Pisang mengandung kolagen yang bisa membantuk memperbaiki kerusakan rambut. (Sumber gambar: Mike Dorner/Unsplash)

Rambut Rusak? Ini 4 Bahan Alami untuk Mengembalikan dan Merawat Kondisi Rambut

07 October 2022   |   17:20 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Sebagian orang mungkin tidak mengetahui jika ada berbagai masalah pada kerusakan pada rambutnya. Tidak hanya bagi wanita, masalah kerusakan rambut juga bisa terjadi pada pria. Rambut rusak bukan hanya merusak penampilan, melainkan juga kesehatan pada rambut.

Dilansir dari The Hair Society, sebanyak 35 juta pria dan 21 juta wanita di dunia mengalami kerusakan rambut yang berakibat pada kerontokan. Selain karena faktor usia, memperhatikan perawatan rambut tentu mendukung kesehatan rambut pada usia muda hingga lanjut.

Rambut rusak bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Beberapa bahan alami bisa menjadi solusi untuk mengembalikan kesehatan rambut. Yuk simak cara merawat rambut rusak dengan bahan alami.

Baca juga: Awas Jangan Gosok Rambut dengan Handuk, Begini 5 Langkah Perawatan Rambut yang Benar!
 

1. Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil (Sumber gambar: Crystalweed Cannabis/Unsplash)

Virgin coconut oil (Sumber gambar: Crystalweed Cannabis/Unsplash)


Tidak hanya sebagai kelengkapan memasak, virgin coconut oil memiliki manfaat baik untuk batang rambut. Virgin coconut oil bisa menutrisi batang lambut dengan cara membuat rambut lembab, elastis, dan memperbaiki struktur batang rambut. Untuk menggunakannya, cukup tuangkan minyak kepala secukupnya pada batang rambut. Usahakan untuk membalurkan virgin coconut oil secara merata pada rambut dalam kondisi kering . Diamkan hingga 30 menit hingga menyerap, kemudian bilas menggunakan shampo hingga minyaknya hilang.
 

2. Telur

Telur (Sumber gambar: Melani Sosa/Unsplash)

Telur (Sumber gambar: Melani Sosa/Unsplash)


Meski banyak yang ragu meletakkan telur pada rambut, nyatanya telur mengandung lesitin yang bisa membuat rambut lembab sekaligus kuat. Lesitin akan bertindak sebagai emolien yang membuat rambut rusak menjadi tenang dan lembut. Rajin menjadikan telur sebagai masker rambut akan membuat rambut mudah diatur dan lembut. Campurkan 2 telur ke dalam wadah, kemudian kocok dan balurkan pada rambut sekitar 15 menit sebelum dibilas.
 

3. Pisang

Pisang (Sumber gambar: Deon Black/Unsplash)

Pisang (Sumber gambar: Deon Black/Unsplash)


Pisang terkenal dengan kandungan potasium yang berperan penting untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membangun protein. Namun ternyata, pisang juga mengandung kolagen yang bisa membantuk memperbaiki kerusakan rambut. Dilansir dari hairfinity, pisang juga mengandung minyak alami, karbohidrat, dan vitamin yang bisa membantu melembutkan rambut dan melindungi elistisitas rambut.

Cukup hancurkan satu buah pisang matang pada wadah, kemudian campurkan dengan satu sendok minyak kelapa. Balurkan pada rambut yang kering selama 30 menit. Usahakan untuk menggunakan shower cap agar kandungan masker pisang lebih meresap. Kemudian bilas rambut dengan shampo seperti biasanya.
 

4. Lidah Buaya

Lidah buaya (Sumber gambar: Pisauikan/Unsplash)

Lidah buaya (Sumber gambar: Pisauikan/Unsplash)


Sudah popular sebagai penyelamat rambut rusak, lidah buaya mampu mengembalikan kondisi rambut yang rusak. Dilansir dari International Journal of pharmaceutics and Drug Analysis, lidah buaya sudah terbukti membantu pertumbuhan rambut yang lebih tebal dan lebih mudah panjang.

Cukup ambil satu buah lidah buaya berukuran sedang, kemudian keruk ke dalam mangkuk. Lalu, blender lidah buaya tanpa air hingga teksturnya terasa kental. Balurkan selama 15 menit pada rambut sebelum dibilas dengan shampo.

Bagaimana Genhype, mudah bukan untuk merawat rambut dengan bahan-bahan alami? Jangan lupa untuk menjaga kesehatan rambutmu ya!

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Fakta & Penyebab Asfiksia, Pemicu Meninggalnya Korban Tragedi Kanjuruhan

BERIKUTNYA

Cegah Gugatan Hak Cipta, Getty Images Larang Gambar Buatan AI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: