Argentina unggul 2 - 0 saat melawan Polandia di partai terakhir Piala Dunia 2022 (Sumber gambar: tangkapan layar laman FIFA)

Pertama Kali dalam 36 Tahun, Polandia Tembus 16 Besar Piala Dunia

01 December 2022   |   08:02 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Untuk pertama kalinya dalam 36 tahun atau sejak 1986, Polandia berhasil masuk babak 16 besar ajang Piala Dunia. Gol Arab Saudi ke gawang Meksiko di menit-menit akhir babak kedua memastikan asa mimpi Lewandowski dan kawan-kawan menjadi juara masih terjaga, dan masuk ke babak selanjutnya.

Dalam pertandingan melawan Argentina, Polandia kebobolan 2 gol. Bertanding di Stadion 974, tim nasional Polandia tidak mampu membalas satu gol pun sampai peluit babak kedua ditiup oleh wasit. Kekalahan itu membuat Polandia mengantongi nilai 4 dengan 1 kali kalah, 1 kali menang, dan 1 kali seri dalam tiga kali pertandingan.

Baca jugaSenegal, Belanda, Inggris dan AS Lolos 16 Besar Piala Dunia

Kekalahan dari Argentina ini pun membuat nasib tim nasional Polandia bergantung pada pertandingan antara Meksiko melawan Arab Saudi. Di pertandingan Grup C lainnya, tim nasional Meksiko berhasil menyarangkan dua gol ke gawang Arab Saudi di pertandingan terakhir melalui Henry Martin pada menit ke-47 dan Luis Gerardo Chavez pada menit ke 52.

Meksiko yang memiliki poin 1 membutuhkan kemenangan untuk lolos ke babak 16 besar. Namun, perlu menang dengan skor 3 – 0 mengingat gawang Meksiko sebelum bertanding dengan Arab Saudi sudah kebobolan 2 gol dan belum mencetak gol ke gawang lain atau -2.

Skor sementara 2-0 yang untuk Meksiko membuat selisih golnya menjadi 0 dengan 2 kali memasukkan bola ke gawang lain dan 2 kali kebobolan. Meksiko pun berusaha mencari gol ketiga dengan terus melakukan penyerangan.

Alih-alih menambah gol, gawang Meksiko kebobolan oleh Salem Al-Dawsari pada tambahan waktu babak kedua atau menit ke-95. Gol itu membuat skor akhir menjadi 2-1 untuk kemenangan Meksiko di parta terakhir dan membuatnya mengantongi nilai 4.

Meskipun menang dan mengantongi nilai 4, Meksiko tidak dapat melaju ke babak 16 besar menemani Argentina yang berhasil menang dari Polandia. Stastik tim nasional Meksiko tercatat menyarangkan 2 gol ke gawang lawan, dan 3 kali kebobolan. 
 

Grup D 

Di Grup D, Australia yang berhasil menang melawan Denmark di partai terakhir menemani Prancis dari grup ini ke babak 16 besar. Tim asuhan Graham Arnold itu unggul 1 – 0 saat melawan Denmark melalui gol Mathew Leckie pada menit ke-60.

Dengan kemenangan ini, Australia memiliki nilai 6, dan berada di posisi kedua klasemen dengan selisih gol -1. Sementara Tunisia yang berhasil menumbangkan Prancis di parta terakhir tetap tidak dapat lolos ke babak 16 besar lantaran hanya memiliki nilai 4 dengan satu kali menang, satu kali seri, dan satu kali kalah.

Sejauh ini, tim-tim yang lolos ke babak 16 besar adalah Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Argentina, Polandia, Prancis, Australia, Brasil, dan Portugal. Dengan begitu, babak 16 besar masih tersedia 6 slot lagi. Kemudian, negara-negara yang pasti tidak lolos babak selanjutnya adalah Ekuador, Qatar, Iran, Wales, Meksiko, dan Arab Saudi, Tunisia, Denmark, dan Kanada.

Baca jugaFinal Kepagian Tak Terjadi, Inggris Terhindar dari Belanda di 16 Besar Piala Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Menilik Kisah Prita Kemal Gani Sebagai Pendidik & Ibu Rumah Tangga

BERIKUTNYA

13 Film & Serial Global yang Diungkap di Ajang Disney Content Showcase APAC 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: