Lionel Messi (Sumber gambar: tangkapan layar FIFA)

Cek Fakta & Rekor Sejarah Pertandingan Argentina vs Australia 

03 December 2022   |   17:44 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Timnas Argentina bakal menghadapi Timnas Australia pada babak 16 besar Piala Dunia 2022. Australia yang menempati posisi runner up Grup D akan mengadu skill dengan Argentina sebagai juara Grup C di Stadion Ahmad Bin Ali, pada Minggu 4 Desember 2022, pukul 02.00 WIB.

Di atas kertas, sebagai juara Grup C, La Albiceleste tentunya lebih unggul dari Australia, tapi mereka tidak boleh menganggap sepele tim Socceroos yang selalu pantang menyerah untuk mencapai babak perempat final Piala Dunia 2022.

Baca juga: 5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Sejauh ini La Albiceleste berhasil mencetak lima gol dan kebobolan dua gol selama babak penyisihan grup. Adapun Australia, meski menyandang status peringkat dua tapi memiliki catatan produktivitas yang buruk. Tim asuhan Graham Arold ini tercatat baru mencetak tiga gol, dan kebobolan empat gol sepanjang babak penyisihan.

Berikut fakta menarik mengenai pertandingan Argentina melawan Australia pada babak 16 Besar Piala dunia 2022:

Jadi Laga Sengit
Laga pertandingan Argentina Vs Australia akan menjadi laga sengit yang menguji kelayakan kedua timnas untuk tampil di babak 16 besar. Pasalnya kedua tim sama-sama menelan pil pahit kekalahan di ajang pembukaan Piala Dunia 2022.

La Albiceleste sempat tumbang 1-2 saat melawan tuan rumah Arab Saudi, sementara itu Socceroos juga menelan kekalahan saat digukung habis-habisan oleh juara bertahan, Prancis dengan skor 4-1 atas kemenangan Les Blues.

Head to Head setelah 15 Tahun
Adu ketangkasan di lapangan hijau kali ini juga bakal menjadi momen head to head antara La Albiceleste melawan tim Socceroos setelah lima belas tahun lamanya di mana  pada 2007 dalam laga persahabatan. Pada pertemuan itu Argentina berhasil menyarangkan 1 gol lewat tendangan Martin Demichelis dengan skor telak 1-0.

Laga Terakhir Didominasi Argentina
Dari 7 pertemuan sebelumnya, Argentina juga berhasil mendominasi kemenangan dengan total 5 kemenangan, seri satu kali dan kemenangan di tangan Australia sekali. Dari 7 laga itu hanya 3 laga yang terjadi di pertandingan resmi, di mana Argentina tak terkalahkan dengan catatan 2 kemenangan, dan 1 satu kali imbang.

Hasil itu terjadi dalam laga Play-off Piala Dunia 1993, saat Australia menahan imbang Argentina 1-1 di Sidney. Lalu saat laga kembali dimainkan di Buenos Aires dengan kemenangan Argentina 1-0 akibat gol bunuh diri Alex Tobin.

Satu laga lain terjadi pada ajang konfederasi 2005. Saat itu Argentina berhasil menang 4-2 lewat goal hattrick Luciano Figueroa dan Roman Riquelme. Adapun, gol Australia diborong oleh John Aloisi.

Catatan Pencapaian di Piala Dunia
Timnas Albiceleste diketahui telah berhasil mengangkat trofi Piala Dunia sebanyak dua kali. Tim ini pertama kali menjadi juara dunia pada 1978. Kemudian, Argentina kembali menjadi juara di ajang empat tahunan ini pada 1986.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Sejarah di Qatar, Ada Souq Waqif & Situs Arkeologi Murwab

Sementara itu tim Socceroos belum pernah sekalipun menjuarai Piala Dunia. Pencapaian terbaik tim ini juga terjadi pada babak 16 Besar Piala Dunia pada 2006.

Meski pada akhirnya Australia keok atas Italia dari hasil gol penalti Francesco Totti dengan skor 1-0. Dalam tiga edisi terakhir Piala Dunia, langkah Socceroos juga selalu terhenti di babak penyisihan grup.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Lu’miere, Tempat Nongkrong & Kulineran Milik Anang Ashanty Hadir di Bekasi

BERIKUTNYA

Pemain Sepak Bola Korea Selatan Cho Gue-Sung Jadi Idola Baru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: