Ilustrasi WhatsApp. (Sumber gambar: Unsplash)

WhatsApp Luncurkan Fitur Message Yourself, Lebih Mudah Kirim Pesan ke Diri Sendiri

29 November 2022   |   20:30 WIB

Like
Selama ini, pengiriman pesan ke diri sendiri dilakukan dengan menggunakan metode manual seperti link wa.me yang disertakan dengan nomor telepon pribadi dengan kode negara. Alternatifnya, pengiriman pesan dilakukan dengan cara mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp milik pribadi yang sudah tidak aktif.

Namun, WhatsApp kini akan merilis fitur baru yang mempermudah pengiriman pesan ke diri sendiri dengan nama Message Yourself. Fitur ini dihadirkan dengan adanya fenomena mengirimkan pesan ke diri sendiri sebagai cara untuk menyimpan informasi dengan mudah bersamaan dengan percakapan Whatsapp lainnya.

Melansir TechCrunch, Selasa (29/11/2022), fitur ini akan hadir dengan ragam pilihan seperti catatan, pengingat, dan daftar atau list yang mempermudah pengguna dalam menulis hal yang diinginkan. Tidak hanya menulis catatan, fitur ini juga mendukung penyimpanan dokumen foto dan video.

Rencananya, Message Yourself resmi hadir untuk pengguna Whatsapp di sistem operasi Android maupun iOS dalam beberapa pekan ke depan. Namun, penyebarannya akan dilakukan secara bertahap bagi setiap pengguna.

Baca juga: WhatsApp Bakal Luncurkan Mode Companion, Bisa Login di Beberapa Handphone Sekaligus

Laporan dari WABetaInfo menyebutkan bahwa fitur ini telah diuji coba ke beberapa pengguna yang memiliki akses beta pada akhir Oktober 2022. Saat ini, fitur tersebut akan mulai bisa digunakan oleh pengguna Whatsapp di seluruh dunia.

Fitur ini akan diaplikasikan dengan kontak milik diri sendiri di halaman paling atas dari daftar kontak Whatsapp saat mereka membuat chat atau ruang obrolan baru. Nantinya, pengguna bisa menekan tombol kontak tersebut saat ingin mengirimkan pesan ke diri sendiri dengan profil yang tertera pada bagian atas daftar kontak.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan tombol Click to Chat yang ada pada aplikasi, di mana metode ini menjadi alternatif lain dari mengirimkan pesan ke diri sendiri. Metode lainnya adalah membuat grup Whatsapp yang awalnya diisi dengan beberapa orang dan kemudian dikeluarkan hingga menyisakan diri sendiri.

Untuk fitur Message Yourself ke depannya, metode ini akan menghilangkan metode manual dengan URL atau link wa.me yang selama ini sering digunakan dalam ponsel. Namun, fitur ini masih belum tersedia pada WhatsApp Web atau Whatsapp melalui desktop.

Selain mengirimkan pesan ke diri sendiri, fitur ini juga mempermudah catatan dengan membuat halaman obrolan bisa diletakkan di bagian atas daftar percakapan dalam platform tersebut.

Fitur ini bukanlah yang pertama untuk ranah platform obrolan daring. Beberapa aplikasi telah lebih dulu menghadirkan fitur serupa, misalnya Signal dengan Note to Self yang memiliki fungsi seperti Message Yourself. Namun, Note to Self memiliki pembeda pada fitur sematan di bagian atas daftar percakapan.

Ada juga Slack dengan Jot Something Down yang mempermudah pencatatan untuk diri sendiri dan Telegram dengan Saved Messages yang menyimpan pesan-pesan sebagai catatan dan pengingat yang bisa diakses pada masa yang akan datang.

Sementara itu, fitur ini merupakan fitur terbaru yang dihadirkan setelah fitur Community untuk mempermudah komunikasi dengan orang-orang yang sudah dikelompokkan berdasarkan preferensi pengguna. Fitur ini diumumkan pada awal November 2022.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
SEBELUMNYA

Selain First Love, Ini 5 Serial Drama Jepang yang Wajib Ditonton 

BERIKUTNYA

4 Fakta Unik Luis Suarez, Pesepakbola Kontroversial dengan Julukan 'Kanibal'

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: