Trofi Piala Dunia. (Sumber gambar: Unsplash/Rhett Lewis)

3 Momen Kontroversial Sepanjang Gelaran Piala Dunia

22 November 2022   |   15:04 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Piala Dunia jadi pesta sepakbola yang dinantikan oleh penggemarnya di seluruh dunia. Jadi ajang sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia diselenggarakan oleh FIFA yang sudah berlangsung sejak 1930. Gelaran sepak bola ini menyajikan keseruan pertandingan olahraga sepak bola yang dilakukan setiap 4 tahun sekali.

Sepanjang waktu itu, Piala Dunia tentu memiliki momen-momen menyenangkan, menyedihkan, hingga kontroversial bagi seluruh pemain yang terlibat. Di balik kemenangan yang diraih tim, terdapat kekalahan yang harus ditelan oleh tim lainnya.

Belum lagi, terdapat juga momen yang menciptakan kontroversi baik di lapangan maupun di balik layar. Berikut momen kontroversial seopanjang gelaran Piala Dunia:

Baca juga: Intip 5 Gaya Rambut Paling Ikonik di Piala Dunia
 


1. Battiston hampir kehilangan nyawa di Piala Dunia 1982

Battiston saat jatuh di Piala Dunia 1982 (Sumber gambar: Youtube.com/FIFA)

Battiston saat jatuh di Piala Dunia 1982 (Sumber gambar: Youtube.com/FIFA)


Momen tak terlupakan terjadi di gelaran Piala Dunia 1982. Diselenggarakan di Spanyol, kontroversi hadir dalam pertandingan semifinal antara Prancis vs Jerman Barat. Saat itu, kiper Jerman Barat yakni Haral Schumacher membuat Battiston jatuh saat hendak memutar tubuhnya. Ketidaksengajaan itu membuat Battiston menderita kerusakan tulang belakang.

Dalam waktu yang sama, Battiston juga harus keliahangan dua giginya karena dampak benturan. Peristiwa itu hampir membuat Battiston kehilangan nyawa. Apalagi, wasit Charles Corver mengambil keputusan yang semakin memanaskan suasana. Dia memutuskan jika permainan itu tidak menyebabkan penalti melainkan hanya tendangan gawang.
 

2. Adu jotos di Piala Dunia 1962

The Battle of Santiago (Sumber gambar: Youtube,com/FIFA)

The Battle of Santiago (Sumber gambar: Youtube,com/FIFA)


Dilangsungkan di Chili, pertandingan antara sang tuan rumah melawan Italia kala itu memanas sepanjang pertandingan. Belum sampai satu menit sejak peluit pertandingan mulai ditiupkan, Honoro Landa langsung mendapat pelanggaran dan harus keluar dari lapangan. Namun, dia menolak untuk keluar dan menyebabkan polisi harus mengawal Honoro keluar lapangan.

Tidak sampai disitu, pertandingan penuh ketegangan ini melahirkan insiden berbahaya lainnya. Pemain Chili Leonel Sanchez sempat melontarkan pukulan kepada pemain Italia yakni Mario David. Keadaan semakin panas ketika David menendang bagian kepala Sanchez yang menyebabkannya harus dikeluarkan. Selain itu, Sanzhez juga sempat meninju bagian hidung Humberto Maschio hingga patah. Persitiwa ini dikenal sebagai The Battle of Santiago dalam sejarah Piala Dunia.


3. Trofi Piala Dunia 1966 Dicuri

Trofi Piala Dunia 1966 (Sumber gambar: Youtube.com/FIFA)

Trofi Piala Dunia 1966 (Sumber gambar: Youtube.com/FIFA)


Selain kekacauan di lapangan, kontroversi juga datang dari sebuah piala bergengsi Piala Dunia. Trofi bergilir yang bersejarah itu diletakkan di pameran publik Westminster Central Hall, Inggris empat bulan sebelum turnamen dilangsungkan. Siapa sangka jika kala itu ada oknum tak bertanggungjawab yang mencuri trofi berharga itu.

Pencurian tersebut sempat membuat internal kisruh. Bahkan oknum sempat meminta uang tebusan jika ingin piala itu dikembalikan. Namun akhirnya, piala itu ditemukan oleh seekor anjing bernama Pickles. Anjing yang lahir pada 1962 tersebut pun dikenal sebagai seekor anjing yang mengambil sejarah penting dalam sejarah Piala Dunia.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Cek Profil 5 Pemain Kunci Argentina yang Siap Tempur di Piala Dunia Qatar 2022

BERIKUTNYA

Island hingga Trolley, Intip Drama Korea yang Akan Tayang Desember 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: