Timnas Spanyol (Sumber gambar: Instagram.com/sefutbol)

Banjir Gol, Cek Catatan Pertandingan Spanyol vs Jerman dalam Satu Dekade Terakhir

27 November 2022   |   16:37 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Grup E bisa dibilang sebagai grup paling panas di gelaran Piala Dunia 2022. Pasalnya, grup ini diisi oleh negara-negara besar di dunia sepak bola. Selain Kosta Rika dan Jepang, ada dua tim besar yakni Spanyol dan Jerman. Masing-masing timnas bakal bertanding memperebutkan poin untuk sampai di puncak klasemen. 

Tak lama lagi, pertandingan panas dari Grup E akan berlangsung. Apalagi kalau bukan Spanyol vs Jerman yang bakal bersaing di rumput hijau Stadion Al Bayt Qatar, pada Senin, 28 November 2022 pukul 02.00 WIB. Pertandingan dini hari nanti merupakan laga kelima Spanyol dan Jerman di panggung Piala Dunia. 

Baca jugaUpdate Top Skor Piala Dunia 2022, Lionel Messi Belum Bisa Kejar Mbappe & Enner

Jika melihat pertandingan ke belakang, Spanyol memang berada di atas angin dibandingkan dengan Jerman dalam tujuh laga terakhir. Dari catatan pertemuan, Der Panzer hanya menang satu kali dalam laga persahabatan pada November 2014.

Performa Jerman memang sempat dipertanyakan pasca kalah dari skuad Samurai Biru di pertandingan 23 November 2022 lalu. Mereka dipaksa tunduk dengan kemenangan Jepang dalam skor akhir 1-2. Sepanjang laga, mental skuad Jerman diacak-acak. Mereka sempat berbangga dengan kemenangan 1-0 di babak pertama.

Namun secara mengejutkan, tim di bawah asuhan Hajime Moriyasu membalikkan keadaan dengan melesatkan dua gol sekaligus di babak kedua. Pertandingan itu membuat Jerman harus menelan kekalahan dalam partai pembuka mereka di fase grup Piala Dunia 2022, sama seperti yang mereka alami di Piala Dunia 2018.
 

Sedangkan di sisi lain, Spanyol baru saja melakukan pesta saat berhasil menghujani gawang Kostra Rika dengan 7 gol. Skuad La Furia Roja berhasil menekuk Kosta Rika tanpa perlawanan berarti dari skuad Los Tico tersebut. Kemenangan besar ini menjadi rekor terbesar Spanyol sepanjang putaran Piala Dunia. 
 

Catatan Jerman vs Spanyol

Jika melihat catatan pertandingan antara Spanyol vs Jerman, keduanya memiliki laga yang seru. Dalam satu dekade terakhir, Spanyol masih unggul dengan 8 gol. Sementara Jerman hanya mengoleksi 3 gol dari laga 10 tahun terakhir melawan Jerman.

Meski demikian, bukan tak mungkin Jerman mencetak sejarah mengejutkan di Piala Dunia 2022. Tim asuhan Hansi Flick ini membawa bintang-bintang sepak bola yang bersinar di liga klub.

Sebut saja Joshua Kimmich yang acap kali membuat lawan kesulitan dengan pergerakannya sebagai gelandang bertahan. Pemain Bayern Munchen bernomor punggung 6 ini kerap kali menggocek barisan pertahanan lawan dengan taktik yang cerdik.

Namun di sisi lain, nama Gavi, Pedri, hingga Ferran Torres juga jadi momok bagi skuad Jerman. Anak asuhan Luis Enrique ini memiliki lini belakang, tengah, hingga depan yang cukup membuat jidat lawan mengkerut. Berikut laga yang pernha dijalani Spanyol vs Jerman dalam satu dekade terakhir:
  • Spanyol 6-0 Jerman, 18 November 2020, UEFA Nations League
  • Jerman 1-1 Spanyol, 4 September 2020, UEFA Nations League
  • Jerman 1-1 Spanyol, 24 Maret 2018,  24, Pertandingan persahabatan
  • Spanyol 0-1 Jerman, 19 November 2014, Pertandingan persahabatan

Baca jugaPil Pahit Qatar, Tuan Rumah Pertama yang Kilat Tersingkir di Piala Dunia

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Rekomendasi Bisnis Potensial Selama Piala Dunia 2022

BERIKUTNYA

Cerita Manoj Punjabi Sukses Bawa Viralitas Film KKN di Desa Penari Secara Organik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: