SEACA 2022 (Sumber gambar: UniPin)

UniPin SEACA 2022 Digelar, Ajang Adu Kuat Tim Esports se-Asia Tenggara

17 November 2022   |   15:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Like
UniPin kembali menggelar salah satu turnamen esports terbesar di Asia Tenggara, Southeast Asia Cyber Arena (SEACA). SEACA 2022 akan menghadirkan berbagai turnamen dan rangkaian acara menarik yang berlangsung pada 15 November-27 November 2022 dengan total hadiah sebesar US$D30,000 atau setara Rp463 juta.

UniPin SEACA MAJOR, yang akan menjadi acara puncak turnamen bergengsi para gamers ini, akan menjadi ajang pertemuan 33 tim PUBGM dari seluruh Asia Tenggara, dengan masing-masing 17 tim untuk kategori open tournament dan 16 untuk ladies tournament.

Para tim akan mewakili negara asal mereka yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam dan Myanmar. Adapun, perwakilan Indonesia di antaranya adalah Bigetron Ace dan EVOS Reborn.

Selain turnamen PUBGM, kompetisi lain yang akan ikut menyemarakkan rangkaian acara UniPin SEACA 2022 adalah turnamen Magic Chess dan Cosplay Competition. Dari pendaftaran open qualifier, sebanyak 256 peserta akan beradu skill untuk memperebutkan juara sekaligus titel pemain Magic Chess terbaik di Asia Tenggara.

Baca juga6 Turnamen Esports November 2022, Ada MPLI, FFWS, hingga PUBG Global Championship

Pada cosplay competition, 25 cosplayer akan berjuang merebut hati para juri yang terdiri dari John Switch (Indonesia), Rithenia (Singapura) & Hakaosan (Filipina) untuk menjadi juara dalam kompetisi ini. Tidak hanya itu, UniPin SEACA 2022 juga sudah mempersiapkan SEA Talks bagi penggemar dan komunitas esports yang ingin menggali lebih banyak tentang isi industri ini.

Seri webinar yang berlangsung mulai 15-23 November 2022 ini akan diisi oleh pembicara-pembicara internasional seperti Garry Ongko Putera (CEO BOOM Esports), Jab Escutin (COO Bren Esports), Azwin Nugraha (PR and Communication Manager MOONTON Games), dan masih banyak lainnya. Acara SEA Talks ini terbuka untuk umum, sehingga siapapun dapat mengikutinya tanpa dipungut biaya.
 


Gamers Perempuan

Berkaca pada pertumbuhan gamers wanita di Asia Tenggara yang semakin masif selama beberapa tahun  terakhir, UniPin SEACA juga mengikutsertakan nomor pertandingan khusus wanita dalam turnamen tahun ini.

Debora Imanuella selaku Senior Vice President UniPin Community menuturkan hal ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan UniPin dalam memacu pengembangan, pemberdayaan, sekaligus kontribusi ekosistem esports di kawasan termasuk di Indonesia.

“Melalui inklusivitas ladies-only tournament pada SEACA tahun ini, kami ingin mewadahi para gamer wanita di region Asia Tenggara sekaligus mengembangkan ekosistem esports secara keseluruhan," ujarnya.

Dia menambahkan meningkatnya popularitas esports khususnya di kalangan gamers perempuan telah menginspirasi pihaknya untuk terus memperkuat komitmen UniPin bagi industri dan komunitas.

"Kami ingin seluruh ekosistem dari players, komunitas, hingga fans dapat berpartisipasi secara luas dan bebas tanpa perlu melihat gender,” tegas Debora.

CEO UniPin, Ashadi Ang, mengatakan ajang ini akan menjadi jembatan bagi para gamers untuk meraih kesuksesan di turnamen tersebut dan juga di turnamen internasional lainnya. Sebab, menurutnya, turnamen ini dapat menjadi kesempatan para gamers untuk mengasah kemampuan, percaya diri, dan semangat bersaing.

"Semoga SEACA 2022 membuka jalan bagi munculnya nama-nama besar baru, sekaligus menjadi kebanggaan bagi negara dan kita semua,”ujarnya.

Penyelenggaraan kembali UniPin SEACA 2022 juga mendapatkan dukungan penuh dari Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), induk organisasi cabang olahraga esports resmi di Indonesia.

Liliana Sugiarto, Bendahara Umum PB ESI, mengatakan bahwa penyelenggaraan UniPin SEACA 2022 bermakna kritikal dalam mendukung penguatan komitmen PB ESI dalam peningkatan kompetensi esports Tanah Air, terutama di level antarbangsa.

"Keberadaan SEACA sebagai turnamen profesional yang berkelanjutan dan kompetitif juga menjadi konfirmasi pertumbuhan positif esports di Asia Tenggara, termasuk Indonesia," tuturnya.

Sebagai organisasi yang menaungi esports nasional, katanya, pihaknya berharap SEACA terus dapat berkontribusi dalam menumbuhkan bibit-bibit atlet potensial dan inspirator-inspirator esports Tanah Air, guna meningkatkan inklusivitas dan kesetaraan esports, serta mengakselerasi kemajuan dan kompetensi esports Indonesia pada masa depan.

Baca jugaUniPin Gelar Turnamen Esports Perempuan se-Asia Tenggara, Cek Jadwal Selengkapnya

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Rayakan Ulang Tahun, Hangry Bagi-Bagi Diskon Sampai 40%

BERIKUTNYA

Mahir Melukis Memanfaatkan Kecerdasan Buatan dengan Dall-E

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: