Olahraga penting dilakukan untuk menjaga pola gaya hidup sehat (Sumber gambar: Unsplash)

Konsumsi Gula Masyarakat Indonesia Tinggi, Yuk Ubah Pola Gaya Hidup!

15 November 2022   |   14:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Guna menghindari risiko kesehatan pada masa depan, penting untuk kita memahami tentang upaya preventif. Hal ini termasuk dengan menerapkan gaya hidup sehat dalam pola makan, olahraga,kesejahteraan secara keseluruhan, pemeriksaan serta pemantauan kesehatan secara teratur.

Namun, menurut data Kementerian Kesehatan RI, sebanyak 61,27 persen anak usia 3 tahun ke atas di Indonesia mengonsumsi minuman manis lebih dari satu kali per hari. Data yang sama menunjukkan sebanyak 30,22 persen masyarakat mengonsumsi minuman manis 1-6 kali per minggu.

Sementara itu, hanya 8,51 persen orang mengonsumsi minuman manis kurang dari 3 kali per bulan. Data ini juga menunjukkan bahwa 28,7 persen masyarakat Indonesia mengonsumsi gula, garam, dan lemak melebihi batas yang dianjurkan. Intinya, masyarakat Indonesia mengonsumsi banyak gula. 

Baca jugaAwas, 4 Makanan Berlabel Healthy Food Ini Ternyata Tinggi Gula dan Kalori

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu mengatakan konsumsi gula berlebih, baik dari makanan atau minuman berisiko tinggi menyebabkan masalah kesehatan seperti gula darah tinggi, obesitas, dan diabetes melitus.

Dalam kurun waktu 5 tahun, berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) terjadi peningkatan prevalensi penyakit tidak menular di indonesia. Data 2013 menunjukkan prevalensi diabetes sebesar 1,5 permil dan meningkat pada 2018 menjadi 2 permil. Demikian juga gagal ginjal kronis dari 2 permil menjadi 3,8 permil, serta stroke naik dari 7 permil menjadi 10,9 permil.

''Tentunya ini akan meningkatkan beban pembiayaan kesehatan di Indonesia. Terlebih lima penyebab kematian terbanyak di Indonesia didominasi oleh penyakit tidak menular,'' jelasnya.
 

Kiat Menjaga Kesehatan

Oleh karena itu, dalam rangka mencegah risiko kesehatan pada masa depan, diperlukan beberapa kiat untuk menjaga tubuh tetap fit. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Genhype lakukan untuk mengubah gaya hidup yang lebih sehat. 
 

1. Jaga Pola Makan

Dokter Maxi mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan mulai dari diri sendiri, salah satunya dengan memperhatikan asupan makan sesuai dengan isi piringku. Selain itu, penting juga menjaga asupan gula garam dan lemak sesuai dengan rekomendasi, yaitu 50 gram gula per hari (4 sdm), 2 gram gram (sdt), dan 67 gram lemak (5 sdm).

''Kita minta masyarakat sadar untuk menjaga kesehatan diri dan keluarganya. Pola asuh yang benar akan mencegah anak-anak mengidap penyakit diabetes melitus, hipertensi dan kolesterol di usia dewasa nanti,'' jelasnya.
 

2. Berolahraga

Selanjutnya adalah berolahraga secara konsisten. Aktivitas olahraga saat ini dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar rumah berkat berbagai perangkat yang mendukung gaya hidup aktif. Olahraga yang baik direkomendasikan untuk dilakukan lima kali seminggu selama 20 – 30 menit.
 

3. Perbaiki Kualitas Tidur

Kualitas tidur yang baik dan teratur juga merupakan salah satu aspek penting dalam menjalani gaya hidup sehat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, orang dewasa yang tidur kurang dari 7 jam dalam semalam cenderung memiliki masalah kesehatan, termasuk serangan jantung, asma, dan depresi. Beberapa masalah kesehatan ini juga berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.
 

4. Merawat Diri

Selain sehat secara jasmani, menjaga kesehatan rohani dan pikiran tidak kalah penting. Merawat diri merupakan salah satu bentuk self-love atau cinta terhadap diri sendiri. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri serta menjaga kesehatan pikiran dan mental.

National Institute of Mental Health mendefinisikan perawatan diri sebagai upaya meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membantu kalian hidup dengan baik. Hal tersebut juga telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental orang-orang yang melakukannya. 

Upaya ini bisa dilakukan dengan memfokuskan pikiran pada hal-hal positif, bepergian untuk menenangkan pikiran, atau melakukan tindakan perawatan diri sederhana seperti tampil cantik dengan menata rambut, melakukan rutinitas perawatan kulit, atau mengenakan pakaian terbaik untuk bepergian.

Baca jugaBiar Enggak Males-Malesan, Begini Tips Menjaga Gaya Hidup Sehat Secara Konsisten

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Spesifikasi & Harga Mouse Logitech Baru, Pro X Superlight Red

BERIKUTNYA

Sambut Antusiasme film Sri Asih, CGV Siapkan Hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: