Timnas Brasil (Sumber gambar: instagram.com/cbf_futebol/lucasfigfoto)

Sejarah Pertemuan Korsel vs Brasil, Selecao Dominasi Kemenangan Telak

05 December 2022   |   17:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Timnas Brasil akan bertemu dengan Korea Selatan dalam babak 16 besar di Piala Dunia 2022. Kedua tim akan saling berebut tiket perempat final dalam laga di Stadion 974 yang dijadwalkan pada Selasa, 6 Desember 2022, pukul 02:00 WIB.

Selecao berhasil melaju ke 16 besar sebagai juara Grup G usai menang 2-0 atas Serbia dan 1-0 atas Swiss. Meski sempat menang kalah 0-1 saat melawan Kamerun di laga terakhir, tapi mereka tetap berhasil lolos sebagai juara Grup G dengan menggondol enam poin.

Sementara itu Korea Selatan berhasil lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status runner up di Grup. Taeguk warrior menang secara telak saat melawan Portugal pada matchday ketiga dengan skor 2-1. Tak ayal kemenangan tersebut mengangkat pamor mereka di dunia.

Baca juga16 Besar Piala Dunia 2022, Cek 4 Fakta Pertemuan Brasil vs Korea Selatan
 
 


Dalam sejarahnya, Brasil dan Korea Selatan sebelumnya juga sudah bertemu pada Juni lalu, yakni dalam laga pemanasan menuju Piala Dunia Qatar. Dalam adu skil di lapangan hijau itu Tim samba berhasil mengobrak-abrik gawang Korsel dengan skor 5-1 lewat gol Neymar dan Richarlison.

Tak hanya itu, dalam laga persahabtan antar kedua tim yang berlangsung sejak 1999, di tujuh pertemuan terakhir sebanyak 6 laga berhasil dimenangkan Brasil dengan total berhasil membobol gawang Korea Selatan sebanyak 16 gol. Hanya sekali saja Taeguk Warrior berhasil menang dengan skor 1-0 pada tahun 1999. 

Kini, setelah dua dekade berlalu kedua tim akan bertemu dalam ajang resmi. Meski tim asuhan Paula Bento ini berhasil memberikan permainan apik saat menggulung Portugal dengan skor 2-1 tapi di hadapan Tim Samba dan atas kertas mereka adalah medioker. Kendati begitu bola selalu bulat, dan keajaiiban bisa saja terjadi di atas lapangan.

Korsel mungkin diuntungkan karena beberapa pemain Brasil yang mengalami cedera. Tapi timnas yang sudah lima kali memboyong trophy Piala Dunia itu tetap saja tidak bisa dianggap remeh. Sebab salah satu pemain ulung mereka, Neymar dikabarkan sudah sembuh, dan bisa kembali berlaga di lapangan hijau. Hal ini tentunya jadi kewaspadaan sendiri buat Korsel.

Berikut catatan head to head Brasil vs Korea Selatan sepanjang sejarah pertemuan keduanya dari tahun 1999:
  • Korea Selatan 1-5 Brasil, 2 Juni 2022 (Pertandingan Persahabatan)
  • Korea Selatan 0-1 Brasil, 19 November 2019 (Pertandingan Persahabatan)
  • Korea Selatan 0-2 Brasil, 12 Oktber 2013 (Pertandingan Persahabatan)
  • Korea Selatan 2-3 Brasil, 20 November 2002 (Pertandingan Persahabatan)
  • Korea Selatan 1-0 Brasil, 28 Maret 1999 (Pertandingan Persahabatan).

Baca jugaDelapan Menit Paling Menegangkan Untuk Korea Selatan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Bawa Nama Panggung Nang Buju, Ravi Agustiana Rilis Single Debut 'Bersamamu Aku Cukup'

BERIKUTNYA

Mau Jalan-jalan ke Qatar? Perhatikan Aturan yang Tidak Boleh Dilanggar di Negara Kaya Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: