Zenly (Sumber gambar: Twitter.com/Zenly)

Aplikasi Berbagi Lokasi Zenly Tutup Februari 2023, Begini Cara Unduh Data Pengguna

05 December 2022   |   19:06 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kurang dari 3 bulan ke depan, aplikasi berbagi lokasi Zenly akan tutup permanen. Meski aplikasi ini tengah populer digunakan masyarakat, pengembang justru harus mengakhiri usaha mereka pada awal tahun nanti. Pengumuman tersebut disampaikan melalui akun Twitter resmi baru-baru ini.

Zenly merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna melacak lokasi teman, kekasih, atau keluarga, dengan mudah. Pengguna bisa memantau pergerakan mereka dari satu tempat ke tempat lain. Namun, kini melalui akun resminya, mereka berpamitan kepada para pengguna setia aplikasi berbagi lokasi tersebut. Ucapan selamat tinggal dan bentuk hati mereka sematkan pada gambar yang diunggah di Twitter.

“Untuk semua pengguna, Zenly akan berhenti menyediakan layanan pada 3 Februari 2023. Kami mengucapkan selamat tinggal kepada semua pengguna pada jadwal di atas. Zenly selalu mencintai pengguna,” cuit tim Zenly di media sosial resminya.

Baca juga4 Aplikasi Media Sosial Pengganti Twitter, dari Mastodon hingga Bluesky

Meskipun demikian, pengguna setia Zenly tak perlu khawatir berlebi. Pasalnya, mereka masih bisa menikmati layanan serupa di aplikasi sejenis Snap Chat yang memiliki fitur yang disebut Snap Map. Pengguna akan dapat melihat peta unik dengan pop up yang imut.

Saat ini, bio Twitter Zenly sudah berubah dan menegaskan kembali bahwa mereka akan berpisah dengan pengguna pada 3 Februari 2023. Tak jauh berbeda, situs komunitas mereka juga dipenuhi dengan latar belakang hitam. Di halaman pembuka, terdapat tulisan “sudah waktunya pamit” yang lagi-lagi penanda perpisahan mereka dengan pengguna sudah makin dekat.

Tak lupa, ada lambing hati yang patah dan emotikon sedih yang menghiasi kalimat tersebut. Dalam laman komunitas tersebut, Zenly sedikit terbuka soal alasaan mereka menutup perusahannya pada awal tahun depan. Keputusan pamit dari Zenly berkaitan dengan kondisi ekonomi perusahaan.

“Iklim ekonomi saat ini menyulitkan Zenly untuk mempertahankan operasinya. Kami senang kamu menikmati Zenly, untuk mengirim spam emoji ke teman saat bepergian, mengirimkan apa yang terjadi pada saat yang tepat, bergabung dengan teman ketika mereka bersama. Akan tetapi, sudah waktunya bagi kami untuk mengucapkan selamat tinggal,” ucap Zenly.
 

Cara Mengunduh Data Pengguna

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by zenly (@zenlyapp)


Zenly memutuskan untuk menghapus semua data pengguna jelang rencana penutupannya. Mereka mengatakan pada akhir periode 60 hari ditutupnya Zenly, semua data akan dihapus secara otomatis. Zenly tidak berencana untuk menyimpan data pengguna setelah mereka tutup.

Jika data itu berguna untuk kamu, sebaiknya segera mengunduh data tersebut sebelum mereka mematikan aplikasinya secara penuh. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengunduh data di Zenly. Kamu bisa membuka aplikasi Zenly, lalu masuk ke bagian pengaturan.

Carilah opsi “butuh bantuan”, lalu tekan “kirim permintaan”. Dengan cara ini, Zenly bakal tahu bahwa penggunanya membutuhkan data tersebut.

Zenly berjanji akan memproses dan mempersiapkan setiap data yang dibutuhkan pengguna. Mereka akan segera menghubungi pengguna setelah data yang dibutuhkan lengkap. Zenly juga akan memberikan panduan lengkap agar pengguna bisa mengakses data yang dibutuhkan tersebut dengan aman. 

Baca juga5 Aplikasi Pembuat Musik Digital Terbaik, Cocok untuk Pemula

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek 5 Bahan Alami buat Mengempaskan Kulit Berminyak & Berjerawat

BERIKUTNYA

Red Balloon hingga Skip Dating, Intip 5 Rekomendasi Tayangan Serial Viu Desember 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: