Belanda & Inggris masing-masing menjuarai Grup A dan B (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Mike)

Senegal, Belanda, Inggris dan AS Lolos 16 Besar Piala Dunia

30 November 2022   |   09:52 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Pertandingan terakhir babak kualifikasi grup di Grup A dan B telah usai. Empat tim lainnya menyusul Brasil, Prancis, dan Portugal melaju ke babak 16 besar setelah berhasil menang di partai terakhir grup yang berlangsung pada 29 November 2022 waktu setempat.

Tim nasional Senegal dan Belanda menjadi tim dari Grup A yang menyusul tim yang sudah pasti lolos ke babak selanjutnya setelah masing-masing mengalahkan lawannya di partai terakhir babak kualifikasi grup.

Tim nasional Senegal berhasil masuk babak 16 besar setelah mengalahkan Ekuador di Stadion Internasional Khalifa. Senegal unggul dari Ekuador dengan skor 2-1 dalam pertandingan tersebut, dan membuatnya memiliki nilai 6 atau posisi kedua.

Dalam pertandingan itu, Senegal mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke-44. Ismaila Sarr menyarangkan bola ke gawang Ekuador melalui titik putih. Tidak ingin kalah, Ekuador kemudian membalasnya melalui Moises Caicedo pada menit ke-67, sehingga kedudukan imbang.

Tidak butuh waktu lama bagi Senegal untuk kembali unggul atas Ekuador. Pada menit ke-70, Kalidou Kaoulibaly berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Hasil 2-1 untuk Senegal pun bertahan sampai wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Senegal tercatat melepaskan 14 tembakan dengan 3 di antaranya berupa tembakan ke arah gawang sepanjang pertandingan. Sementara Ekuador hanya memiliki 9 tembakan dan 4 tembakan ke arah gawang.

Tim nasional Belanda adalah tim selanjutnya yang menyusul ke babak 16 besar setelah berhasil mengalahkan tim nasional tuan rumah dengan skor 2 – 0. Belanda berhasil menjuarai Grup A dengan nilai 7 dari 3 kali pertandingan.

Di pertandingan yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Cody Gakpo berhasil menyarangkan bola ke gawang Qatar pada menit ke-26. Kemudian, 23 menit berselang atau pada menit ke-49, Frenkie de Jong berhasil menambah keunggulan Belanda menjadi 2 gol. Skor 2 – 0 untuk kemenangan Belanda pun bertahan hingga babak kedua berakhir.

Di partai ini, Belanda tercatat menguasai pertandingan dengan 63 persen penguasaan bola, 13 tembakan dan 4 di antaranya mengarah ke gawang. Qatar yang sudah dipastikan tidak dapat lolos ke pertandingan selanjutnya hanya memiliki pengusaan bola sebesar 37 persen.

Sepanjang pertandingan, tim tuan rumah hanya mampu melepaskan 5 tembakan dan 3 tembakan yang mengarah ke gawang.

Sementara dari Grup B, tim yang masuk ke babak 16 besar adalah Inggris dan Amerika Serikat. Inggris mendapatkan tiket ke babak selanjutnya setelah berhasil mengalahkan tim nasional Wales dengan skor meyakinkan, yakni 3 gol tanpa balas.

Gol – gol Inggris dicetak oleh Marcus Rashford pada menit ke-50 dan 68 dan Phil Foden pada menit ke-51. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali tersebut mencatatkan dominasi Inggris dengan penguasaan bola sebesar 65 persen, 18 tembakan, dan 7 tembakan ke arah gawang.

Sementara itu, tim nasional Paman Sam berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah menang tipis dari Iran, yakni 1 – 0. Christian Pulisic berhasil membuat Amerika Serikat unggul pada menit ke-38. Keunggulan Amerika Serikat ini bertahan hingga babak kedua usai.

Baca juga5 Fakta Unik Qatar, Negara Timur Tengah Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Amerika Serikat memiliki penguasaan bola 51 persen, 12 tembakan, dan 5 tembakan ke arah gawang sepanjang pertandingan di Stadion Al Thumama.

 
1
2


SEBELUMNYA

Review Pertandingan Piala Dunia: Iran KO, AS Melaju ke 16 Besar Bertemu Belanda

BERIKUTNYA

Final Kepagian Tak Terjadi, Inggris Terhindar dari Belanda di 16 Besar Piala Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: