Podcast Rintik Sedu berhasil menduduki posisi teratas sebagai podcast Indonesia yang paling banyak didengarkan tahun ini

Podcast Rintik Sedu Duduki Posisi Puncak Spotify Wrapped 2022

01 December 2022   |   19:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Platform musik streaming Spotify akhirnya meluncurkan Spotify Wrapped yang memuat daftar lagu, album, dan podcast terpopuler pada 2022 setelah ditunggu-tunggu para pendengar. Tahun ini Spotify menampilkan kaleidoskop lebih dari 456 juta pendengar di seluruh dunia. 

Di Indonesia, Podcast Rintik Sedu berhasil menduduki posisi teratas sebagai podcast yang paling banyak didengarkan tahun ini. Bahkan podcast yang digawangi oleh Nadhifa Allya Tsana itu telah meraih pencapaian tersebut selama 3 tahun berturut-turut dari 2020 sampai 2022. 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rintik Sedu (@rintiksedu)



Selain itu, Rintik Sedu juga masuk ke dalam Daftar 20 Podcast Teratas secara Global tahun ini, berada di urutan ke-18. Melalui acaranya, Nadhifa memang menawarkan podcast dengan banyak episode  tentang kehidupan generasi Z yang banyak disukai generasi muda.

Tidak hanya itu, podcast audio drama "Kuas, Kanvas, dan Bulan Kesepian", acara Spotify Original hasil kolaborasi antara dirinya dan Spotify Studios juga terus mendapat banyak apresiasi dari para pendengar. Salah satu episodenya, 'lagi capek ya?', bahkan juga mendapatkan banyak perhatian dan menjadi episode podcast yang paling banyak didengarkan tahun ini di Indonesia. 

Baca juga: Rekap Spotify Wrapped Indonesia, Tulus Jadi Artis Paling Banyak Didengarkan pada 2022

Adapun, untuk podcast episode pertamanya yang bertajuk "Ep1: Halo, Aku Karin!" juga menempati posisi keempat dalam daftar episode podcast yang paling banyak didengarkan di Indonesia pada tahun ini.

“Tahun ini merupakan tahun yang luar biasa. Saya merasa terhormat dan bersyukur atas dukungan dan kesempatan  yang diberikan Spotify, sehingga dapat mengeksplorasi pembuatan konten untuk pendengar setia," ujar Tsana, kreator dari Rintik Sedu dalam siaran tertulis.

Selain Tsana, ada juga kreator perempuan lain yang membuat gebrakan di Wrapped tahun ini, yaitu Vania Winola dengan podcast-nya, little talks. Perempuan itu diketahui telah  membuat podcast sejak dia berusia lima belas tahun menggunakan Anchor, satu platform gratis yang disediakan Spotify.

Dengan lebih dari 90 episode, Vania merupakan kreator Spotify Exclusive termuda secara global. Dia juga menduduki peringkat kelima dalam daftar podcast teratas di Indonesia, setelah PODKESMAS, Do You See What I See?, dan AGAK LAEN!, yang masing-masing menempati posisi kedua hingga keempat. 

Banyaknya inovasi dalam dunia podcasting sepanjang 2022,  juga membuat Spotify meluncurkan episode podcast spesial akhir tahun yang menampilkan 8 episode video podcast dari AGAK LAEN! dan 12 episode video podcast dari Podcast ANCUR, BKR Brothers, Rapot, serta Cape Mikir with Jebung. 

Baca juga: Lagi Viral, Begini Cara Membuat Spotify Wrapped 2022

“Melalui Wrapped tahun ini, kami dapat dengan bangga mengatakan bahwa podcast telah masuk ke dalam hati para pendengar Spotify. Kami juga percaya bahwa industri podcast di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar,"  kata Carl Zuzarte, Head of Studios for Spotify, Southeast Asia. kata Carl Zuzarte, Head of Studios for Spotify, Southeast Asia. 

Tak hanya itu, mulai hari ini, pengguna Spotify yang memenuhi syarat juga dapat mengakses pengalaman Wrapped 2022 yang dipersonalisasi secara eksklusif di versi terbaru aplikasi ponsel Spotify (8.7.87 di iOS dan 8.7.86 di Android).


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Sederet Sineas Indonesia Hadiri Disney Content Showcase, Chelsea Islan hingga Refal Hady

BERIKUTNYA

Kenali Pentingnya Pengembangan EQ Saat Usia Emas Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: