Radio mobil Becker Solitude (kiri) dari tahun 1950-an dengan MBUX display di Mercedes-Benz ESV 2019. (Dok. Mercedes-Benz Classic Archives)

Yuk, Tengok Sejarah Radio Mobil Unik di Museum Mercedes-Benz

30 June 2021   |   18:36 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Di Museum Mercedes-Benz, Stuttggart, Jerman, setidaknya ada 160 kendaraan dan total 1.500 pertunjukan ditampilkan melalui berbagai pameran. Topik 33 Extras menjadi highlight khusus yang dapat menghidupkan kisah pribadi mengenai sejarah mobilitas dan budaya otomotif dengan detail yang menakjubkan.

Pada edisi ke-32, Museum Mercedes-Benz menunjukkan koleksi radio yang merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari satu mobil. Kendaraan bermotor telah memudahkan mobilitas setiap individu selama 135 tahun dan radio mobil telah tersedia selama sekitar 100 tahun. 

Selama beberapa dekade, yang Anda lakukan hanyalah menyalakannya, memilih frekuensi dan mendengarkan stasiun radio favorit Anda melalui pengeras suara. Radio memberikan informasi dan hiburan dalam perjalanan ke tempat kerja atau sepanjang perjalanan menuju tempat rekreasi. 

Teknologi media kontemporer untuk saluran kendaraan bahkan menawarkan opsi lebih maju melampaui hiburan, berita, dan pemberitahuan lalu lintas. Radio mobil pertama muncul pada awal 1920-an – awalnya di Amerika Serikat – sebagai barang unik yang dibuat khusus oleh para pencinta teknologi berdasarkan teknologi katup radio kontemporer. 

Dimulai dari perkembangan yang begitu mengagumkan di Eropa. Misalnya, sebuah artikel pada tanggal 13 Agustus 1922 di surat kabar Berliner Illustrierte Zeitung melaporkan tentang nirkabel sebagai hobi – mode terbaru di Amerika. Cerita ini menampilkan ilustrasi instalasi radio termasuk sistem udara yang membentang di kaca depan. 

Keinginan untuk penerimaan radio muncul dan tumbuh dengan cepat. Majalah spesifik Jerman, Funkschau, pada 1 Juni 1931 menulis:

“Tak diragukan lagi: mobil dan radio adalah pasangan yang sempurna. Kecepatan di mana kendaraan memungkinkan perubahan lokasi dilengkapi dengan kebebasan spasial radio.”


 

Mercedes-Benz770 Grand Mercedes Cabriolet D (W 07) dengan radio Telefunken, 1937. (Dok. Mercedes-Benz Classic Archives)

Mercedes-Benz770 Grand Mercedes Cabriolet D (W 07) dengan radio Telefunken, 1937. (Dok. Mercedes-Benz Classic Archives)


PRODUKSI MASSAL PERTAMA
In-car radio mulai diminati di Eropa sejak tahun 1920-an di mana radio mobil produksi massal pertama di Eropa dibuat oleh Bosch.

Bernama Autosuper 5 (AS5) dan dipamerkan di Berlin Radio Show 1932 oleh anak perusahaan Bosch, Ideal-Werke (yang memperkenalkan nama merek Blaupunkt di tahun itu juga). Perangkat ini memiliki berat 15 kilogram dengan rata-rata harga 465 Marks. 

Namun, dengan label harga yang tinggi hampir tidak menjadi masalah bagi pelanggan kaya, mengingat radio mobil mewakili peralatan opsional yang sangat eksklusif di sebagian besar mobil mewah.

Pada saat itu, biasanya hanya memasang unit kontrol kompak langsung ke panel instrumen sedangkan komponen penerima dengan ukuran besar dan amplifier dipasang di lokasi yang berbeda, seperti di bagasi.


 

1
2


SEBELUMNYA

6 Sajian Kuliner Khas Banyuwangi yang Patut Dicoba

BERIKUTNYA

Instagram Uji Coba Fitur Berbagi Tautan di Story

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: