Radio mobil Becker Solitude (kiri) dari tahun 1950-an dengan MBUX display di Mercedes-Benz ESV 2019. (Dok. Mercedes-Benz Classic Archives)

Yuk, Tengok Sejarah Radio Mobil Unik di Museum Mercedes-Benz

30 June 2021   |   18:36 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Hanya beberapa tahun kemudian, radio mobil dengan mudah diintegrasikan ke dalam kendaraan dan konsep pengoperasiannya. Misalnya, menggunakan tombol penyetel radio secara langsung tepat di sebelah instrumen dalam area penglihatan pengemudi, seperti yang dilakukan Mercedes-Benz, misalnya pada model 770 "Grand Mercedes".
 

140 model Mercedes-Benz 300 SE dengan radio mobil Bekcer Mexico Casette, 1991. (Dok. Mercedes-Benz Classic Archives)

140 model Mercedes-Benz 300 SE dengan radio mobil Bekcer Mexico Casette, 1991. (Dok. Mercedes-Benz Classic Archives)


INOVASI
Setelah Perang Dunia Kedua, radio mobil menjadi jauh lebih ringkas dan memungkinkan untuk mengintegrasikannya sepenuhnya ke dalam panel instrumen.  Misalnya, pada Mercedes-Benz 170 S (W 136), kendaraan merek kelas mewah pertama setelah Perang Dunia II.

Radio, seperti Becker AS 49, yang diperkenalkan pada tahun 1949, tersedia sebagai perlengkapan opsional untuk seri model ini dari 28 Februari 1950. Radio mobil Becker Solitude yang berada disekeliling tombol penyetel adalah pameran dari seri "33 Extras" di Museum Mercedes-Benz.

Keajaiban di Rhine pada 1950-an juga menandakan puncak baru pada radio mobil. Siaran radio yang dikodekan oleh modulasi frekuensi (FM) menawarkan kualitas sinyal yang lebih baik. Inovasi lebih lanjut di tahun 1950-an termasuk tombol stasiun radio dan fungsi pemindaian stasiun. Teknologi transistor, slot kaset dan suara stereo diikuti pada tahun 1960-an. 

Tahun 1970-an memperkenalkan Autofahrer-Rundfunk-Informationssystem (ARI; "informasi penyiaran pengemudi otomotif"), sebuah sistem yang secara otomatis mengidentifikasi laporan lalu lintas yang disiarkan sebagai bagian dari program dan sedikit meningkatkan volume.
 

MBUX display di Mercedes EQ, EQS, Mercedes-Benz C-Class dan Mercedes-Benz S-Class. (Dok. Mercedes-Benz Classic Archives)

MBUX display di Mercedes EQ, EQS, Mercedes-Benz C-Class dan Mercedes-Benz S-Class. (Dok. Mercedes-Benz Classic Archives)


DIGITALISASI
Sejak saat itu, unit radio di dalam kendaraan telah ditingkatkan oleh seluruh sistem media digital dan teknologi informasi. Langkah-langkah penting termasuk integrasi pemutar CD pada 1980-an dan kombinasi dengan navigasi satelit pada 1990-an. 

Pengenalan tampilan COMAND dan sistem operasi merupakan tonggak sejarah jaringan sistem di kendaraan Mercedes-Benz.  Ini merayakan premier dunianya pada tahun 1998 dalam model 220 seri S-Class. Saat ini, radio mobil di Mercedes-Benz merupakan bagian dari sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) yang adaptif dan dapat disesuaikan.



Editor: Roni Yunianto


 
1
2


SEBELUMNYA

6 Sajian Kuliner Khas Banyuwangi yang Patut Dicoba

BERIKUTNYA

Instagram Uji Coba Fitur Berbagi Tautan di Story

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: