Ilustrasi sofa beanbag (Sumber gambar: Unsplash/Mimi Thian)

Serba-serbi tentang Bean Bag, Menata dan Memilihnya

10 June 2022   |   15:22 WIB

Sofa yang berfungsi sebagai tempat duduk memiliki beragam jenis dan material. Salah satunya adalah sofa bean bag. Bentuknya yang unik dan sederhana membuat sofa jenis ini dapat menjadi alternatif mempercantik interior rumah. Perlu diingat pula bahwa bean bag juga nyaman digunakan. 

Duduk di atas sofa ini Anda dapat merasakan kenyamanan santai yang lebih karena butiran styrofoam yang mengisi sofa akan mengikuti lekuk tubuh penggunanya. Selain itu, material yang ringan membuat bean bag sangat mudah dipindahkan, tanpa perlu usaha ekstra. 
 

Sebagai pelengkap di rumah

Sofa bean bag lebih tepat menjadi perabotan pendukung di rumah karena bentuknya berbeda dengan sofa-sofa pada umumnya. Kehadiran sofa bean bag dapat dijadikan pelengkap perabotan untuk mempercantik interior rumah. Oleh sebab itu, Lantaran berfungsi sebagai perabot pendukung, maka kehadiran bean bag ini tidak harus atau menjadi kewajiban di setiap rumah.

Baca juga: 3 Tip Memilih Furnitur dari Palet Kayu Bekas
 

Kelebihan & kekurangan bean bag

Meskipun demikian, bean bag memiliki kelebihan dibandingkan dengan sofa biasa. Salah satu kelebihannya adalah kenyamanan dan mengakomodasikan kebutuhan dari tempat duduk hingga berbaring. 

Tak hanya itu, sofa jenis ini mudah disimpan dan dipindahkan ke berbagai tempat di dalam rumah karena bentuknya fleksibel, serta tidak banyak memakan tempat. Kekurangan satu satunya yang dimiliki sofa ini yaitu penutup atau cover-nya yang masih jarang yang bisa diganti dengan varian cover lain.
 

Penempatan beanbag di rumah

Soal penataan sofa bean bag di dalam rumah, kalian dapat meletakkannya di ruang santai, ruang keluarga, dan kamar tidur. Keberadaan bean bag ini sangat sesuai untuk aktivitas membaca buku, bermain gadget hingga menonton televisi. 

Sifatnya yang lentur membuat pengguna merasa rileks saat duduk di atasnya. Lantaran bentuknya yang berbeda dengan sofa pada umumnya, sofa bean bag lebih cocok berdiri sendiri tanpa perlu disandingkan dengan furnitur lain.

 Tidak mengherankan jika, bean bag kerap diletakkan di sudut-sudut ruangan. Sofa bean bag ini juga dapat dijadikan sebagai pajangan. Mengenai pilihan warna, dia menyarankan beanbag dapat disesuaikan dengan keseluruhan warna atau mood ruang seperti lantai, dinding, dan perabotan.
 

Sesuaikan dengan konsep hunian

Apabila ingin nuansa monokromatik, pilihlah warna-warna yang senada dengan kromatik tersebut. Misalnya abu-abu, hitam, dan putih. Sebaliknya bila penghuni rumah menyenangi warna bernuansa segar dan cerah, pilihlah warna bean bag yang segar dan cerah pula. 
 

Perhatikan hal ini sebelum membeli beanbag

Sebelum memutuskan membeli bean bag, ada baiknya jika kalian memperhatikan ukuran sofa agar sesuai dengan kebutuhan area di dalam ruangan. Selain ukuran, perlu dicermati pula material sofa bean bag yang nyaman dan mudah dibersihkan seperti oscar, atau bahan sintetis lainnya.

Baca juga: Menikmati Lukisan dengan Teknik Bakar pada Limbah Kayu Jati

Perawatan sofa bean bag untuk bahan pelapis sintetis seperti oscar cukup dilap dengan kain lembap dan dikeringkan.  Namun, bagi bean bag berbahan kain atau fabric uphlostery memerlukan sedikit usaha untuk menggosok dan menyikat bagian permukaan yang ternoda atau kotor.


Editor: Gita Carla
 
SEBELUMNYA

Netflix Beri Bocoran Set Baratie untuk Serial One Piece Live-Action

BERIKUTNYA

Jenna Ortega akan Perankan Wednesday Addams di Serial Baru Arahan Tim Burton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: