Ada banyak platform buku digital yang bisa dimanfaatkan bagi kalian para pencinta baca (Sumber gambar: Unsplash/Joao Paulo)

Rekomendasi 5 Platform Buku Digital Buat Para Penggemar Baca

09 July 2022   |   19:30 WIB

Perkembangan teknologi telah merambah masuk ke dunia buku dan percetakan. Kini, buku tidak lagi identik dengan bentuk fisik tapi juga digital. Kehadiran berbagai layanan dan konten bacaan berbasis digital telah mewarnai industri buku di dunia. 

Genhype lebih senang baca buku fisik atau buku digital nih? Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Buku fisik, tidak bisa dipungkiri memberikan pengalaman baca yang lebih nyata. Kertas yang dapat dibolak balik hingga bau buku yang khas, tidak bisa digantikan. 

Akan tetapi, buku digital juga punya kelebihan tersendiri. Pembaca tidak perlu lagi membawa buku yang tebal, mengakses bacaan di mana saja dan kapan pun, dan harganya yang relatif lebih murah merupakan hal-hal yang bisa didapatkan dari sebuah buku non-fisik. 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Genre Buku Anak Untuk Kembangkan Imajinasi 

Saat ini, kita juga bisa menemukan banyak penyedia platform dan layanan buku digital. Kontennya juga beragam baik bentuk digital dari buku fisik asli hingga konten bacaan orisinal yang dibuat oleh para kreator khusus untuk platform. Dirangkum Hypeabis.id, berikut ini adalah beberapa platform buku digital buat kalian para pencinta baca : 
 

1. Gramedia Digital 

Gramedia Digital merupakan aplikasi buku digital yang dikembangkan oleh Gramedia Asri Media. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk membeli buku, majalah, hingga koran berformat digital secara legal. Platform juga menyediakan berbagai model seperti membeli buku digital satuan atau berlangganan untuk akses buku digital tertentu. 
 

2. iPusnas 

iPusnas adalah aplikasi baca buku pemerintah yang dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional. Aplikasi ini menyimpan berbagai koleksi buku yang dapat dipinjam secara gratis oleh para pembaca sesuai dengan ketersediaan stok. Pengguna juga bisa saling berbagi ulasan atau review setelah merampungkan buku bacaan.  
 

3. iJakarta 

Aplikasi iJakarta atau Jakarta Digital Library merupakan platform pinjam dan baca buku dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Aplikasinya sendiri dikembangkan oleh PT Woolu Aksara Maya yang memungkinkan penggunanya meminjam buku dalam jangka waktu 3 hingga 30 hari. Aplikasi ini juga memiliki fitur layaknya media sosial di mana para pengguna bisa saling berbagi aktivitas dan inspirasi pada feed yang ada di platform. 
 

4. Storial 

Storial.co merupakan platform menulis dan membaca buku secara daring. Perusahaan menamainya sebagai social storytelling platform yang memungkinkan pengguna untuk menulis, membaca, dan berinteraksi terkait konten tulisan yang dihadirkan. Di platform ini, pengguna akan disuguhkan banyak konten orisinal dari para kreator yang menarik untuk dibaca. 
 

5. Cabaca 

Cabaca adalah platform penyedia akses bacaan. Pengguna biasanya akan mendapatkan akses baca gratis untuk beberapa bab awal dari sebuah buku, lalu bisa berlangganan untuk menikmati bab selanjutnya. Jangan khawatir, tersedia juga banyak buku yang bisa diakses dan dibaca secara utuh dan gratis. 
SEBELUMNYA

Resep Rendang khas Minang, Cocok untuk Sajian saat Iduladha

BERIKUTNYA

Bosan Bikin Sate? Berikut 3 Resep Olahan Daging Kambing yang Wajib Dicoba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: