Timnas Belgia (Sumber gambar: Instagram.com/belgianreddevils)

Sejarah Pertemuan Kroasia vs Belgia, Laga Panas Grup F

01 December 2022   |   20:06 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Laga panas akan terjadi di Grup F Piala Dunia 2022. Timnas Kroasia akan berhadapan dengan Timnas Belgia dalam laga pamungkas Grup F. Pertandingan antarnegara Eropa ini diprediksi berlangsung panas karena hasil pertandingan akan menentukan siapa yang berhak lolos ke babak 16 besar.

Dua tim yang sama-sama kuat ini bakal bertemu nanti malam, pukul 22.00 WIB, di Ahmad bin Ali Stadium, Qatar. Posisi kedua tim ini terbilang cukup abu-abu. Semua tim memiliki kemungkinan lolos dan tidak lolos secara seimbang.

Persaingan Grup F memang cukup berat. Saat ini Kroasia berada di urutan pertama dengan perolehan 4 poin. Di posisi kedua, ada Maroko yang menempel dengan jumlah poin serupa, tetapi masih kalah dalam produktivitas gol.

Baca jugaPertama Kalinya, Pertandingan Piala Dunia Pria Akan Dipimpin oleh Wanita

Di peringkat ketiga, Belgia berdiri tegak dengan jumlah 3 poin. Di Grup F, praktis hanya Kanada yang dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar karena masih belum mendapatkan poin.

Oleh karena itu, pertandingan terakhir di Grup F sangat menentukan 3 tim. Namun, Kroasia cukup diuntungkan karena kini masih menempati posisi teratas Grup F.
 

Kroasia hanya membutuhkan hasil imbang untuk mengamankan tiket 16 besar. Hasil imbang akan membuat Kroasia otomatis lolos dan tidak perlu memikirkan hasil pertandingan lain.

Di sisi lain, Belgia tak ingin Kroasia menang mudah. Belgia butuh kemenangan agar mereka bisa lolos ke babak 16 besar. Jika Belgia hanya meraih hasil imbang dengan Kroasia, nasib mereka masih ditentukan oleh pertandingan lain. Jika Maroko menang atau imbang dengan Kanada di partai lain, otomatis Belgia terpaksa angkat koper terlebih dahulu.


Sejarah Pertemuan Kroasia vs Belgia


Sebagai sesama negara Eropa, Kroasia dan Belgia cukup sering bertemu. Mereka kerap berhadapan di ajang kualifikasi Piala Dunia atau pun kualifikasi Euro. Beberapa kali, keduanya juga bertemu dalam laga persahabatan.

Dalam 8 laga yang pernah dimainkannya, laga Kroasia dan Belgia kerap berjalan sengit. Dalam 8 pertandingan tersebut, Kroasia berhasil mengalahkan Belgia sebanyak 3 kali. Namun, Belgia juga sudah pernah mengalahkan Kroasia sebanyak 3 kali juga. Adapun 2 laga sisanya berakhir dengan hasil seri.

Baca jugaPertama Kali dalam 36 Tahun, Polandia Tembus 16 Besar Piala Dunia

Namun, dalam 3 pertemuan terakhir, Belgia tampaknya masih punya taji. Pertemuan pada tahun 2012, yakni saat kualifikasi Piala Dunia, Belgia dan Kroasia bermain imbang dengan skor 11.

Setahun setelahnya, keduanya juga kembali bertemu dalam laga kualifikasi Piala Dunia. Pertandingan yang terjadi pada tahun 2013 itu dimenangkan oleh Belgia dengan skor 2-1.
 

Laga terakhir keduanya terjadi pada 2021. Dalam laga persahabatan tersebut, Belgia kembali meraih kemenangan dengan skor 1-0. Praktis, dalam 3 pertandingan terakhir, Belgia berhasil meraih 2 kemenangan dan 1 hasil imbang.

Meskipun demikian, pertandingan Piala Dunia selalu memiliki kejutannya sendiri. Hasil di lapangan kerap berkebalikan dari catatan pertandingan. Kedua tim juga kini memiliki skuad yang berisi bintang-bintang top Eropa.

Kroasia akan banyak mengandalkan Luka Modric, Ivan Perisic, Mateo Kovacic, dan lainnya. Adapun Belgia juga memiliki pemain-pemain top, seperto Eden Hazard, Kevin de Bruyne, Romelu Lukaku, dan lainnya.

Baca jugaFinal Kepagian Tak Terjadi, Inggris Terhindar dari Belanda di 16 Besar Piala Dunia


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

Cicipi Yuk! Menu Spesial Martabak Lemonilo Mie Pedas Korea

BERIKUTNYA

Tahun Depan Disney+ Bakal Rilis Dokumenter Kpop, Ada Super Junior & BTS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: