WhatsApp merupakan aplikasi chat yang paling banyak digunakan. (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/ Cottonbro Studio)

WhatsApp Bakal Luncurkan Mode Companion, Bisa Login di Beberapa Handphone Sekaligus

16 November 2022   |   06:24 WIB

Like
Bagi kalian pengguna aplikasi berbagai pesan WhatsApp dan ingin memiliki satu akun untuk dua gawai, mungkin keinginan kalian dapat terwujud lantaran perusahaan tersebut tengah melakukan percobaan mode companion. Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp menghubungkan akun yang dimiliki ke perangkat lainnya sehingga membuat satu akun dalam dua gawai.

Kabar tentang peluncuran mode itu terdapat di laman wabetainfo.com. Laman ini menuliskan bahwa setelah merilis presentation sheet untuk memperkenalkan WhatsApp di tablet Android, perusahaan akhirnya meluncurkan companion mode untuk gawai di Android beta.

“Kepada beberapa penguji beta!,” demikian tertulis. Laman ini juga menuliskan bahwa WhatsApp beta untuk android 2.22.24.18 adalah versi yang kompatibel untuk fitur companion mode.

Baca juga4 Cara Kirim Chat WhatsApp Tanpa Simpan Nomor Telepon

Kemudian, perusahaan juga disebutkan bahwa companion mode akan dirilis pada masa yang akan datang. Namun, tanggal pasti peluncurannya masih belum diketahui.

“Bulan lalu, berkat pembaruan  WhatsApp beta untuk Android 2.22.21.6, kami mengumumkan bahwa WhatsApp merilis versi tertentu dari companion mode untuk memungkinkan orang menautkan akun WhatsApp mereka yang ada ke tablet android,” demikian tertulis.

Laman itu juga menuliskan bahwa sangat mudah bagi individu untuk mengetahui apakah sudah dapat menautkan akun whatsapp yang ada ke gawai lainnya.

Caranya adalah dengan melihat opsi di layar pendaftaran untuk melihat apakah ada opsi Tautkan Perangkat atau Link a Device. Jika ada, pengguna tinggal mengklik tulisan Link a Device. Setelah itu, akan keluar QR code yang dapat di-scan. Riwayat obrolan yang ada di gawai pertama akan disesuaikan di seluruh perangkat yang tertaut setelah menautkan akun ke gawai yang baru.

“Karena ini adalah versi beta, beberapa fitur mungkin masih belum tersedia, misalnya, kemampuan untuk melihat lokasi langsung dan mengelola daftar siaran dan stiker,” katanya.

Para pengguna juga disebut-sebut dapat menautkan akun WhatsApp ke lebih dari dua gawai. Kemudian, untuk memberikan keamanan, segala pesan dan panggilan pribadi masih akan terenkripsi end-to-end. Penautan satu akun untuk beberapa gawai itu juga membuat satu pesan akan masuk secara bersamaan ke seluruh perangkatnya.

Untuk diketahui, dalam Laporan Survei Internet Indonesia APJII 2021-2022,WhatsApp adalah media chat yang paling sering digunakan oleh responden. Tercatat, sebanyak 98,07 persen responden menggunakan aplikasi tersebut. Sementara itu, media chat terbanyak kedua dalam survei tersebut adalah Facebook Messenger yang mencapai 47,12 persen.

WhatsApp juga tercatat sebagai meeting platform terbanyak dalam surveri tersebut dengan 69,55 persen. Mereka melakukan meeting melalaui WhatsApp video conference. Meeting platform terbanyak kedua dalam survei itu adalah aplikasi Zoom.

Survei itu juga menemukan bahwa media sosial adalah adalah konten yang sering diakses dengan mencapai 89,15 persen. Sementara yang terbanyak kedua adalah chatting online yang mencapai 73,86 persen.

Baca jugaUpgrade Sistem Operasi Bikin Down, Cek Daftar Smartphone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
 
SEBELUMNYA

Rela Latihan 1,5 Tahun, Pevita Pearce Ungkap Alasan Utama Ambil Peran Sri Asih

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Film Bertemakan Balapan, Menegangkan & Penuh Adrenalin!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: