedua tim ini tercatat sudah 6 kali bertemu di berbagai ajang kompetisi.

Dalam 6 kali pertemuan tersebut, 5 diantaranya dimenangkan Brasil. Kamerun hanya mampu satu kali menang saja.

Pertemuan terakhir kedua tim di Piala Dunia terjadi pada 2014. Saat ini, Brasil berhasil mencundangi Kamerun dengan skor telak 4-1. Keduanya juga sempat bertemu lagi dalam pertandingan persahabatan pada 2018.

Tak jauh berbeda, Brasil masih memenangkan pertandingan tersebut. Namun, Kamerun  bisa bernapas lega karena hanya kalah dengan skor 1-0.

Baca jugaJadwal Pertandingan 16 Besar Piala Dunia 2022, Dibuka dengan Laga Belanda vs Amerika Serikat

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Paramount Pictures Rilis Trailer Transformers: Rise of the Beasts, Simak Sejumlah Fakta Menariknya

BERIKUTNYA

Yuk Simak Cara Membuat Kondisi Finansial Tetap Sehat & Ideal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: