Serunya Read Aloud bersama Parents (Sumber Gambar: Photo by Andrea Piacquadio on Pexels)

Terbukti Meningkatkan Minat Baca Anak, Simak 5 Cara Efektif Read Aloud

23 November 2022   |   13:47 WIB
Image
Ratna Ayu Kusumaningtyas parenting and early childhood literacy enthusiast

Like

Menanamkan minat baca dan membiasakan anak-anak agar memiliki hobi membaca buku ternyata tidak mudah. Apalagi di tengah gempuran konten digital yang semakin mudah diakses oleh anak-anak melalui gadget yang tersedia di rumah, membuat aktivitas menonton dan bermain game menjadi lebih menarik ketimbang harus berkutat dengan buku. 

Kondisi itu membuat sebagian orang tua menyimpan pertanyaan yang bernada khawatir. Misalnya, apa bisa anak suka baca buku di tengah gempuran era digital zaman sekarang? atau anakku lebih suka main gadget daripada baca buku, gimana sih caranya biar anakku lebih milih baca buku daripada main gadget terus-terusan?

Baca juga: Penelitian Ini Temukan Manfaat Membaca Bersama Orang Tua, Tingkatkan Kecerdasan Anak

Tenang parents, tidak perlu khawatir. Ada baiknya pahami dulu kenapa sih anak itu harus suka baca buku? Kecintaan anak terhadap membaca sangat bermanfaat untuk perkembangan akademisnya. Kecintaannya terhadap buku dapat membuat anak menjadi haus akan ilmu pengetahuan dan menjadikan anak menyenangi kegiatan belajar.

Namun sayangnya, seorang anak tidak bisa menyenangi kegiatan membaca secara tiba-tiba tanpa adanya proses pembiasaan sejak usia dini. Dibutuhkan stimulasi dari orang dewasa melalui aktivitas yang menyenangkan dan membangun kebiasaan membaca agar anak menyenanginya. 
 
Ternyata, ada suatu cara yang terbukti efektif dan sangat mudah dilakukan untuk membantu meningkatkan minat baca anak. Parents bisa mencoba cara Read Aloud. Apa itu Read Aloud? Yuk berkenalan lebih lanjut!


1. Read Aloud = Membacakan Nyaring 

Saat ini, banyak komunitas literasi menggalakkan gerakan Read Aloud di berbagai platform. Sebenarnya, Read Aloud itu apa sih? Read Aloud atau membacakan nyaring merupakan kegiatan sederhana yang dapat dilakukan orang dewasa pada anak dengan membacakan buku dengan suara keras/nyaring.

Agar menarik minat si anak,
Parents dapat mencoba membacakan buku tersebut dengan suara dan artikulasi yang jelas, serta ekspresi yang menarik. Read Aloud sangat baik dilakukan sejak usia dini, bahkan sejak anak masih berada di dalam kandungan.

Pasalnya organ pendengaran anak telah terbentuk sejak
masa kehamilan trimester tiga. Jadi, disarankan untuk melakukan Read Aloud secara konsisten setiap harinya untuk membangun kebiasaan anak menyenangi buku.


2. Durasi Singkat

"Aku super sibuk, ga sempat. Bisa enggak ya aku konsisten Read Aloud untuk anakku?"  Read Aloud tidak membutuhkan waktu yang lama. Durasi yang dibutuhkan hanya berkisar 5 sampai 15 menit saja. Jadi, luangkan waktu untuk Read Aloud dengan si kecil ya.

Parents bisa memilih waktu yang tenang bersama Si Kecil, misalnya pada malam hari ketika menjelang tidur, ataupun pada pagi hari menjelang sarapan. Melihat begitu banyak manfaat yang bisa didapat dengan Read Aloud, rasanya meluangkan waktu sebentar saja, tidak sulit ya.


3. Ragam Manfaat

Tak perlu diragukan lagi, Read Aloud memberikan banyak manfaat baik dari sisi kemampuan akademis maupun perkembangan sosial. Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari Read Aloud, antara lain: membantu perkembangan otak lebih optimal, melatih kemampuan mendengar, menambah kosa kata dan keterampilan berbahasa, meningkatkan rentang konsentrasi, serta membangun kedekatan dengan orang tua.


4. Berikan Pertanyaan Terbuka

Tujuan Read Aloud bukanlah untuk menghabiskan 1 buku dalam setiap sesinya, tetapi untuk menikmati tanya jawab dan diskusi seputar buku yang Parents bacakan! Jangan lupa berikan pertanyaan terbuka dalam sesi Read Aloud untuk menstimulasi pemahaman anak ya, Parents. Misalnya, apakah kamu suka buku ini? atau siapa karakter favoritmu? Untuk anak yang belum bisa bicara, Parents bisa bantu untuk menjawab pertanyaan itu sendiri ya.


5. Mempermudah Belajar Membaca

Read Aloud dapat mempermudah anak ketika memasuki tahapan belajar membaca! Apakah Parents termasuk orang tua yang suka emosian saat mengajarkan anaknya membaca? Sabar ya, Parents. Untuk bisa memiliki kemampuan membaca, anak membutuhkan fondasi yang kuat terlebih dahulu.

Baca juga: Rekomendasi 5 Platform Buku Digital Buat Para Penggemar Baca

Fondasi tersebut adalah kemampuan berkomunikasi, seperti kemampuan mendengar, menyimak, memahami, menceritakan kembali, hingga memberikan pendapat. Read Aloud dapat membantu Parents untuk menstimulasi kemampuan berkomunikasi tersebut.

Sudah siap mempraktikkan Read Aloud, Parents?  Yuk ambil buku dan luangkan waktu untuk Si Kecil. Selamat mencoba!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Mengenal Onsen, Pemandian Air Panas di Jepang yang Terlarang Bagi Pemilik Tato

BERIKUTNYA

Putus Kontrak, Yuk Intip Prestasi Cristiano Ronaldo dengan Manchester United

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: