Ilustrasi guru yang sedang mengajar di kelas. (Sumber gambar : Freepik)

3 Cara Sederhana Merayakan Hari Guru Nasional 2022

22 November 2022   |   15:00 WIB

Guru memiliki jasa yang cukup besar bagi generasi penerus bangsa. Mereka mengajarkan bagaimana caranya membaca, menulis, memiliki budi pekerti yang baik, hingga bersosialisasi. Untuk menghargai jasanya, setiap 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati bersamaan dengan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). PGRI diketahui terbentuk pada 25 November 1945, yang digagas oleh Rh. Koesnan, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang. Sebelum menjadi persatuan para guru, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Sementara itu, Hari Guru Nasional pertama kali ditetapkan pada 25 November 1994 oleh Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Nomor 78/1994. Adapun tema yang diangkat tahun ini adalah Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar. 

Baca jugaAda yang Beda pada Hari Guru Nasional 2022, Yuk Simak Makna dan Filosofinya

Biasanya, peringatan Hari Guru Nasional dilakukan dengan upacara bendera dan tidak menjadi hari libur nasional. Namun, untuk lebih memberi kesan, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengenang jasa guru yang mungkin sangat membantu kamu di masa sekolah, lho Genhype. 

Saat sekolah, pasti kamu memiliki guru favorit yang selalu memotivasi dan mengajarkan kamu dengan tulus serta kasih. Nah, berikut ini beberapa cara sederhana untuk menghormati dan menghargai jasa guru favorit kamu. 


1. Berikan pelukan dan ucapan terima kasih

Ini menjadi sebuah tanda apresiasi yang sangat sederhana tapi berarti. Pada 25 November nanti, luangkan waktu untuk  menghampiri guru favorit kamu semasa sekolah dulu.

Berikan pelukan dan ucapkan terima kasih atas jasa-jasa mereka yang telah mendidik kamu selama ini. Pelukan dan ucapan terima kasih ini pasti membuat guru kamu bangga memiliki siswa yang masih mengingat dan tidak lupa akan jasanya. Ini juga menjadi motivasi guru untuk selalu mengabdi demi mencerdaskan generasi penerus bangsa.  


2. Ajak guru makan bersama

 

Ilustrasi makan bersama guru. (Sumber gambar : Freepik)

Ilustrasi makan bersama guru. (Sumber gambar : Freepik)


Setelah memberi pelukan hangat dan ucapan terima kasih, usahakan untuk mengajak guru kamu makan bersama di restoran atau rumah makan favoritnya. Langkah sederhana ini mungkin tidak sebanding dengan jasanya yang membuat kamu sukses seperti sekarang ini.

Dengan makan bersama, kamu juga bisa mengenang masa-masa indah dan kejadian lucu di sekolah dulu. Memori itu pastinya tidak akan tergantikan dan menjadi pelajaran yang paling berharga di hidup kamu.


3. Berikan hadiah kecil

Kamu juga bisa menyiapkan hadiah sederhana, misalnya sebuah piagam sebagai tanda terima kasih. Opsi lain kamu bisa memberikan guru kamu jam, tas, atau sepatu yang menunjang penampilan mereka saat mengajar.

Tidak sedikit guru yang memiliki gaji kecil sehingga mereka mempertimbangkan untuk membeli barang-barang tersebut. Jika kamu punya uang berlebih, kamu bisa membelikan guru favoritmu laptop untuk menunjang pekerjaannya sebagai pengajar.

Baca jugaRekomendasi 5 Film Inspiratif tentang Guru yang Wajib Ditonton

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Jelang Rilis Avatar 2, Disney Buat Kampanye Global Selamatkan Laut & Satwa Liar

BERIKUTNYA

5 Fakta Menarik Godam, Superhero Bumilangit yang Muncul di Credit Scene Sri Asih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: