Lukisan karya Emma Catnip menggunakan Dall-E (sumber gambar: OpenAI)

Mahir Melukis Memanfaatkan Kecerdasan Buatan dengan Dall-E

17 November 2022   |   15:57 WIB

Genhype punya hobi menggambar atau membuat lukisan dan ingin membuat karya digital? Pernahkah Anda ingin menciptakan gambar seperti lukisan Van Gogh atau Affandi? Kebanyakan kita tidak punya keterampilan yang cukup untuk melukis atau menciptakan gambar seperti seniman kelas dunia.

Namun tak usah khawatir. Saat ini, berkat kecerdasan buatan (artificial intelligence), kita bisa menciptakan gambar seperti pelukis piawai.

Dall-E  (https://openai.com/dall-e-2/) dari OpenAI merupakan sistem AI yang dapat menciptakan berbagai karya, baik foto realistis maupun seni dari deskripsi dalam bahasa alami (dalam hal ini, biasanya bahasa Inggris).

Dall-E merupakan model pembelajaran mesin yang dikembangkan oleh OpenAI untuk menghasilkan gambar digital dari deskripsi bahasa alami, yang disebut prompts. Pada April 2022, OpenAI mengumumkan penerusnya, yaitu Dall-E 2 yang dirancang untuk menghasilkan gambar yang lebih realistis pada resolusi lebih tinggi.

Ketika diperkenalkan pada Januari 2021 lalu, Dall-E hanya dapat diakses secara terbatas. Ini karena pembuatnya, OpenAI, menerapkan sistem antrian (waitlist) untuk orang-orang yang ingin mencobanya. Saat ini, siapa pun dapat langsung mendaftar tanpa harus menunggu terlebih dulu.
 

Sistem Kredit


Meskipun saat ini siapa pun bisa menggunakan Dall-E, OpenAI menerapkan sistem kredit untuk membatasi jumlah gambar yang diciptakan. Setiap usaha untuk  menciptakan suatu gambar akan menghabiskan satu kredit.

Pada saat mendaftar pertama kali, OpenAI akan memberikan 50 kredit secara gratis. Setelah itu, setiap bulannya pengguna Dall-E akan diberikan 15 kredit. Bila ini tidak cukup, pengguna bisa membeli kredit tambahan.
 

Dall-e

Contoh lukisan memanfaatkan Dall-e/Hypeabis.id


Untuk dapat menciptakan gambar, pengguna cukup mendeskripsikan lukisan atau foto yang hendak diciptakan. Bila Anda ingin gambar yang diciptakan sesuai dengan bayangan, Anda harus mendeskripsikan dengan cukup terperinci. Bila deskripsi yang dituliskan terlalu pendek, Dall-E akan mencoba menggambar sendiri.

Secara default, Dall-E akan menciptakan gambar foto (realistis). Namun Anda bisa mengubah setelan ini dengan menspesifikasi gaya gambar yang hendak dibuat. Sebagai contoh, Anda bisa memasukkan bahwa gambar tersebut akan dibuat dengan gaya lukisan cat minyak (oil painting), cat air (water painting), atau krayon (crayon).

Selain itu, kita juga bisa menyebutkan gaya seniman yang hendak ditiru. Sebagai contoh, kita bisa memerintahkan Dall-E untuk menciptakan lukisan seperti gaya Affandi atau Picasso.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menspesifikasikan gaya lukisan (impresionis, realistis, abstrak, dan sebagainya). Setiap gambar yang diciptakan (generated) akan bisa dilihat di My Collections.

Contoh deskripsi yang saya gunakan adalah “A portrait of a young Muslim Indonesian woman, wearing hijab, sitting at a cafe sipping a cup of coffee, oil painting by Picasso”, “A middle aged Caucasian husband and and a young Asian wife cooking together at a dimly lit plain kitchen, in old European-style house, oil painting by Rembrandt ”.
 

Berbagi Gambar

Kemungkinan besar, gambar yang dihasilkan di awal tidak akan sepenuhnya memenuhi keinginan. Bila ada gambar yang sudah mendekati, kita dapat menciptakan variasi berdasarkan gambar tersebut. Gambar baru ini akan memiliki karakteristik yang mirip dengan gambar dasar.

OpenAI juga menyediakan peralatan mengedit gambar yang sederhana. Bila Anda ingin melakukan pengeditan lebih lanjut, mungkin akan lebih baik menggunakan aplikasi desktop (misalnya Photoshop).

Bila ada gambar yang sudah memenuhi keinginan, Anda bisa membagi gambar yang dihasilkan ke orang lain. Bila kita mengklik suatu gambar, tersedia pilihan untuk mengunduh maupun berbagi tautan (link) publik. Opsi berbagi tautan ini mungkin lebih cocok bila Anda tidak mau repot untuk mengunduh dan mengunggah ulang.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

UniPin SEACA 2022 Digelar, Ajang Adu Kuat Tim Esports se-Asia Tenggara

BERIKUTNYA

Ungkapan Melankolis Gabe Watkins dalam Single Anyar Berjudul Sunsets

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: