Film Keramat 2: Caruban Larang merupakan sekuel dari film Keramat karya Monti Tiwa (Sumber gambar tangkap layar Starvisionplus)

5 Fakta Film Keramat 2: Caruban Larang, Horor dengan Gaya Mokumenter

18 November 2022   |   07:52 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Genre film horor semakin marak ditemui di belantika sinema tanah air. Terkini, sutradara kawakan Monty Tiwa juga kembali menghadirkan karya terbarunya, Keramat 2: Caruban Larang yang selama ini sudah dinantikan  para pencinta sinema pemacu andrenalin itu.

Kabar baiknya, film ini pun akan segera tayang serentak di bioskop tanah air pada akhir November 2022 loh Genhype. Jadi jika kalian termasuk yang menunggu film dengan gaya bertutur dokumenter ini, yuk simak dulu 5 fakta menarik Keramat 2: Caruban Larang  sebelum nanti meluncur ke bioskop kesayangan.

Baca juga10 Rekomendasi Film & Serial Horor untuk Rayakan Halloween, Ratu Ilmu Hitam hingga Cabinet of Curiosities

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by KERAMAT 2 (@keramat2film)

 


1. Sekuel dari Film Keramat

Film Keramat 2: Caruban Larang merupakan sekuel dari film pendahulunya, yakni Keramat yang dibuat Monti Tiwa pada 2009. Setelah 13 tahun lamanya, sekuel film yang sempat menghebohkan publik itu pun akhirnya muncul dengan gaya dan pendekatan baru.

Bukan lagi sebagai film eksperimental, di sekuelnya ini Monty Tiwa akan menghadirkan karya sebagai bentuk kerinduan untuk  kembali menciptakan koneksi yang kuat kepada penonton. Menurut dia dari apresiasi mereka di film pertamanyalah akhirnya karya terbarunya tersebut akhirnya diluncurkan.
 

2. Gunakan Gaya Mokumenter 

Hampir sama dengan film pendahulunya, Keramat 2: Caruban Larang juga masih mengusung konsep mokumenter. Untuk diketahui, mokumenter adalah karya fiksi yang dikemas dengan cara bertutur film dokumenter, sehingga adegan-adegannya terjadi secara organik tanpa skenario.

Para pemain dalam film ini juga tidak pernah tahu apa yang akan mereka hadapi saat menjalani syuting. Sehingga, setiap adegan dan teror yang muncul dalam kamera juga muncul lewat improvisasi dari berbagai karakter yang diperankan.


3. Jadi Debut Keanu Agl

Film berdurasi 1 jam 34 menit ini juga menjadi debut Keanu Agl yang dikenal sebagai YouTuber dan selebgram. Dalam film ini pemilik nama Muhammad Miftahul Huda itu akan memerankan karakter Keanu, seorang YouTuber kisah-kisah mistis yang ikut sebuah rombongan pemuda untuk membuat film.

Selain Keanu, film Keramat 2: Caruban Larang juga turut dibintangi Umay Shahab, Lutesha, Ajil Ditto, Arla Ailani, Josephine Firmstone, Maura Gabriela, Elly Lutan, Badriyah Afiff, Rosmala Sari Dewi, dan Ence Bagus.


4. Butuh Waktu 4 Tahun

Demi menghadirkan film dengan gaya kekinian, Monty Tiwa juga membutuhkan waktu 4 tahun untuk melakukan riset agar tersaji sinema yang dapat memikat penonton. Sebagai pemanasan dia pun sempat merestorasi film Keramat untuk ditayangkan ulang di bioskop.

Sebelumnya, official teaser film Keramat 2: Caruban Larang sendiri sudah tayang di channel YouTube Starvision Plus sejak 9 September 2022. Saat dicek, hingga 18 Oktober teaser tersebut sudah ditonton sebanyak 231 ribu kali oleh publik.


5. Tayang 24 November 2022

Film horor Keramat 2: Caruban Larang, akan tayang di bioskop tanah air pada 24 November 2022. Secara sederhana film ini akan mengisahkan sekelompok anak muda dari Jakarta untuk membuat film dokumenter di Cirebon demi tugas akhir kuliah.

Namun, dengan berbagai konflik yang berlangsung perjalanan malah menjadi liar dan tak terkendali, terlebih setelah mereka bertemu dengan Lutesha, seorang indigo yang memiliki misi khusus dalam pembuatan film tersebut. Akankah tugas akhir tersebut berhasil mereka selesaikan?
 

Baca jugaJadwal Tayang & Sinopsis Film Qorin, Sajian Ritual Horor Memanggil Jin

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Yuk, Menjaga Tubuh dari Obesitas

BERIKUTNYA

Penuh Kejutan, Festival Pameran Pokemon Terbesar di Indonesia Siap Digelar pada Bulan Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: