Chuu diklaim melakukan kekerasan terhadap staf selama menjadi anggota LOONA. (Sumber gambar: BlockBerry Creative)

Chuu Resmi dikeluarkan dari Girl Group LOONA, Ini Alasan Agensi

25 November 2022   |   19:02 WIB

Agensi BlockBerry Creative yang menaungi girl group LOONA secara resmi mengumumkan bahwa salah satu anggotanya, Chuu, telah dikeluarkan mulai Jumat (25/11/2022). Pengumuman ini mengejutkan penggemar, mengingat idoal kelahiran tahun 1999 itu baru saja mendapatkan sejumlah tawaran proyek baru.

Berdasarkan laporan MBC News, pengumuman ini didasarkan pada perilaku idol yang dikenal dengan penampilannya sebagai TV personality itu. Perwakilan agensi mengklaim bahwa keputusan ini dilakukan setelah adanya beragam laporan dan spekulasi yang tidak ditanggapi agar mengurangi kekhawatiran penggemar.

"Akan tetapi, setelah diberitahu bahwa perkataan yang kasar dan penyalahgunaan kekuasaan Chuu kepada staff, faktanya ditemukan dalam proses investigasi. Perwakilan agensi telah meminta maaf dan menenangkan staff, kemudian kami memutuskan untuk bertanggung jawab dengan hal ini dan mengeluarkan Chuu dari LOONA," tulis agensi sebagaimana dilansir Soompi.

Baca juga: Agensi LOONA Dilaporkan Hadapi Krisis Keuangan, Terancam Bangkrut?

Pernyataan ini ditutup dengan ucapan maaf serta usaha LOONA dan agensi untuk memastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang di tengah perkembangan karier grup yang masih bertumbuh. Di saat yang sama, pihaknya juga akan tetap berperilaku dengan baik terhadap semua staf yang bekerja bersama mereka.

Kabar mengenai Chuu dan partisipasi dalam grup LOONA mulai tampak sejak Februari 2022 dengan idol tersebut yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan konser LOONATHEWORLD karena alasan kesehatan dan bentrok jadwal. Kendati sempat melakukan comeback dengan lagu Fl!p That bersama LOONA, sejumlah rumor dan spekulasi semakin kuat mulai akhir Juni 2022.

Sempat dikabarkan melayangkan gugatan pada akhir tahun 2021, E-Daily melaporkan bahwa Chuu kala itu berencana akan pindah dari agensi BlockBerry Creative ke BY4M Studio. Statusnya saat itu tengah dalam proses diskusi untuk rincian kontrak baru dengan calon agensi barunya, tapi tak lama kabar ini dibantah oleh BlockBerry Creative dengan menyebutkan pihaknya mendukung capaian yang diinginkan setiap anggota.
 

Bersamaan dengan konfirmasi ini, agensi juga berencana akan mengambil tindakan hukum terkait dengan Chuu. Hal ini meliputi berbagai rumor dan artikel tak berdasar yang dianggap mencemarkan nama baik agensi maupun anggota LOONA. Apalagi rumor yang beredar dianggap penghinaan hingga bisa berdampak pada reputasi kedua pihak.

Kemudian pada Oktober 2022, OSEN melaporkan bahwa Chuu mendirikan agensinya sendiri yang dinamakan Chuu Co., Ltd dengan ibunda dari Chuu mendapatkan posisi sebagai direktur perusahaan tersebut.

Agensi ini dideskripsikan memiliki tujuan sebagai rumah produksi album dan program siaran, manajemen entertainment, produksi lagu, produksi dan distribusi karya audio, bisnis perencanaan konser, serta bisnis agensi dari proses kehumasan, publikasi, dan distribusi.

Rumor ini kemudian dibantah oleh agensi BlockBerry Creative dengan menyebutkan pihaknya tidak tahu akan hal tersebut dan proses perpindahan tersebut tidak memiliki bukti yang mendukung. Di saat yang sama, pihaknya juga tengah mengumpulkan fakta-fakta terkait dengan Chuu dan kabar yang beredar selama beberapa bulan terakhir.

Di sela-sela kabar ini, Chuu sempat melakukan proyek kolaborasi dengan solois B.I untuk lagu Lullaby pada Juni 2022 serta berencana akan merilis lagu remake One and a Half pada September 2022. Untuk konten tayangan televisi, Chuu telah menjadi pembawa acara untuk program Stage Up yang melibatkan penampilan cheerleader serta terlibat beberapa proyek seperti Mr Trot 2 sebagai juri dan anggota tetap acara kencan Love Alarm milik Wavve.

Hingga saat ini, Chuu belum memberikan pernyataan resmi dari sudut pandangnya dan kini LOONA akan berjalan dengan sistem 11 orang anggota mulai hari ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 
SEBELUMNYA

Mix Media dalam Karya Seniman Naufal Abshar

BERIKUTNYA

Platform Streaming Jadi Medium Eksplorasi Film Masa Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: