Beragam larangan ada di Qatar dan tidak boleh dilanggar oleh pelancong (Sumber gambar ilustrasi: pexel/Sajjad Naqvi)

Mau Jalan-jalan ke Qatar? Perhatikan Aturan yang Tidak Boleh Dilanggar di Negara Kaya Ini

05 December 2022   |   16:46 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Qatar menjadi negara yang saat ini paling mendapatkan perhatian dari seluruh dunia seiring dengan terselenggaranya ajang Piala Dunia 2022. Ajang yang berlangsung sampai dengan 18 Desember 2022 ini pun membuka mata masyarakat tentang keindahan Qatar, dan ingin berkunjung ke negara tersebut.

Bagi kalian yang hendak berkunjung atau berwisata ke Qatar, jangan lupa untuk mempersiapkan segala hal, seperti tiket, akomodasi, uang yang cukup, dan sebagainya. Di antara persiapan itu, pengetahuan tentang larangan di Qatar juga sangat penting untuk diketahui agar liburan tidak menjadi malapetaka.

Baca jugaCek Aturan 'Tidak Biasa' Seputar Piala Dunia 2022 Qatar

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah larangan yang tidak boleh dilakukan oleh para pelancong ketika berkunjung ke Qatar.
 

1. Fotografi atau Media

Berfoto atau merekam video momen di tempat tujuan wisata adalah sesuatu yang biasa atau bahkan harus dilakukan oleh para pelancong. Tujuannya adalah untuk mengabadikan kunjungan ke tempat tersebut jika suatu saat kalian merasa kangen dengan tempat yang dikunjungi karena keindahannya.

Di Qatar terdapat beberapa area sensitif yang tidak boleh difoto atau direkam. Biasanya terkait dengan keagamaan, militer, atau konstruksi. Beberapa pelancong bahkan harus berurusan dengan hukum terkait hal ini.

Jadi, sebagai saran, tidak ada salahnya jika kalian bertanya terlebih dahulu atau meminta izin sebelum mengabadikan momen ketika berada di Qatar. Di negara ini terdapat aturan yang ketat tentang memposting materi termasuk video dan foto secara daring yang terlihat menghina, memfitnah, atau tidak sensitif secara budaya.


2. Hubungan di luar nikah & Bermesraan di Depan Umum

Qatar adalah negara Islam yang memiliki hukum dan kebiasaan yang mencerminkannya sebagai negara Islam. Jadi, jangan pernah untuk menunjukkan keintiman atau bermesraan di depan umum karena dapat berujung pada penangkapan.

Tidak hanya itu, kalian juga tidak boleh hidup bersama jika belum menikah dan melakukan hubungan seks di luar nikah ketika berada di Qatar, baik itu sesama jenis atau lawan jenis. Para pelancong dapat menghadapi denda, hukuman penjara, dan deportasi ketika hukuman selesai.


3. Berbusana Terbuka

Ketika kalian mengunjungi Qatar, berpakaian dengan sopan di depan umum adalah sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar – termasuk saat kaliah harus mengemudikan kendaraan. Pakaian yang dikenakan oleh perempuan harus menutupi bahu dan tidak menggunakan rok pendek.

Pelancong pria dan wanita disarankan tidak memakai celana pendek atau atasan tanpa lengan saat bepergian ke gedung pemerintahan, fasilitas kesehatan, atau mal. Pelancong bisa saja mengalami pengusiran jika menggunakan pakaian tersebut.


4. Menggunakan Narkoba

Negara ini tidak memberikan toleransi pelanggaran hukum terkait dengan Narkotika dan Obat-obatan terlarang (Narkoba). Pengguna, penjual, penyelundup, dan memiliki narkoba akan mendapatkan sanksi berat, seperti penjara yang sangat panjang, denda yang besar, dan deportasi.

Jika kalian menggunakan obat-obatan yang didapat dari dokter, pastikan untuk membawa resep resmi tersebut, catatan rumah sakit, atau surat dokter yang memberikan keterangan rinci tentang obat, jumlah, dan dosis.

Beberapa pelancong bahkan harus ditangkap ketika didapati terdapat obat-obatan biasa saat di bandara lantaran mengandung zat yang dikendalikan di Qatar.


5. Meminum Alkohol

Larangan lainnya yang tidak boleh dilakukan oleh para pelancong di Qatar adalah meminum alkohol di depan umum. Jika ingin meminum alkohol, pelancong bisa pergi ke restoran dan bar hotel yang memiliki izin menjual alkohol.

Selain itu, kalian juga jangan pernah membawa alkohol ke mana pun. Usia untuk minum alkohol secara legal di Qatar adalah 21 tahun, dan tempat yang menyajikan alkohol akan meminta identitas berfoto asli saat masuk.


6. Perilaku Ofensif

Saat kalian berkunjung ke Qatar dan merasa kesal, bersabarlah. Tarik nafas dalam-dalam dan buang secara perlahan untuk meredam emosi karena emosi akan mendatangkan kerugian dibandingkan dengan keuntungan. Kalian sebaiknya tidak mengumpat atau membuat isyarat yang kasar saat di Qatar karena kalian dapat dipenjara atau bahkan dideportasi.

Baca juga5 Destinasi Wisata Sejarah di Qatar, Ada Souq Waqif & Situs Arkeologi Murwab

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Sejarah Pertemuan Korsel vs Brasil, Selecao Dominasi Kemenangan Telak

BERIKUTNYA

Refleksi Sosial Seniman Naufal Abshar dalam Pameran Flash, Pow, Bham!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: