Ilustrasi furnitur ramah lingkungan-Pickawood (Unsplash)

Ini Lho Kiat Memilih Furnitur Ramah Lingkungan

28 June 2021   |   07:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini makin banyak orang yang sadar akan isu krisis lingkungan termasuk perlunya tindakan untuk melindungi planet bumi. Hal itu diikuti dengan kian masifnya permintaan untuk perabotan ramah lingkungan yang berkelanjutan (sustainable).

Furnitur ramah lingkungan atau berkelanjutan terbuat dari bahan daur ulang atau bahan yang dapat didaur ulang saat furnitur itu sudah tidak bisa dipakai lagi.  

Namun, sebelum membeli perabotan ramah lingkungan ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah pilih. Sebab, banyak produk yang diklaim ramah lingkungan tetapi kenyataannya tidak.

Nah, berikut ini beberapa tips dalam membeli furnitur ramah lingkungan yang perlu diperhatikan.

1. Melakukan riset pasar.
Saat ingin membeli furnitur ramah lingkungan, hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan riset menyeluruh tentang penjualnya.

Banyak penjual yang mengklaim furnitur mereka terbuat dari 100 persen bahan organik, ternyata itu masih diproses dengan bahan kimiawi yang bisa berbahaya bagi lingkungan juga manusia.

Jangan pernah takut untuk bertanya tentang bahan yang digunakan dan proses pembuatan furnitur tersebut.
 

Ilustrasi-Svitlana (Unsplash)

Ilustrasi-Svitlana (Unsplash)


2. Perhatikan bahan baku yang digunakan.
Tujuan membeli furnitur ramah lingkungan adalah untuk mendukung kehidupan yang berkelanjutan dengan produk daur ulang.

Jadi, penting untuk mengetahui bahan daur ulang yang digunakan dalam furnitur yang akan dibeli. Hindari membeli hybrid furniture karena jenis furnitur itu tidak bisa didaur ulang setelah dipakai.

3. Pilih furnitur bermaterial bambu.
Dalam urusan furnitur ramah lingkungan, bambu adalah bahan yang paling ideal dalam hal tersebut. Bambu akan tahan lama dan sangat serba guna karena dapat diolah menjadi berbagai macam furnitur modern.

Selain itu, bambu juga merupakan sumber daya alam natural dan terbarukan sehingga furnitur yang terbuat dari bambu realtif lebih sehat karena tidak ada kandungan kimia yang digunakan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Windows 11 Diperkenalkan, Gini Cara Cek Kompatibilitas Laptop & Desktop Kalian

BERIKUTNYA

Coba Tips Ini untuk Membuat Milkshake Enak di Rumah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: