Poster film Avatar: The Way of Water (Sumber gambar: The Walt Disney Company)

Jelang Rilis Avatar 2, Disney Buat Kampanye Global Selamatkan Laut & Satwa Liar

22 November 2022   |   13:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Jelang penayangan film Avatar: The Way of Water, The Walt Disney Company meluncurkan kampanye global bertajuk Keep Our Oceans Amazing. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang tantangan serta isu yang mengancam kelestarian laut dan satwanya.

Inisiatif ini dibuat untuk mendukung program pelestarian laut yang dilakukan oleh mitra lembaga konservasi nirlaba internasional The Nature Conservancy, terutama dalam upaya melindungi 10 satwa laut dan habitatnya yang dianggap beresiko terancam punah.

Film Avatar: The Way of Water sendiri akan memperkenalkan  klan samudera baru bernama Na'vi dan beragam makhluk laut, yang menginspirasi penonton untuk terhubung dengan keindahan ekosistem laut yang terhampar di berbagai belahan dunia.

Baca juga: Teaser Terbaru Avatar 2 Tunjukkan Kisah Melindungi Komunitas

Laut dan samudra meliputi 70 persen dari keseluruhan area di planet Bumi dan merupakan rumah bagi keragaman kehidupan. Ekosistem laut juga merupakan sumber makanan, penghidupan, dan memproduksi lebih dari setengah oksigen yang dihirup oleh manusia tiap harinya. Sayangnya, hanya terdapat kurang dari 8 persen dari ekosistem unik ini yang telah berhasil dilindungi.
 

Produser Jon Landau mengatakan etos film Avatar 2 adalah bahwa semua makhluk hidup terhubung satu sama lain dan terhubung dengan planet di mana kita tinggal. Oleh karena itu, paparnya, kita semua bertanggungjawab untuk menciptakan dampak positif pada masyarakat, lingkungan, dan dunia di sekitar kita.

"Kampanye Keep Our Oceans Amazing adalah cara kami untuk mengundang fans dari seluruh dunia untuk turut serta menciptakan dampak positif tersebut," ujarnya dalam rilis pers yang Hypeabis.id terima, Selasa (22/11/2022).

Kampanye ini bertujuan untuk meneruskan warisan panjang misi konservasi  The Walt Disney Company untuk melindungi 10 satwa laut dan habitatnya dari ancaman kepunahan. Inisiatif baru ini akan mendukung program The Nature Conservancy dalam melindungi paus beluga, paus biru, hiu paus, penyu sisik, manatee, pari manta, ikan kakatua, karang staghorn, singa laut, dan bakau, yaitu habitat pesisir yang menyediakan tempat berlindung penting bagi banyak spesies laut.

Spesies-spesies laut tersebut dapat ditemukan di perairan yang tersebar di seluruh dunia dan banyak dari mereka memiliki kemiripan dengan makhluk dan habitat yang ditemukan di Pandora yang tampil di sepanjang film Avatar: The Way of Water.

Setiap spesies hewan dan tumbuhan juga diklasifikasikan sebagai terancam, rentan atau terancam punah. The Nature Conservancy bekerja bersama penduduk asli dan komunitas lokal untuk mengembangkan solusi yang menyeluruh dalam mengatasi tantangan yang dihadapi spesies ini di seluruh dunia, untuk memastikan bahwa manusia dan satwa liar dapat berkembang secara berdampingan.

Melissa Garvey, Global Director Ocean Protection The Nature Conservancy, mengatakan keseluruhan isi planet Bumi bergantung pada kesehatan laut untuk mendukung dan mempertahankannya.

Sebab, paparnya, laut menghasilkan setengah dari udara yang kita hirup, menyediakan mata pencaharian bagi miliaran orang, dan merupakan rumah bagi lebih dari setengah dari semua kehidupan yang ada di Bumi.

"Misi kami dapat tercapai melalui kolaborasi dengan pihak-pihak yang sepaham dan sama-sama percaya bahwa kita dapat membentuk masa depan yang lebih cerah, di mana manusia dan alam bisa hidup dan berkembang secara berdampingan," katanya.

Menurut Melissa, pesan penting yang ditampilkan dalam film Avatar: The Way of Water selaras dengan misi yang dilakukan oleh The Nature Conservancy. Dia pun berharap dapat senantiasa bekerjasama dalam melindungi 10 spesies yang disorot dalam kampanye ini guna menciptakan ekosistem laut yang lebih sehat untuk seluruh makhluk hidup di muka Bumi.
 


Virtual Pandoran Ocean

Sebagai bagian dari kampanye ini, para penggemar Avatar dan masyarakat umum akan diajak untuk merasakan beragam produk dan pengalaman.

Salah satu pengalaman yang disuguhkan yakni Virtual Pandoran Ocean, yang menawarkan sebuah pengalaman virtual mengeksplorasi keindahan terumbu karang bawah laut. Untuk menikmati pengalaman tersebut, kalian bisa mengaksesnya melalui situs www.avatar.com/KeepOurOceansAmazing hingga 31 Desember 2022.

Dalam situs tersebut, pengunjung dapat menciptakan karakter makhluk laut mereka sendiri yang mengambil inspirasi dari film Avatar dengan memanfaatkan creature creator. Untuk setiap makhluk yang diciptakan oleh pengunjung dan dilepas di Virtual Pandoran Ocean, Disney akan mendonasikan US$5 kepada The Nature Conservancy hingga mencapai total donasi US$1 juta.

Donasi ini nantinya akan dimanfaatkan untuk mendukung program The Nature Conservancy yang bertujuan melindungi 10 persen kawasan laut pada 2030.

Sementara itu, film Avatar: The Way of Water akan menyuguhkan pengalaman sinematik yang belum pernah ada sebelumnya, di mana Cameron akan membawa penonton kembali ke dunia Pandora yang megah dalam petualangan penuh aksi yang spektakuler dan menggugah.

Berlatar satu dekade setelah peristiwa di film pertamanya, Avatar: The Way of Water menceritakan kisah keluarga Sully (Jake, Neytiri, dan anak-anak mereka), masalah yang mengikuti mereka, sejauh mana mereka berusaha untuk menjaga satu sama lain tetap aman, pertempuran yang mereka perjuangkan untuk tetap hidup, dan tragedi yang mereka alami.

Film Avatar: The Way of Water dijadwalkan rilis secara global pada 16 Desember 2022.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

6 Film Anime Rilis Desember 2022, Dibuka dengan Nostalgia Bareng The First Slam Dunk

BERIKUTNYA

3 Cara Sederhana Merayakan Hari Guru Nasional 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: