Ada banyak film yang mengambil tema perjuangan para guru yang berusaha mencerdaskan bangsa. Ilustrasi adegan Dead Poets Society (sumber gambar IMDb)

Rekomendasi 5 Film Inspiratif tentang Guru yang Wajib Ditonton

21 November 2022   |   19:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sebentar lagi, bangsa Indonesia akan merayakan Hari Guru Nasional. Hal ini berkaitan dengan  lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada 25 November 1945. Hari tersebut dirayakan untuk memberi dukungan pada guru karena keberlangsungan generasi masa depan ditentukan oleh mereka. 

Namun, menjadi seorang guru ternyata membutuhkan perjuangan besar. Terlebih dalam mendidik masyarakat agar lebih baik di masa depan. Sebagai tenaga pengajar perjuangan guru memang penuh rintangan, tak heran jika mereka dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Hal inilah yang kemudian menginspirasi para sineas di dunia untuk membuat film dengan tema kisah perjuangan guru. Meski tidak semuanya diambil dari kisah nyata, tapi semangat yang dibawa adalah dedikasi mereka untuk mencerdaskan setiap orang. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima film tentang guru yang bisa menginspirasi kalian.

Baca juga: Sambut Hari Guru Sedunia, Ini 7 Ide Kado Unik Untuk Apresiasi Gurumu!
 

1. Dead Poets Society, 1989

Film besutan Peter Weir ini mengisahkan tentang sosok guru bernama Mr. Keating (diperankan Robin Williams) yang berusaha menginspirasi muridnya dalam memahami hidup. Sebagai guru bahasa Inggris dia mengajar dengan gaya yang berbeda dan penuh semangat untuk memberi tahu bahwa hidup selalu layak untuk dijalani.

Tak hanya itu Mr. Keating juga membebaskan setiap muridnya untuk berekspresi dengan memaknai karya sastra, khsusunya puisi dengan caranya masing-masing. Slogan yang cukup terkenal di film ini adalah carpe diem, yang berarti petiklah hari-mu.
 
 


2. The Great Debaters, 2007

Disutradrai Denzel Washington film The Great Debaters mengisahkan tentang tim debat dari Willey College di Texas yang memenangkan debat nasional saat melawan tim dari Universitas Harvard. Film ini juga dibalut dengan kisah rasisme dan persamaan hak manusia.

Adalah Melvin B.Tolson (diperankan Denzel Washington) seorang dosen yang menyemangati murid-murid mereka yang berkulit hitam untuk berani melawan hegemoni kulit putih.  Dengan berbagai adegan inspiratif, film ini pastinya akan membuat kita jadi menghargai terhadap sesama.
 
 


3. Front of The Class, 2008

Film tentang guru selanjutnya adalah Front of The Class karya Peter Werner yang pastinya dapat menginspirasi kita semua. Film ini menceritakan seorang pemuda bernama Bradley Cohen (diperankan James Wolk) yang menderita Tourette Syndrome (semacam penyakit latah) dan bercita-cita menjadi guru.

Meski pada awalnya ditolak berkali-kali, tapi akhirnya ada sekolah yang bersedia mempekerjakan Cohen. Di sinilah dia lalu bekerja keras dan berhasil menjadi salah satu guru berprestasi. Film ini juga diangkat dari kisah nyata berdasarkan buku karya Brad Cohen. 
 
 


4. Coach Carter, 2005

Diambil dari kisah nyata, film bergenre komedi drama karya Thomas Carter ini mengisahkan tentang seorang guru basket bernama Ken Carter (diperankan Samuel L. Jackson). Sebagai alumni Ridmond High school dia bertekad untuk kembali mengharumkan sekolahnya dalam dengan mengajar murid di sana untuk ikut berlaga dalam sebuah turnamen basket.

Dengan caranya yang khas, bahwa kepiawaian atlet harus berbanding lurus dengan nilai akademik, Carter lalu melatih murid dengan disiplin tinggi. Hal ini pun sempat memicu kontroversi, tapi hasil turnamen dengan berbagai kulub dari sekolah lain itu membuktikan segalanya.
 



5. Sokola Rimba

Film Sokola Rimba merupakan salah satu karya sutradara papan atas Indonesia, Riri Riza dan diproduseri oleh Mira Lesmana. Film pemenang Piala Maya 2013 ini mengangkat kisah nyata dari Butet Manurung bersama suku Anak Dalam di Bukit Duabelas, Jambi.

Diangkat dari kisah nyata petualangan Butet dan persahabatannya dengan anak-anak rimba harus menghadapi tantangan besar baik dari dunia luar, termasuk masyarakat rimba yang menuduhnya sebagai penyebab kematian salah satu warga di sana. Tapi Butet urung mundur untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.
 


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mom, Begini Cara Membuat Anak Terbiasa Merapikan Mainan Sendiri

BERIKUTNYA

Festival Film Indonesia 2022 Cerminkan Dinamika Positif Perfilman Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: