Beragam galeri seni ada di Qatar, dan dapat menjadi destinasi wisata (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/ Yan Krukov)

Selain Stadion, Qatar Memiliki Sejumlah Galeri Seni yang Menarik untuk Didatangi

12 November 2022   |   19:24 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang olahraga sepak bola terbesar di dunia, yakni Piala Dunia sebentar lagi berlangsung di Qatar. Jika kalian berencana terbang ke negara tersebut untuk menyaksikan pertandingan sepak bola, tak ada salahnya juga untuk mengangendakan mampir ke berbagai galeri seni di sana. 
 
Kalian dapat menikmati pengalaman yang mungkin belum pernah dialami saat melihat sejumlah karya dari seniman di Qatar. Karya-karya mereka dapat menambah pengalaman dan pengetahuan kalian tentang karya seni dari negara ini.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Ini Menarik & Layak Dikunjungi Ketika Berlibur ke Qatar
 
Tidak hanya itu, jika tertarik dengan koleksi karya seni yang ada, kalian bisa mengoleksinya dan menambah daftar koleksi karya seni yang mungkin ada di dalam rumah.
 
Berikut sejumlah galeri seni yang ada di Qatar yang bisa kalian kunjungi saat tidak ada jadwal pertandingan Piala Dunia ketika kalian ke sana.
 

Fire Statioin Artist in Residence

 Dilansir dari laman resminya, Fire Station adalah ruang seni kontemporer yang berkomitmen untuk mendukung seniman dan kurator melalui program residensi, serta melibatkan komunitas lokal di Qatar melalui acara dan peluang, termasuk pameran dan program publik.
 
Ruang seni yang satu ini terdiri atas studio, woodhsop, dan laboratorium fabrikasi di samping Fire Station Cinema, Cafe 999, Cass Art, dan ruang galeri, yang mengadakan pameran seni lokal dan internasional.
 

Qatar Museum Gallery Al- Riwaq

 Galeri lainnya yang dapat kalian kunjungi ketika ke Qatar adalah Qatar Museum Gallery Al-Riwaq. Galeri ini adalah ruang pameran temporer yang disebut-sebut menjadi tuan rumah berbagai proyek ambisius yang menarik.
 
Jika Genhype ingin berkunjung ke Qatar Museum Gallery Al-Riwaq, posisi galeri ini terletak di dekat Museum of Islamic Art. Galeri ini kerap menampilkan seniman internasional, seperti Takashi Murakami.
 

Anima Gallery

 Galeri ini didirikan pada Maret 2012, dan mewakili seniman baru, pertengahan karir, dan mapan yang berkarya dengan berbagai gaya dan media. Di tempat ini, kalian akan menikmati karya-karya lukisan, patung, dan sebagainya. Setiap tahun, galeri yang memiliki fokus pada pameran dan konsultasi seni ini menyelenggarakan sebanyak lima pameran. Galeri ini menampilkan karya-karya kontemporer dari seniman lokal, regional, dan internasional.
 

Al Markhiya Gallery

Galeri lainnya yang dapat menjadi pilihan bagi Genhype ketika ke Qatar adalah Al Markhiya Gallery. Pengelola galeri ini mendirikan ruang pamer pertama pada 2008 di Souq Waquif. 

Kemudian, pada 2014 pindah ke Katara Art Center yang menjadi ruang pameran permanen. Pada September 2017, galeri membuka lokasi kedua yang bersebelahan dengan Doha Fire Station Studios.

Galeri ini mengubah karya yang dipamerkan setiap enam hingga delapan minggu. Sementara itu, galeri menyelenggarakan musim pameran dari September sampai dengan Mei. 

Dalam pembukaan pameran, biasanya sejumlah seniman yang akan memamerkan karya akan hadir dan menawarkan pada tamu dan klien untuk memiliki karyanya. 

Selama bulan-bulan musim panas al markhiya menampilkan karya dari koleksi permanen kami, dengan fokus tambahan pada artis yang ditampilkan pada musim sebelumnya.

Baca juga: Menengok Keunikan 8 Stadion yang Dipakai untuk Piala Dunia Qatar 2022

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Jelang Nataru 22.000 Tiket Kereta Api Ludes Terjual, Ini Rute Favoritnya

BERIKUTNYA

Penyandang Mata Juling Rentan Terhadap Berbagai Ancaman Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: