Tampilan Spotify Wrapped (Sumber gambar : Spotify)

Lagi Viral, Begini Cara Membuat Spotify Wrapped 2022

01 December 2022   |   09:51 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Musik menjadi bagian hidup banyak orang. Mendengarkannya bisa membangkitkan mood atau suasana hati, meningkatkan semangat dalam berolahraga, menjadi medium untuk relaksasi, hingga penghantar tidur nyenyak di malam hari. Saat ini banyak platform untuk mendengarkan musik.

Salah satu yang populer yakni Spotify. Kamu bisa mendengarkan lagu hingga seluruh album dari musisi favorit di platform music streaming tersebut. Selain itu, ada juga siniar atau podcast yang jadi salah satu konten menarik untuk didengarkan, dengan ragam variasi kontennya. 

Selama setahun ini, mungkin sudah ribuan lagu atau ratusan konten podcast yang kamu dengarkan di platform tersebut. Untuk mengulas kembali apa saja yang didengarkan, kamu bisa menggunakan fitur Spotify Wrapped yang saat ini tengah viral di media sosial lho, Genhype

Baca jugaSpotify Luncurkan Fitur Folder, Bikin Koleksi Playlist Lagu Jadi Rapi

Spotify telah meluncurkan pengalaman Wrapped 2022 yang dipersonalisasi bagi pendengar di seluruh dunia. Wrapped menunjukkan kebiasaan unik dari 456 juta pengguna Spotify dalam mendengarkan audio. Mulai 1 Desember 2022, seluruh pengguna dapat mengakses pengalaman Wrapped 2022 personal mereka secara eksklusif melalui versi terbaru aplikasi Spotify (8.7.87 di iOS dan 8.7.86 di Android).

Spotify membuat Wrapped 2022 lebih dari sekadar daftar artis, genre, lagu, dan podcast teratas, serta ringkasan konten audio yang telah didengarkan. Mengusung tema bermain dan ekspresi diri, di tahun ini Spotify juga mengembangkan konten story berbasis data, serta playlist yang dikurasi secara khusus oleh tim editorial Spotify. 


Fitur & Update di Wrapped 2022

 

1. Your Listening Personality 

 

Tampilan fitur Spotify Wrapped)

Tampilan fitur Spotify Wrapped)

Ini adalah cara baru yang menarik dan menyenangkan bagi penggemar Spotify untuk mengetahui kepribadian mereka berdasarkan selera musik. Pendengar dapat mengetahui mereka termasuk ke dalam 1 dari 16 kepribadian Listening Personality, yang dibuat oleh perusahaan berdasarkan tren mendengarkan lagu para penggunanya sepanjang tahun ini. 


2. Audio Day

Audio Day merupakan fitur interaktif yang memberikan pendengar gambaran perkembangan selera musik mereka di sepanjang hari. Dari matahari terbit sampai tenggelam, lihatlah bagaimana kamu memulai hari dan menyambut malam. 
 

3. Terhubung dengan Artis & Kreator 

Selain playlist yang dipersonalisasi dan dikurasi oleh tim Editorial Spotify, Wrapped hub di dalam platform akan menampilkan merchandise dari artis yang paling banyak mereka dengarkan, serta informasi event berikutnya dari artis tersebut. Ini untuk memberikan pengalaman bagi pendengar seolah menyaksikan artis favorit mereka secara langsung.
 

4. Pesan musisi

Spotify memperluas Wrapped melalui pesan oleh lebih dari 40.000 musisi seperti Taylor Swift, Billie Eilish, J Balvin, Måneskin dan masih banyak lagi. Melalui Your Artist Messages, penggemar yang memenuhi syarat akan mendapatkan video berisi pesan terima kasih yang dipersonalisasi dari beberapa artis yang paling banyak mereka dengarkan di 2022. Pada setiap video, akan diputarkan juga lagu yang paling sering didengarkan dari musisi tersebut di tahun ini. 
 

5. Bagikan di luar Instagram

Kini kamu bisa membagikan hasil Wrapped di WhatsApp dan LINE, beserta GIF yang bertema Wrapped. Sekarang, kamu bisa bertukar hasil Wrapped lewat obrolan di chat dengan teman dan orang tersayang. Pengguna Snapchat dapat menggunakan lensa yang dipersonalisasi yang mencerminkan Listening Personality-nya dan menikmati apparel khusus bertema Wrapped untuk Bitmojis. 
 

6. Bawa Wrapped ke Metaverse

Untuk merayakan Wrapped dan musisi yang menemani setahun ini, Spotify akan take over Spotify Island dengan misi permainan, virtual merchandise dan photo booth dengan 12 musisi berbeda termasuk Bizarrap, Black Sherif, CRO, Doechii, Eslabon Armado, Miranda Lambert, NIKI, Stray Kids, SUNMI dan Tove Lo. 


7. Video Pemain Bola Favorit

Sebagai bagian dari kerjasama pertama antara Spotify dan klub sepak bola asal Spanyol, FC Barcelona, penggemar dapat menemukan video Wrapped 2022 dari beberapa pemain favorit mereka, seperti Robert Lewandowski, Alexia Putellas, Pedri, and Ansu Fati. 
 

Cara Membuat Spotify Wrapped 2022 

Nah, biar enggak ketinggalan tren, begini caranya untuk mengakses hasil Wrapped 2022 :
  • Masuk ke aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrapped 
  • Pilih spanduk “Your 2022 Wrapped” pada beranda aplikasi
  • Sebagai alternatif, ketik “Wrapped” pada bilah pencarian, dan Wrapped 2022 akan muncul di paling atas
  • Setelah masuk, pengguna akan menemukan konten story "Wrapped" mereka yang berisi informasi tentang pengalaman mendengarkan mereka yang unik, seperti artis teratas, lagu teratas, podcast teratas, genre, dan jumlah menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio sepanjang 2022.
  • Pengguna Spotify baik premium maupun non-premium dapat membagikan hasilnya kepada teman, keluarga, serta pengikut mereka melalui platform media sosial yang ada.
Baca jugaRayakan Ragam Musik Indonesia, Spotify Rangkul Musisi Lokal Lewat Tajuk Identitasku

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

BTS Borong Piala, Cek Daftar Lengkap Pemenangan MAMA Awards 2022

BERIKUTNYA

Equalize Jadi Tema Hari AIDS Sedunia 2022, Simak Sejarah & Data Kasus Terbaru Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: