Grup E Piala Dunia 2022 jadi grup menarik dengan persaingan lolos kualifikasi yang masih ketat (Sumber: FIFA)

Grup E Piala Dunia 2022: Jadi Neraka Sejak Awal & Berjalan Tak Terduga, Siapa Bakal Lolos?

28 November 2022   |   13:39 WIB

Timnas Jerman berhasil menjaga asa untuk bisa melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Setelah di pertandingan pertama secara mengejutkan kalah dari Jepang, mimpi Jerman hampir terkubur karena di pertandingan kedua harus bertemu dengan lawan berat yaitu sang favorit juara Spanyol. 

Akan tetapi, namanya sepakbola tidak bisa hanya dihitung secara matematika di atas kertas. Pertandingan Spanyol vs Jerman tadi malam bak partai final bagi Der Panzer. Lantaran jika Jerman kalah maka pupus sudah harapan mereka untuk mengulang memori manis Piala Dunia 2014. 

Baca juga5 Fakta Menarik Pertemuan Jerman vs Spanyol di Piala Dunia 2022

Beruntung Jerman punya Niclas Fullkrug yang jadi juru selamat dengan gol telat menit ke-83, sehingga menjadikan skor 1-1. Hasil imbang Jerman dan Spanyol membuat perebutan tiket lolos ke babak 16 besar semakin memanas. Grup E yang diisi oleh Jerman, Spanyol, Jepang dan Kosta Rika sejak awal disebut sebagai “Grup Neraka“ di gelaran Piala Dunia kali ini.

Benar saja, hawa panas itu sudah terasa sejak pertandingan pertama. Jepang berhasil mengalahkan Jerman, dan Spanyol membantai Kosta Rika dengan 7 gol tanpa balas. Secara hitung-hitungan matematika, Jepang seharusnya bisa dengan mudah menghancurkan Kosta Rika karena level permainannya berada di bawah Jerman.

Akan tetapi kenyataannya Jepang harus tunduk dengan skor 0-1. Dengan hasil pertandingan grup E semalam, maka praktis seluruh tim masih memiliki peluang untuk lolos ke babak 16 besar. Tapi bagaimana skenario yang akan terjadi untuk tiap tim bisa lolos ke babak selanjutnya? Yuk simak ulasan lengkapnya. 
 

Regulasi FIFA

Posisi akhir pada klasemen grup bakal ditentukan oleh beberapa kriteria yang tertuang dalam regulasi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Kriteria tersebut akan digunakan jika ada dua atau lebih tim yang memiliki poin sama. Dirangkum dari laman resminya, berikut adalah kriteria selengkapnya:
  • Selisih gol grup secara keseluruhan.
  • Gol yang dicetak.
  • Hasil head to head (H2H).
  • Selisi gol setiap tim.
  • Jumlah gol yang dicetak pada semua pertandingan tim yang memiliki poin sama.
  • Poin fair play.
  • Undian.
 

Skenario agar Spanyol lolos

  1. Spanyol hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos.
  2. Spanyol akan menjadi juara grup E jika berhasil mengalahkan Jepang.
  3. Spanyol akan menjadi juara grup E jika bermain imbang melawan Jepang, dengan catatan Kosta Rika gagal mengalahkan Jerman.
  4. Jika Spanyol kalah dan Jerman menang, maka penentuan klasemen akan ditentukan lewat perhitungan sesuai regulasi FIFA.
 

Skenario agar Jepang lolos

  1. Jepang lolos ke babak 16 besar dan menjadi juara grup jika berhasil mengalahkan Spanyol dan Kosta Rika kalah dari Jerman.
  2. Jepang lolos jika bermain imbang kontra Spanyol dan laga Kosta Rika melawan jerman berakhir imbang.
  3. Jika Jepang imbang melawan Spanyol dan Jerman menang melawan Kostarika, maka posisi runner-up akan ditentukan lewat perhitungan sesuai regulasi FIFA. 
 

Skenario agar Kosta Rika lolos

  1. Kosta Rika lolos dan menjadi juara grup jika berhasil menang melawan Jerman dan laga Jepang vs Spanyol berakhir imbang.
  2. Jika Kostarika dan Jepang menang, maka posisi puncak klasemen akan ditentukan lewat perhitungan sesuai regulasi FIFA.
  3. Jika laga Kosta Rika vs Jerman berakhir imbang dan Jepang kalah dari Spanyol, maka Kosta Rika akan lolos ke babak 16 besar.
 

Skenario agar Jerman lolos

  1. Jerman lolos ke babak 16 besar jika berhasil mengalahkan Kosta Rika dan Spanyol berhasil mengalahkan Jepang.
  2. Jika Jerman vs Kosta Rika berakhir imbang maupun juga pertandingan Jepang vs Spanyol, maka posisi Jerman dan Jepang akan ditentukan lewat perhitungan sesuai regulasi FIFA.

Pertandingan terakhir grup E akan digelar tanggal 2 Desember 2022 pukul 02:00 WIB. Semua skenario di atas masih sangat mungkin akan terjadi. Keempat tim akan tampil mati-matian untuk tetap bisa menjaga asa merengkuh trofi Piala Dunia 2022. Menarik untuk ditunggu! Menurut Genhype, tim mana nih yang berhasil melaju ke babak 16 besar?

Baca jugaRekomedasi 7 Situs & Aplikasi Live Streaming Piala Dunia 2022

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Aplikasi Media Sosial Pengganti Twitter, dari Mastodon hingga Bluesky

BERIKUTNYA

Anak-anak Korban Bencana Alam Rentan Alami Trauma

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: